Yakin Kamu Masih Bisa Bilang Bahwa Pemanasan Global Itu Bukan Urusanmu? Temukan Jawabannya Disini.

Tidak Disangka, Ternyata Efeknya Banyak.

Para ilmuwan sudah sejak lama menggaungkan adanya fenomena Global warming atau yang di dalam bahasa kita artinya pemanasan global ini. mereka mengatakan bahwa suhu bumi meningkat drastis, permukaan air laut naik, terjadinya elnino dan masih banyak lagi. Para ilmuwan tersebut mencoba menyadarkan kita bahwa penggunaan bahan bakar yang berlebihan bisa mencemari atmosfer bumi. Udara bumi di penugi oleh gas karbon dioksida. Sinar matahari terperangkap di dalam atmosfer bumi sehingga bumi makan panas dan panas.

Yakin Kamu Masih Bisa Bilang Bahwa Pemanasan Global Itu Bukan Urusanmu
Yakin Kamu Masih Bisa Bilang Bahwa Pemanasan Global Itu Bukan Urusanmu. image [source]

Para ilmuwan menganjurkan bajwa kita harus meminimalisir penggunaan bahan bakar minyak, penyumbang co2 terbesar. Mereka juga menganjurkan kita mengurangi penggunaan freon dan senyawa aerosol dalam parfum semprot. Terhadap ajakan ini, sebagian dari kita acuh. Sebagian besar dari kita berkilah, bahwa pemanasan global itu bukan urusanku. Alasannya kalau bumi makin panas yang tinggal nyalakan ac. Kalau air laut naik, aku tetap aman karena tidak tinggal di dekat pantai dan alasan alasan lainnya. oleh karena semua alasan itu kebiasaan kita berboros boros dalam penggunaan bbm pun berlanjut. Tapi tahu tidak kalau ternyata ada ancaman lain dari fenomena pemanasan global yang pasti mengancam kita. ancaman itu adalah munculnya berbagai bibit penyakit yang terkubur lama di dalam es yang beku. Serta semakin bagusnya persebaran hewan hewan agen bibit penyakin. Penasaran dengan penyakit mematikan dari jaman kuno apa saja yang siap bangkit. Simak infonya di bawah ini.

1. Bangkitnya Penyakit Mematikan Yang Dinamakan Dengan Antrak.

Antrak merupakan penyakit yang menyerang sapi yang di pelihara manusia. Disebut juga dengan penyakit sapi gila. meskipun meyerang sapi, antrax juga bisa menular ke manusia lho. Terutama kalau manusia tersebut melakukan kontak lamngsung atau memakan daging sapi yang terinfeksi.antrak ini dalam bahasa yunani artinya batu bara. Manusia yang terserang antrak, kulitnya berubah jadi kehitaman mirip batubara. Bisa menular dari sapi ke manusia tapi tidak bisa dari manusia ke manusia.

Bangkitnya Penyakit Mematikan Yang Dinamakan Dengan Antrak.
Bangkitnya Penyakit Mematikan Yang Dinamakan Dengan Antrak. image [source]

Lalu apa hubungannya ya pemanasan global dengan bangkitnya penyakit antrak ini? dulu penyakit antak pernah mewabah di bumi ini. membunuh banyak binatang dan manusia. Sebagian jasad sapi yang terinfeksi tersebut terawetkan oleh salju yang beku di kutup kutup utara. Sebagai informasi, biang kerok penyebab penyakit antrak ini adalah bakteri bacilus antaxis. Ketika keadaan tidak menguntungkan, bakteri ini bisa berubah jadi spora. Spora bacilus antaxis tahan panas, tahan dingin dan tahan akan kekeringa. Beratus ratus tahun terpendam dalam tanah ia masih bisa hidup. Di dalam tanah masa lalu yang tertutup es juga ada spora bakteri ini. ketika salju mencair akibat pemanasan global, spora bakteri ini pun ikut meleleh dan tersebar kelaut. Kalau sampai ke pemukiman siap siap saja dia menginbeksi lagi dan mewabah.

2. Makin Meluasnya Virus Zika

Pernah dengar kan virus zika. Itu virus deman ringan dan beberapa ruam pada kulit yang tidakberbahaya bagi orang dewasa tapi akibatnya bisa fatal untuk janin dalam kandungan. Ketika menginfeksi ibu ibu hamil, cirus zika ini mampu menyebabkan keguguran atau kelainan mikrochepali pada bayi yang dilahirkan. Penyakir zika ini pun susah terdeteksi karena yang terserang hanya demam ringan dan muncul ruam saja.

Makin Meluasnya Virus Zika
Makin Meluasnya Virus Zika. image [source]

Di ketahui, penyebab penyakit ini adalah nyamuk aides aegypti yang hidup di daerah hangat. Veverapa daerah yang menjadi habitat cocok bagi perkembangan nyamuk ini antara lain amerika selatan, beberapa wilayah asia dan negara negara afrika. Ketika terjadi pemanasan global, maka daerah yang tadinya dingin menjadi lebih hangat. Daerah yang tidak cocok di tinggali nyamuk aedes berubah menjadi habitat yang sempurna bagi perkembang biakan nyamuk. Apalagi kalau akibat pemanasan global, curah hujan jadi dikit dan orang orang mulai membuat tampungan air hujan di luar rumah. Tampungan tampungan tersebut akan menjadi tenpat paling sempurna bagi si nyamuk untuk bertelur. Persebaran penyakit zika pun semakin besar.

3. Bangkitnya Lagi Virus Virus Kuno Yang Dianggap Telah Lama Punah.

Pernah dengar kan orang mengeluh bahwa jaman sekarang penyakitnya macem macem. Kalau dulu orang tidak perlu minum obat ini itu saja jarang sakit, orang sekarang udah banyak minum obat masih sakit sakitan juga. Disamping mudah sakit, penyakit yang menyerang juga macem macem jenisnya. Ada penyakit kanker, ada rumor, ada hiv, zika, flu burung sars dan masih banyak lagi. Dari mana ya kira kira datangnya bebagai macam penyakit baru tersebut?.

 Bangkitnya Lagi Virus Virus Kuno Yang Dianggap Telah Lama Punah.
Bangkitnya Lagi Virus Virus Kuno Yang Dianggap Telah Lama Punah. image [source]

Karena umur manusia itu pendek, kita tidak pernah tahu jenis jenis penyakit apa saja yang pernah mewabah di bumi ini. mungkin saja jaman dahulu ada penyakit mematikan dan sisa sisa dari penyakit tersebut terkubur jauh di dalam tanah atau di bawah es. Benar saja, pada tahun 2015 yang lalu, ilmuwan berhasil menemukan virus tua berumur 30 ribu tahun lebih yang masih mampu memginfeksi. Sampel virus itu ditemukan dari lapisan es kutup utara bagian dalam. Ketika es tersebut dicairkan. Virus yang ada di dalamnya masih dapat mengnfeksi inang baru. Untung saja cirus ini hanya menyerang amoeba. Bila menyerang manusia, para ilmuwan tersebutpun kemungkinan ada dalam bahaya. Eits jangan senang dulu, meskipun yang ditemukan adalah virus kuno yang tidak menyerang manusia, bukan tidak mungkin di dalam tumpukan es di kutup masih tersimpan virus virus kuno yang mematikan. hati hati dengan es kutup yang mulai mencair.

4. Menyebarnya Penyakit Penyakit Yang Disebarkan Oleh Kutu

Kutu, mungkin anak anak sekarang tidak lagi mengenal hewan yang satu ini. itu karena kebersihan rambut mereka terjaga dengan baik. pada jaman dahulu kutu merupakan masalah utama yang menyerang anak anak. Kutu ini meskipun sepela dampaknya cukup besar. Kutu yang ada pada kepala anak juga bisa meyebabkan penyakit pediculosis kapitis. Penyakit ini kejalanya kulit kepala terasa gatal dan kemerah merahan. Itu karena di keluarkannya air liur serta kotoran si kutu. Kalau ada kutunya anak anak jadi bisa korengan, tak bisa tidur lelap dan susah konsentrasi. Tug gawat kan akibatnya.

Menyebarnya Penyakit Penyakit Yang Disebarkan Oleh Kutu
Menyebarnya Penyakit Penyakit Yang Disebarkan Oleh Kutu. image [source]

Percaya atau tidak, persebaran kuru ini dari tahun ke tahun semakin meluas. Mungkin saklah satunya karena adanya global warming ini. kutu aktif di kala cuaca panas. Demikian juga manusia yang menjadi inangnya. Ketika terjadi pemanasan global habitat kutu menjadi tambah luas, ia tambah aktif dan manusia inangnya pun tambah aktif juga. Ketika manusia inang aktif maka ia berpeluang ketemu dengan lebih banyak orang. sikutu pun punya lebih banyak kesempatan untuk melompat dari satu irang ke orang lainnya. tak heran, penyebaran mereka semakin cepat.

5. Wabah Kolera Yang Juga Ikut Bangkit.

Salah satu penyebab terjadinya cuaca tidak menentu seperti sekarang ini adalah fenomena pemanasan global.akibat pemanasan global. Pergantian antara musim kemarau dan musim penghujan menjadi tidak jelas. Kadang di beberapa wilayah tertentu curah hujan sangat tinggi sehingga menyebabkan banjir. Banjir inilah awal mula dari malapetaka mewabahnya penyakit kolera. Kolera merupakan penyakit yang menyerang sistem pernafasan. Disebabkan oleh bakteri vibrio kolera, si penderita akan mengalami mual mual, muntah dan diare berat. Kalau tidak di tangani si penderita dapat mengalami dehidrasi dan meninggal.

Wabah Kolera Yang Juga Ikut Bangkit.
Wabah Kolera Yang Juga Ikut Bangkit. image [source]

Ketika terjadi banjir maka air kotor akan tercampur ke sumber air sumber air warga. Apabila masyarakat disitu sanitasinya kurang baik, maka bakteri yang satu ini akan menyebar kemana mana dan akhirnya masuk ke saluran cerna orang orang. anak anaklah yang paling rentan terserang kolera ini. kalau sudah terkena banjir, mau orang kora atau orang desa mereka tak akan bisa menghindar dari ancaman kolera ini. pemanasan global ternyata dahsyat juga ya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *