9 Ciri Khas Ngawi Yang Harus Kamu Tau

Ngawi, semua orang pasti mengetahui dari namanya saja. Adalah sebuah kabupaten kecil di wilayah Propinsi Jawa Timur yang berbatasan dengan Jawa Tengah. Tanpa kamu ketahui, berikut adalah hal yang harus kamu ketahui dari kota Ngawi.

Tidak hanya makanan saja, namun budaya yang sudah diajarkan sejak turun temurun juga wajib kamu ketahui dari kota ini. Ketika kamu pergi ke Jogjakarta, anda berangkat dari Jawa Timur, pasti melewati kota Ngawi. Memangnya apa sih yang menarik dari Ngawi? yuk intip apa saja yang menarik dari kota ini?

1. Satu-satunya kota yang diakui secara nasional sebagai penghasil kripik tempe yang khas.

penghasil keripik tempe [image source]
penghasil keripik tempe [image source]

Kripik tempe khas Ngawi banyak dihasilkan dan diproduksi oleh masyarakat ngawi. Terlebih warga masyarakat Prandon Ngawi. Sudah sejak turun-temurun memproduksi tempe dan mengolahnya menjadi kripik tempe ini. Perkembanfan usaha ini sudah dilakoni sejak skala kecil hingga memproduksi secara besar dan di jual banyak ke kota-kota besar.

2. Tempat terbunuhnya Gubernur Jawa Timur

monumen soerja ngawi [image source]
monumen soerja ngawi [image source]

Gubenur Soerja adalah Gubernur Jawa Timur yang terbunuh di perbatasan kota Ngawi dan Jawa Tengah. Jika anda ingin mengetahui sejarahnya lebih lengkap, anda bisa mengunjungi ke Wisata Monumen Soerja Ngawi. Disana anda juga dapat menawar macam-macam burung. Karena disana tersedia juga pasar burung.

3. Sehabis salam, dilanjutkan tepuk tangan

gice me five [image source]
gice me five [image source]

Jika anda singgah ke Ngawi, setelah seseorang mengucapkan salam, maka otomatis dilanjutkan dengan bertepuk tangan dengan rekannya atau toss. Namun, adat ini hanya berlaku pada saat acara-acara resmi saja. Salam unik hanya anda temukan di Ngawi.

4. Tempat Asal Mula Tari Orek-Orek

tari orek-orek [image source]
tari orek-orek [image source]

Tari yang berasal dari Ngawi ini pertama kali berasal dari Kecamatan Pangkur Kabupaten Ngawi yang pernah memecahkan rekor Muri pada tahun 2014 sebagai peserta terbanyak yang melibatkan siswa SD, SMP, SMA dan Umum.

5. Ikon Bambu dan Kura-Kura

Kota Ngawi adalah kota yang berikonkan pohon bambu. Mengapa? Karena nama Ngawi berasal dari awi atau bambu. Selain itu, di timur pusat kota Ngawi terdapat Taman Wisata Tawun. Disini terdapat mata air (sendang) dengan penunggunya adalah Binatang Kura-kura. Kura-kura ini sangat dianggap wingit oleh masyarakat sekitar.

Ikon kuran-kura [ Image Source ]
Ikon kuran-kura [ Image Source ]

6. Ngawi memiliki alun-alun terbesar se Jawa TImur

Alun-alun Ngawi memiliki alun-alun yang sangat besar. Disana anda dapat menikmati kuliner khas Ngawi serta berbagai hiburan yang terdapat di wisata malam hari alun-alun Ngawi. Predikat alun-alun terluas ini dapat dibuktikan dengan betapa luasnya lapangan, taman, serta komplek penjual kuliner dialun-alun Ngawi ini. Jangan lupa ibadah di barat alun-alun karena disitu adalah Masjid Agung yang sangat megah dan besar.

alun-alun ngawi [image source]
alun-alun ngawi [image source]

Sejarah di sekitar Masjid ini terdapat suatu cerita mistis yang diantaranya terdapat batu giok di komplek masjid ini. Kono katanya, setelah batu ini dicuri orang, Ngawi mengalami banjir bandang. Masih ingatkah banjir Ngawi tahun 2009? Padahal sebelumnya Ngawi tidak pernah banjir. dan secara geografis, Ngawi sangat kecil kemungkinannya terkena banjir. Tapi, ini mitos lho ? jadi percaya atau tidak, itu tergantung anda.

7. Tempat ditemukannya Manusia Purba (Pitechantropus)

Pithecanthropus [image source]
Pithecanthropus [image source]

Ngawi, tepatnya di Desa sekitar Trinil adalah situs ditemukannya Manusia Purba oleh warga asing. Di Museum Trinil ini anda dapat mempelajari beberapa Fosil Purba, termasuk nenek moyang anda.

8. Terdapat Benteng Terbesar Peninggalan Belanda (Benteng Van Den Bosch)

Benteng ini dibangun oleh Pemerintah Hindia Belanda pada tahun 1839 – 1845 M dengan nama Fort Van Den Bosch. Pada akhir tahun 2011 akhirnya benteng pendem ngawi dibuka untuk umum setelah puluhan tahun benteng ini tertutup untuk umum.

Benteng Van Den Bosch [image source]
Benteng Van Den Bosch [image source]

Hal ini terjadi karena gudang senjata juga dipindahkan ke jalan Siliwangi. Meskipun telah berusia tua, benteng pendem ngawi masih sangat kokoh. Bangunan ini terdiri dari pintu gerbang utama serta kamar kamar yang digunakan untuk para tentara.

9. Terdapat kerajaan dedemit / kerajaan mahkluk halus (Alas Srigati)

Museum Trinil terletak di Jalan Raya Solo – Surabaya, Pedukuhan Pilang, Desa Kawu, Kecamatan Kedunggalar, kurang lebih 13 kilometer arah barat pusat kota Ngawi, dan untuk mencapai lokasi ini dapat ditempuh dengan semua jenis kendaraan.

Alas Srigati [ Image Source ]
Alas Srigati [ Image Source ]

Banyak yang meremehkan ngawi, padahal ada sujuta keindahan yang kota ngawi miliki. Indonesia memang memiliki banyak keindahan. Maka dari itu kamu harus bersyukur menjadi orang Indonesia karena memiliki sejuta adat istiadat yang indah.

Nah, itu tadi 9 khas dari Kota Ngawi yang semua orang harus kamu tahu. Semoga bermanfaat dan dapat dijadikan referensi anda. Semoga kamu tertarik dan segera mengunjungi kota ini ya. Ajak juga teman dan keluargamu untuk mengunjungi tempat ini.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *