Sedang memuat Belajar Selancar Hemat Di Pantai Kertasari Sumbawa

Belajar Selancar Hemat Di Pantai Kertasari Sumbawa

Bosan piknik ke tempat itu itu saja? Atau anda pengen berselancar seperti orang bule namun terkendala budget yang minim? Pantai Kertasari di desa Labuhan, Kecamatan Taliwang, Sumbawa mungkin adalah tempat wisata yang tepat bagi anda. Pantai Kertasari dulunya lebih dikenal sebagai tempat penghasil rumput laut. Sampai saat ini pun masyarakat yang tinggal disana masih banyak yang memproduksi rumput laut. Rata rata penduduk lokal pantai Kertasari ini berasal dari Selayar Sulawesi.

Selain menjadi pusat produksi rumput laut, ternyata pantai Kertasari menyuguhkan pemandangan indah yang belum banyak diketahui banyak orang. Ya, rata rata pengunjung disini niat awalnya adalah ingin melihat produksi rumput laut. Mereka kemudian terkejut setelah melihat pemandangan serta suasana pantai Kertasari yang mengagumkan tersebut. Orang mengetahui keberadaan pantai kertasari ini biasanya dari media sosial. Para pengunjung biasanya membaca status status teman mereka yang pernah berkunjung kesini. Penduduk lokal, terutama yang punya kafe di sekitar pantai Kertasari juga mulai mempromosikan pantai ini lewat media sosial

selancar-pantai-kertasari1

Image [source]

Pantai kertasari terkesan masih perawan. Jika anda berkunjung kesini jangan harap anda akan menemukan penginapan atau orang yang berjualan makanan. Peginapan ada, namun masih minim. Itupun kebanyakan dikelola oleh penduduk asing. Jika anda nekat menginap disitu, permalamnya mencapai Rp 600.000. selain penginapan milik orang asing yang sedikit jumlahnya tersebut, yang anda temui ketika berkunjung ke pantai Kertasari ini adalah gubuk gubuk petani rumput laut. Disarankan jika mau berkunjung kesini, sebaiknya anda membawa tenda serta perlengkapannya mengingat fasilitas menginap yang masih minim tersebut.

Pantai Kertasari memiliki pasir putih. Ukuran pasir di pantai ini lembut kecil kecil. Garis pantai yang dimiliki Kertasari cukup panjang. Garis pantai yang panjang tersebut cocok untuk belajar berselancar. Pada bulan bulan Maret, Agustus dan September ketinggian ombak pantai Kertasari mencapai 5 meter. Sangat mendukung untuk belajar selancar.

Yang menjadi kendala, selain minimnya fasilitas penginapan dan tempat makan tersebut, pantai Kertasari ini juga minim pengelolaan dari pemerintah. Untuk menuju ke pantai Kertasari ada sedikit kegalauan. Pertama anda bisa naik pesawat dan turun di bandara Internasional Lombok di Praya. Kemudian langsung saja menuju pelabuhan Kayangan untuk menyebrang ke pulau Sumba. Ketika sudah sampai di pulau Sumbawa, anda harus melanjutkan perjalanan darat menaiki mobil selama kurang lebih 45 menit. Disinilah letak kegalauannya. Perjalanan dari kota Taliwang Sumbawa menuju pantai Kertasari tersebut melewati jalanan yang belum diaspal. Lubang di sana sini siap menghadang perjalanan anda di atas permukkan tanah tersebut. Jika tidak membawa mobil sendiri anda bisa naik angkutan umum yang biayanya Rp 10.000,00. Ojek juga tersedia dengan biaya 25 ribu rupiah.

selancar-pantai-kertasari 2

Image [source]

Setelah tiba di pantai Kertasari, anda akan disuguhi pemandangan yang bagus. Pengunjung bisa melewati karang karang yang terdapat di pinggir pantai. Dari karang karang tersebut, pengunjung dapat melihat dengan jelas pemandangan ke arah laut dan matahari terbit serta terbenam. Ombak di pantai Kertasari Sumbawa ini juga bagus untuk di pakai berlatih selancar.

Rata-rata wisatawan mancanegara;ah yang justru banyak berkunjung ke pantai ini. Informasi tersebut diperoleh dari Suhardi, penduduk lokal yang telah lama menetap di pantai Kertasari. Dia mempunyai sebuah kafe di sana. Selain menyediakan minuman Suhardi juga menyewakan papan selancar. Papan selancar yang ia miliki berjumlah 3. Harga sewa papan selancar di tempat Suhardi ini cukup murah yaitu 20 ribu rupiah. Harga sewa tersebut sudah termasuk tarif untuk melatih bermain selancar sepuasnya. Suhardi sendiri sering diberi papan selancar yang harganya hingga puluhan juta oleh turis asing yang belajar bersamanya. Bagaimana? Anda tertarik belajar main selancar dengan tarif murah ini?

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *