5 Binatang Laut Ini Lebih Bahaya Dari Pada Ikan Hiu.

Kecil Tapi Mematikan

Ketika di tanya apa yang paling kamu takuti ketika berada di lautan, maka orang orang pasti akan banyak yang menjawab dengan jawaban ikan hiu. Keganasan ikan hiu memang nyata. Mereka sering menyerang para peselancar, atau penyelam yang sedang menikmati keindahan laut. Gigitan ikan hiu seringkali meninggalkan bekas yang mengerikan. Jika hiu menggigit bagian tubuh manusia maka bisa meninggalkan bekas yang permanen. Jika papan selancar seseorang yang digigit, bekas gigitannya pun memberi petunjuk betapa ganasnya ikan hiu ini ketika menyerang.

5 Binatang Laut In Lebih Bahaya Dari Pada Ikan Hiu.
5 Binatang Laut In Lebih Bahaya Dari Pada Ikan Hiu. image [source]

Selain hiu ternyata banyak juga lho hewan hewan laut yang lebih berbahaya. Ukuran mereka boleh saja kalah besar. Gigi gigi mereka boleh saja kalah menyeramkan. Nanun kelima mahluk laut ini punya sesuatu yang tidak dimiliki oleh hiu. Sesuatu itu adalah racun dan kemampuan mereka dalam menyamar. Ukuran tubuh hiu itu besar, sehingga kehadiran mereka mudah diketahui. Beberapa binatang laut di bawah ini ukurannya kecil, beracun dan sulit di lihat keadaanya. Akibatnya jika seorang penyelam atau peselancar tak sengaja melakukan kontak dengan mereka, orang tersebut akan tekena racun yang sangat mematikan. mau tahu binatang apa saja yang lebih ganas dari ikan hiu tersebut? berikut ini informasinya.

1. Ikan Lepu Yang Memiliki Duri Dengan Racun Mematikan.

Nama ilmiah dari ikan lepu ini adalah iukan Pterois. Dalam bahasa Ingris mereka dikenal sebagai lion fish. Ikan lepu merupakan ikan predator yang menjadi masalah serius di berbagai wilayah lautan. Penyebabnya, mereka ini mudah hidup di berbagai wilayah. Dan setelah beradaptasi mereka akan memangsa ikan ikan lokal yang ada di perairan setempat.
Meskipun penampilan mereka cantik ketika dilihat, jangan coba coba untuk menyentuhnya secara langsung ya.

Ikan Lepu Yang Memiliki Duri Dengan Racun Mematikan.
Ikan Lepu Yang Memiliki Duri Dengan Racun Mematikan. image [source]

Pasalnya duri duri yang terlihat cantik menghiasi tubuh mereka itu beracun. Perilaku mereka memang tidak ganas. Tapi sekali terpojok, duri duri mereka akan mulai menggembang. Ketika kamu masih memaksa memegang juga, maka kalau sampai tertusuk, racun yang dialirkan lewat duri duri tersebut akan menyebabkan mual mual, sakit kepala, demam, sesak nafas serta kelumpuhan. Jika sedang menyelam dan tiba tiba lumpuh resikonya tentu saja kematian. Cantik tapi bahaya, itulah ikan lepu.

2. Ubur Ubur Kotak.

Hewan lunak setengah transparan dan berenang renang di lautan. Para penyelam dan orang yang mandi di pantai pasti terpesona dengan mahkluk yang satu ini. namun jika merasakan racunnya mereka mungkin akan lari ketakutan. Ubur ubur kotak ini memiliki nama latin Chinorex Sp. Ubur ubur beracun ini biasanya ada di perairan tropis dan subtropis. Ubur ubur kotak berumur pendek sekitar 3 bulanan saja. Kalau manusia nekat menyentuh nyentuh binatang yang satu ini, umur mereka juga bisa pendek.

Ubur Ubur Kotak.
Ubur Ubur Kotak. image [source]

Penyebabnya, ubut ubut Chinorex Sp mempunyai racun yang cukup mematikan. gerakan mereka juga cukup lincah lho. Saat berburu ikan ikan kecil mereka mampu berenang dengan kecepatan 7 kilometer per jam. sedetik jarak 2 meter bisa mereka lewati lah. Sengatan ubur ubur kotak banyak terjadi di pantai pantai australia. Di pantai indonesia pun kadang ubur ubur sering muncul ketika sedang musim. Ketika terkena sengatan dari hewan ini, sel tubuh manusia akan bengkak sehingga pori porinya membesar. Karena pori pori membesar tersebut, kalium bisa masuk dengan bebas ke dalam tubuh. Menyebabkan tubuh kelebihan ion kalium. Berhubung ion itu memiliki muatan listrik, maka kelebihan kalium bisa mengkonsletkan sistem saraf kita. kendali otot jantung jadi hilang sehingga orang mati karena serangan jantung. Cuma butuh waktu 2 sampai 5 menit bagi racun ini untuk membunuh manusia. Gawat kan. Kalau digigit hiu kita masih bisa membawa lari tangan yang putus, tapi disengat ubur ubur, jantung kita pun tak bisa berdetak.

3. Ikan Batu Karang Yang Siap Mendatangkan Malapetaka Bagi Penginjaknya.

Penampakannya mirip batuan. Penuh tonjolan dan kelihatan kasar. Jika dilihat secara sekilas, maka bentuk ikannya benar benar tidak kelihatan. Perilakunya juga pendiam tidak seperti ikan ikan lain. ia akan berdiam diri di dasar perairan yang banyak batu karangnya. Bersembunyi dari pemangsa maupun ikan ikan kecil yang akan dijadikan mangsa. Begitu ada ikan kecil mendekat, maka ikan tersebut akan langsung disergap dan dimakan.

Ikan Batu Karang Yang Siap Mendatangkan Mala Petaka Bagi Penginjaknya.
Ikan Batu Karang Yang Siap Mendatangkan Mala Petaka Bagi Penginjaknya. image [source]

Celakanya ikan ini tidak hanya bahaya bagi ikan ikan kecil saja. Ikan batu karang juga bahaya bagi manusia. Seperti kita tahu, di perairan dangkal dan bening, orang orang akan tertarik untuk snorkeling atau sekedar berjalan datas nya. Kelau orang yang sedang berjalan jalan di perairan dangkal tersebut tidak melihat keberadaan ikan ini maka akibatnya bisa fatal. Di punggung ikan karang ini ada 13 duri. Duri duri tersebut ketika menyentuh daging manusia tanpa alas akan segera menyuntikkan racun. Efek racunnya adalah rasa sakit yang teramat sangat, muntah muntah, susah bernafas, pusing serta kelumpuhan. Tak hanya itu, jika racun menyebar ke saluran paru dan jantung, korban bisa mati dalam sekejap.

4. Lagi Lagi Racun Mematikan Dari Gurita Cincin Biru.

Bentuknya seperti gurita biasa. namun di sekujur tubuhnya ada banyak cincin biru. Penampilannya telihat cantik, tapi penampilan bisa menipu. Gurita cincin biru ini adalah salah satu binatang laut yang cukup mematikan. gurita cincin biru banyak terdapat di perairan australia. Mereka bisa di temui diperairan yang dangkal. Tubuh mereka elastis, mampu masuk ke celah celah sempit batu karang. Kamu tak akan pernah menduga ia bisa keluar dari mana.

Lagi Lagi Racun Mematikan Dari Gurita Cincin Biru.
Lagi Lagi Racun Mematikan Dari Gurita Cincin Biru. image [source]

Berbeda dengan ikan karang di atas, gigitan gurita cincin biru nyaris tidak sakit. karena itu kamu tak akan sadar telah tersengat oleh binatang cantik yang satu ini. meskipun tidak sakit, akibatnya justru fatal. Racunnya bisa membuat kamu lumpuh, mengalami kebutaan, gagal bernafas, jantung berhenti berdetak hingga kematian. Gawatnya lagi sampai saat ini belum ada anti racun dari gurita cincin biru ini. lagi pula, belum sempat nyari anti racun, si korban sudah akan meninggal duluan di lokasi tergigit gurita cincin biru. Maka itu kamu harus hati hati ya..

Tuh kan, ternyata tidak hanya hiu dan ikan besar saja yang bahaya. Yang kecil kecil pun ternyata efek racunnya bisa fatal. Oleh karena itu jangan lengah ya kalau bermain di laut. Selalu waspada dan jangan menyentuh binatang dengan tangan kosong. Kaki juga harus pakai alas.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *