Sedang memuat Begini Ternyata Cara Dan Anjuran Yang Benar Dalam Menyembelih Hewan Qurban Saat Idul Adha

Begini Ternyata Cara Dan Anjuran Yang Benar Dalam Menyembelih Hewan Qurban Saat Idul Adha

Dalam kalender Hijriyah, Dzulhijjah adalah bulan dimana umat Islam di seluruh dunia akan melaksanakan hari raya kurban atau Idul Adha. Di Indonesia hewan yang paling umum disembelih adalah berupa kambing, domba, lembu hingga kerbau. Dalam soal penyembelihan, mungkin kamu sudah nggak begitu asing lagi dengan aksi sang jagal dalam menyembelih hewan kurban. Meski terlihat gampang hanya dengan menggorok pada bagian leher hewan dengan alat sejenis pisau atau pedang.

cara menyembelih hewan kurban yang benar
cara menyembelih hewan kurban yang benar [ image source ]

Meski dalam menyembelih hewan kurban itu dapat diwakilkan kepada orang lain, tapi dalam Islam para sohibul kurban yang mampu melakukannya sendiri maka itu lebih diutamakan. Jika memang tidak mampu maka disyariatkan para sohibul kurban ikut menyaksikan prosesi penyembelihan dari hewan kurbannya. Nah bagi kamu yang ingin mencoba menyembelih hewan kurbanmu sendiri, sebaiknya kamu juga harus memperhatikan aturan berikut ini tentang bagaimana tata cara menyembelih hewan kurban yang benar.

1. Dianjurkan Menggunakan Pisau Yang Sangat Tajam

Islam menganjurkan untuk menggunakan pisau yang benar-benar tajam saat menyembelih hewan kurban. Seperti dalam sabda Rasululloh SAW yang isinya :

“sesungguhnya Allah mewajibkan berbuat ihsan (dengan cara yang terbaik) dalam segala hal. Jika kalian membunuh, maka bunuhlah dengan ihsan, jika kalian menyembelih, sembelihlah dengan ihsan. Hendaknya kalian mempertajam pisaunya dan menyenangkan sembelihannya “ (HR. Muslim).

menyembelih menggunakan pisau yang tajam
menyembelih menggunakan pisau yang tajam [ image source ]

Selain anjuran untuk menyembelih menggunakan pisau yang tajam, prosesi penyembelihaanya pun juga harus dilakukan secara cepat dan pastikan pada bagian tenggorokan, kerongkongan, dan dua urat leher benar-benar telah terputus.

2. Dilarang Mengasah Pisau di Depan Hewan Kurban

Untuk mendapatkan pisau yang benar-benar tajam tentunya harus di asah terlebih dahulu kan? Nah dalam Islam ternyata melarang seseorang mengasah pisau di depan hewan kurban, karena hal tersebut akan menyebabkan hewan kurban mejadi ketakutan. Hal ini ditekankan dalam hadis dari Ibnu Umar RA yang isinya:

“ Rasulullah SAW memerintahkan untuk mengasah pisau, tanpa dengan memperlihatkannya kepada hewan.” (HR. Ahmad, Ibnu Majah)”

dilarang mengasah pisau di depan hewan kurban
dilarang mengasah pisau di depan hewan kurban [ image source ]

Hal tersebut juga kembali ditegaskan dengan riwayat lainnya yang menceritakan bahwa Rasululloh SAW pernah melewati seseorang yang meletakkan kakinya di leher kambing seraya mengasah pisau, sementara hewan tersebut melihatnya. Lalu Rasulullah SAW bersabda:

“ Mengapa engkau tidak menajamkannya sebelum ini?! Apakah engkau ingin mematikannya sebanyak dua kali?!” (HR. Ath-Thabrani dengan sanad sanad sahih) “

3. Menghadapkan Kearah Kiblat Sembari Membaringkan Hewan ke Arah Kiri

Menghadapkan hewan kurban kearah kiblat saat disembelih adalah salah satu bentuk dari wujud pendekatan diri terhadap ALLAH SWT. Anjuran tersebut ternyata nggak hanya berlaku untuk hewan kurban saja melainkan juga untuk hewan lainnya yang akan di konsumsi. Selain itu para ulama juga sepakat bahwa posisi yang baik untuk menyembelih hewan adalah dengan membaringkan hewan ke arah kiri sembari membiarkan kaki kanannya bebas bergerak.

menghadapkan hewan kurban ke kiblat
menghadapkan hewan kurban ke kiblat [ image source ]

Alasannya tidak lain adalah karena posisi ini akan memudahkan seseorang melakukan penyembelihan dengan mudah sehingga prosesi penyembelihan dapat berjalan dengan cepat dan lancar. Sedangkan kaki kanan dibiarkan bebas utnuk bergerak adalah supaya hewan tersebut bisa dengan cepat meregang nyawa.

4. Menginjakkan Kaki Dileher Hewan Seraya Membaca Doa

Menginjakan kaki di leher hewan saat menyembelih ternyata juga sangat dianjurkan dalam Islam sebagaimana dalam hadis dari Annas bin Malik RA yang mengatakan:

“ Rasululloh SAW berkurban dengan dua ekor domba, aku melihat beliau meletakkan kaki beliau di leher hewan tersebut sembari membaca basmalah serta bertakbir (HR. Bukhari & Muslim).”

menginjakkan kaki ke leher hewan kurban
menginjakkan kaki ke leher hewan kurban [ image source ]

Dari hadis tersebut ditekankan bahwasannya setiap orang hendaklah mengucap basmalah terlebih dahulu sebelum menyembelih hewan, dan ini adalah hukum yang wajib sebagai mana tertuang dalam firman ALLAH SWT di surat Al-An’am ayat 121 yang isinya:

“ Janganlah kamu memakan binatang-binatang yang tidak disebut nama ALLAH ketika menyembelihnya. Sesungguhnya perbuatan yang seperti itu adalah sebuah kefasikan.”

Sahabat iyakan.com, itulah tadi beberapa ulasan mengenai hal yang perlu kamu perhatikan mengenai tatacara penyembelihan hewan kurban yang baik dan benar dalam Islam. Jika kamu memiliki informasi lainnya, jangan ragu untuk menambahkannya di kolom komentar ya, agar semua orang bertambah ilmu nya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *