Begini Cerdiknya Bangsa Yahudi Ketika Mereka Terancam Nyawanya Akibat Aksi Kejam Genosida Yang Dilakukan Oleh Hitller.

Beruntungnya Kita Tidak Hidup di Jaman Itu

siapa yang tidak kenal dengan Hittler. Ia adalah pimpinan Nazi jerman. Entah karena keunggulan bangsa yahudi di berbagai bidang atau karena dendam pribadi yang di punyai, Hitller ini sangat benci dengan yahudi. Ia berpendapat bahwa bangsa Jermanlah satu satunya yan terbaik di dunia dan orang orang yahudi harus dimusnahkan . Oleh karena itulah jerman di bawah kepemimpinan Hitller ini memburu, menangkap dan memasukkan orang orang yahudi ke kamp kamp konsentrasi.

Begini Cerdiknya Bangsa Yahudi Ketika Mereka Terancam Nyawanya Akibat Aksi Kejam Genosida Yang Dilakukan Oleh Hitller.
Begini Cerdiknya Bangsa Yahudi Ketika Mereka Terancam Nyawanya Akibat Aksi Kejam Genosida Yang Dilakukan Oleh Hitller. image [source]

di kamp kamp konsentrasi tersebut, keturunan bangsa yahudi di perlakukan secara tidak manusiawi. Mereka di peras untuk melakukan pekerjaan pekerjan fisik. Selain itu mereka jua di beri jatah makanan yang minim. Badan orang orang yahudi yang ada di kamp konsentrasi tersebut sampai kurus kering.ketika sakit, berobat bukanlah penanganan standar. Mereka yang sakit dan tak bisa kerja lagi akan di pakai sebagai kelinci percobaan. Mereka di pakai untuk bahan uji senjata pemusnah masal. Kehidupan akan menemukan jalan. Begitu juga dengan orang orang yang diburu ini. Mereka menggunakan cara cara cerdik untuk sebisa mungkin lolos dari buruan tentara Nazi di bawah komando Hitller tersebut. Apa saja ya usaha mereka untuk lolos dari buruan tentara Nazi? Berikut ini informasinya.

1. Menggunakan Kulit Ubi Merah Untuk Mewarnai Kulit Tubuh.

disuruh kerja seharian namun makanan yang jatah cuma sedikit. Tentu saja orang orang yahudi yang dikurung di kamp kamp konsentrasi tersebut akan kurus, lemah, lemas dan pucat. Meskipun tidak sedang dalam keadaan sehat, orang orang yahudi ini merasa penting untuk terlihat sehat. Pasalnya, mereka secara berkala dites kesehatannya. Yang masih sehat di suruh kerja paksa terus, sementara yang sakit langsung di kirim keluar kamp untuk di bunuh.

Menggunakan Kulit Ubi Merah Untuk Mewarnai Kulit Tubuh.
Menggunakan Kulit Ubi Merah Untuk Mewarnai Kulit Tubuh. image [source]

agar terlihat tidak pucat dan kulitnya segar merona, mereka menggunakan kulit ubi merah untuk dioles oleskan pada kulit tubuh mereka. Dengan diolesi kulit ubi merah ini warna kulit mereka akan terlihat merah, sehingga dokter yang melakukan tes kesehatan akan terkecoh. Dengan cara itu mereka mampu menunda eksekusi mati untuk beberapa bulan.

2. Mewarnai Rambut Biar Kelihatan Muda

ketika hidup di Jaman Nazi, umur bukanlah sekedar angka. Umur juga menentukan apakan kamu masih bisa hidup atau tidak. Nazi memang mengambili orang orang yahudi yang sudah terlihat tua. Orang orang yang sudah tua ini kemungkinan akan di pakai untuk tujuan penelitian pengembangan senjata biologi dan senjata kimia. Oleh karena itu orang orang yahudi yang hidup di kota kota Nazi akan berusaha untuk terlihat musa.

Mewarnai Rambut Biar Kelihatan Muda
Mewarnai Rambut Biar Kelihatan Muda. image [source]
Mereka akan mewarnai rambut mereka yang mulai memutih. Karena kebiasaan itu, pewarna rambut laris dibeli oleh orang orang yahudi. Bahkan stok pewarna rambut tersebut kadang habis. Tentu bisa dibayangkan bagaimana ngerinya jika kita hidup di zaman itu. Hanya karena rambut memutih, nyawa kita terancam.

3. Memalsukan Identitas Dan Catatan Kelahiran.

Di kota kota yang di kuasai tentara Nazi, selalu diadakan pemeriksaan rutin terhadap identitas. Orang orang yang di kartu identitasnya terlihat tua akan di tangkap dan dikirim ke kamp konsentrasi. Karena prihatin dengan aksi para tentara Nazi yang kejam tersebut, ada seorang yahudi yang bernama Adolpho Kamisky yang berjasa memalsukan identitas banyak orang orang yahudi.

Memalsukan Identitas Dan Catatan Kelahiran.
Memalsukan Identitas Dan Catatan Kelahiran. image [source]

pada kartu identitas tersebut, umur orang orang yahudi ini dibuat jauh lebih muda. Dengan gabungan pewarnaan rambut serta pemalsuan identitas ini banyak orang orang yahudi yang terselamatkan. Sayangnya si Adolpho ini sendiri kemudian tertangkap dan dikirim ke kamp konsentrasi. Namun jasanyabanyak di kenang oleh keturunan yahudi yang lolos dari tragedi Holocaust.

4. Merelakan Anak Anak Mereka Pergi Keluar Negeri.

apa yang lebih penting dari nyawa kita? Tentu saja nyawa anak anak anak kita. Orang orang yahudi yang berada dalam ancaman kematian ini pun masih sempat memikirkan nyawa anak anak mereka. Mereka boleh saja mati di tangan tentara Nazi, namun anak anak mereka sebisa mungkin harus selamat. Untuk tujuan tersebut segala hal dilakukan termasuk berpisah dengan mereka.

Merelakan Anak Anak Mereka Pergi Keluar Negeri.
Merelakan Anak Anak Mereka Pergi Keluar Negeri.image [source]

tiap malam hari, anak anak yahudi tersebut diselundupkan keluar dari jerman. Mereka dikirim ke polandia, austria, dan beberapa negara lain yang mau menampung. Di amerika serikat sendiri takkurang dari 10.000 anak anak selundupan dari jerman ini. Rasanya pasti sedih ya, harus berpisah dengan anak anak kita. Tapi dari pada melihat mereka mati di tangan Nazi, lebih baik tak melihat mereka sama sekali asal orang tua tersebut tahu bahwa anaknya akan aman.

5. Mengorbankan Bangsa Sendiri.

Untuk bisa bertahan hidup di bawah ancaman kematian, bangsa yahudi rela melakukan apasaja, termasuk mengorbankan saudara sebangsa mereka sendiri. Tentu saja ini hanya dilakukan oleh orang orang yang berperilaku kurang baik. Demi keselamatan diri dan keluarganya, beberapa orang yahudi tersebut rela menjadi mata mata bagi tentara zionis Nazi.

Mengorbankan Bangsa Sendiri.
Mengorbankan Bangsa Sendiri. image [source]

Orang orang ini akan menyalah gunakan kepercayaan saudara sebangsanya. Mereka masuk ke dalam perkumpulan perkumpulan rahasia milik bangsa yahudi, mendata orang orangnya kemudian menyerahkan data itu kepada tentara Nazi. Akibatnya orang orang yang masuk ke dalam daftar tersebut pun kemudian di tangkap dan dimasukkan ke kamp konsentrasi, sementara si informan sendiri terjamin keselamatannya.

6. Ramai Ramai Berontak Kepada Petugas Keamanan Kamp Konsentrasi.

Orang orang Yahudi yang berada di kamp konsentrasi Nazi mengalami perlakuan yang tidak manusiawi. Untuk sekedar bertahan hidup pun susah bagi mereka. Namun mereka tetap mematuhi apa yang diperintahkan oleh petugas pengawas kamp untuk menghindari mendapat perlakuan yang lebih buruk. Mereka juga tetap rajin beraktivitas agar tidak dikira sakit dan kemudian dibunuh sebagai bagian dari percobaan senjata kimia.

Ramai Ramai Berontak Kepada Petugas Keamanan Kamp Konsentrasi.
Ramai Ramai Berontak Kepada Petugas Keamanan Kamp Konsentrasi. image [source

Karena kelakuan Nazi Jerman yang keterlaluan tersebut, eusia mencoba menghentikan kekejaman yahudi tersebut. Mereka menyerang wilayah wilayah jajahan jerman serta membebaskan orang orang yang di tahan di kamp konsentrasi. Salah satu kamp konsentrasi yang akan di bebaskan adalah kamp konsentrasi Sobibor. Mendengar bahwa kamp yang ia jaga akan diserbu rusia, pimpinan penjaga kamp Sobibor tersebut berencana membunuh semua tahanan. Celakanya niat buruk pimpinan penjaga kamp ini di dengar oleh salah satu tahanan yang kemudian menginformasikan pada tahanan lain. Para tahanan pun kemudian sepakat untuk melawan daripada dibunuh. 700 tahanan melawan para tentara Nazi yang menjaga kamp. Akhirnya hanya 200 orang yang berhasil lolos dari pembantaian masal.

Perilaku Nazi tersebut terjadi akibat kebanggaan terhadap bangsa sendiri yang tertalau tinggi. Mereka juga menganggap bangsa lain lebih rendah. Sedangkan bangsa yang lebih kuat dianggap saingan sehingga harus di musnahkan. Banyangkan jika di indonesia ada orang orang dengan paham seperti ini. menganggap golongannya sendiri lebih unggul dan lebih benar dibandingkan golongan lain. tentu perpecahan tidak dapat di hindarkan karena indonesia terdiri dari banyak suku bangsa. Perilaku bangsa israel yang sebagian besar bangsa yahudi memang menyebalkan tapi melakukan pembantaian besar besaran terhadap mereka seperti yang dilakukan oleh Nazi di bawah kepemimpinan Hittler juga sama buruknya. Lebih baik stop kebencian dan mulai menghargai golongan lain.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *