Sedang memuat Doakan Ya…Bayi Mungil Ini Lahir Dengan Organ Tubuh Berada Di Luar Kulitnya

Doakan Ya…Bayi Mungil Ini Lahir Dengan Organ Tubuh Berada Di Luar Kulitnya

Di dunia yang semakin modern banyak ditemukan penyakit dan kelainan yang sebelumnya hampir tidak pernah eksis di dunia. Termasuk dalam dunia persalinan, kini tidak hanya ada fenomena bayi kembar dempet saja namun ditemukan pula kasus bayi dengan organ dalam yang berada di luar tubuh.

Seorang bayi mungil di Inggris lahir dalam kondisi usus yang terburai di luar dinding perut. Ini merupakan kelainan yang sangat langka terjadi di dunia medis dan membutuhkan pertolongan yang sigap dari para dokter. Lantas bagaimana hal ini bisa terjadi dan bagaimana nasib bayi tersebut berikut ulasan lengkapnya.

Kondisi Bayi Saat Lahir Sangat Memprihatinkan Dimana Ususnya Berada di Luar Tubuh

Seperti dilansir dari DailyMail, gambar di bawah ini menunjukkan bagaimana bayi menantang peluang untuk bertahan hidup meski lahir dalam kondisi usus berada di luar tubuh. Sang bayi malang tersebut diketahui bernama Frankie Banyard.

1 kondisi saat lahir
Kondisi saat lahir [ Image Source ]
Saat lahir Frankie Banyard harus terbungkus plastik untuk menjaga agar ususnya tetap steril sebelum dilakukan operasi memasukkan usus tersebut ke dalam perut. Hal ini terjadi akibat cacat langka pada masa kelahiran dimana dinding perut gagal terbentuk dengan sempurna.

Bayi Frankie Banyard Mendapat Penanganan Medis

Frankie Banyard yang mangalami cacat lahir di bagian dinding perut ini harus mendapat pertolongan medis secepat mungkin. Bahkan orang tuanya saat itu sudah pesimis bahwa anak kesayangannya akan mampu bertahan hidup dengan kondisi seperti itu.

2 menjelang operasi
Menjelang operasi [ Image Source ]
Operasi yang dibutuhkan untuk mengembalikan usus Frankie bukanlah operasi kecil melainkan operasi besar yang membutuhkan beberapa tahap. Hingga saat ini Frankie kecil telah menjalani sembilan kali operasi dan enak kali transfusi darah. Operasi tersebut diperkirakan masih akan berlanjut hingga ia benar-benar normal.

Frankie Banyard Mampu Bertahan Hidup dan Kini Telah Berumur 6 Bulan

Orang tua Frankie tidak menyangka akan mengalami hal ini di kehamilan pertamanya. Bayi ini lahir prematur sekitar 6 minggu lebih cepat dari waktu normal. Penyebabnya tidak lain karena dokter mendeteksi ada kelainan pada bayi ini yang sangat membahayakan hidup ibu dan juga bayi itu sendiri jika tidak segera dilahirkan.

3. kondisi 6 bulan
Kondisi 6 bulan [ Image Source ]
Melalui operasi caesar akhirnya si mungil Frankie lahir pada 24 September 2015. Karena cacat lahir yang dideritanya, bayi ini pun langsung masuk meja operasi. Tercatat sudah 9 kali operasi dilakukan untuk mengembalikan posisi ususnya yang terburai di luar perut. Kini Frankie kecil sudah berumur 6 bulan dan menunjukkan perkembangan yang positif meski masih harus menjalani oprasi lanjutan.

Mengenal Keluarga Frankie Banyard, Si bayi Malang Dengan Usus di Luar Tubuh

Frankie Banyard adalah anak dari pasangan Chloe Hedges (18) dan Jake Banyard (20). Mereka adalah pasangan keluarga dari daerah Colchester, Essex, Inggris. Awalnya Hedges mengandung dengan normal. Kemudian pada umur 12 minggu melalui scan diketahui bahwa kandungannya bermasalah.

4 mengenal keluarga si anak
Menenal keluarga [ Image Source ]
Bayi yang dikandung Hedges mengalami gastroschisis yang membuatnya harus melahirkan lebih cepat dengan bantuan operasi caesar. Beruntung bagi pasangan muda ini bahwa bayi mereka mampu bertahan hidup dengan bantuan medis yang cepat tanggap.

Apasih Gastroschisis Itu?

Dalam dunia medis Gastroschisis dikenal sebagai istilah cacat lahir di bagian dinding perut yang mana membuat usus bayi tergantung ke luar tubuh tanpa lapisan pelindung melalui lubang di dekat pusar. Selain usus kondisi cacat seperti ini juga bisa terjadi pada organ lain seperti hati dan lambung.

5 mengenal jenis kelainan
Gastroschisis [ Image Source ]
Di Inggris cacat lahir Gastroschisis menimpa satu dari 3000 kelahiran. Pada kondisi seperti ini tip dokter dituntut untuk bertindak sigap untuk menyelamatkan nyawa si bayi. Cara pertama adalah dengan membungkus usus bayi agar tidak terinfeksi. Setelah kondisi bayi stabil barulah dilakukan operasi pengembalian usus ke dalam perut secara bertahap.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *