Sedang memuat 5 Cara Memanfaatkan Kardus Sepatu Yang Tidak Terpakai.

5 Cara Memanfaatkan Kardus Sepatu Yang Tidak Terpakai.

Kardus Sepatu Bekas, Jadi Berguna Dengan Cara Ini

Cewek dan sepatu. Sepertinya dua hal tersebut susah dipisahkan. Rata-rata para cewek mempunyai banyak koleksi sepatu dengan desain warna serta model yang berbeda beda. Tujuannya selain agar bisa memakai sepatu berbeda setiap hari, mereka juga berusaha menyesuaikan sepatu yang dipakai dengan baju yang di pakai. Sebuah majalah fashion dari luar negeri yang bernama majalah Glamour menuliskan bahwa rata-rata cewek membeli 425 pasang sepatu dalam hidup mereka. Untuk membeli sepatu sebanyak itu, tak kurang dari $25000 dolar dikeluarkan hanya untuk membeli sepatu.

5 Cara Memanfaatkan Kardus Sepatu Yang Tidak Terpakai.
5 Cara Memanfaatkan Kardus Sepatu Yang Tidak Terpakai. image [source]

Ketika kita membeli sepatu, kemasan dari pabrik yang biasa digunakan adalah kardus. Orang yang sangat cinta dengan sepatu biasanya akan menyimpan rapi kardus sepatu tersebut. Tujuan disimpannya kardus sepatu ini entah untuk koleksi maupun untuk menyimpan lagi nanti sepatu ketika sudah jarang di pakai. Jumlah orang yang menyimpan kardus sepatu tersebut setelah beli sangatlah kecil jika dibandingkan dengan jumlah mereka-mereka yang membuang kardus sepatu segera setelah dibuka. Dari sejumlah kecil orang yang menyimpan kardus sepatu tersebut, pada akhirnya mereka akan membuang juga koleksi kardus mereka ketika kamar sudah penuh sesak. Kardus sepatu memang sesuatu yang sering diremehkan orang. Chrystal Johson, seorang penulis dan aktivis gerakan ibu-ibu Go Green dalam tulisannya memberikan ide untuk memanfaatkan koleksi kardus sepatu tersebut menjadi barang-barang sederhana yang sangat bermanfaat. Jika kamu punya banyak koleksi kardus sepatu dan berencana untuk membuangnya karena menuh-menuhi ruangan, maka berikut ini tips sederhana yang bisa kamu coba.

1. Kardus Sepatu Sebagai Kotak Penyimpan Pita-Pita.

Bagi wanita-wanita yang suka memodifikasi baju sendiri pasti punya koleksi pita kan? Pita pita tersebut merupakan barang sepele yang menyimpanya gampang-gampang susah. Jika disimpan terlalu rapat, pita rentan hilang, terselip karena wujud barangnya kecil. Namun jika asal digeletakkan begitu saja, pita-pita ini rawan kusut dan saling melilit satu sama lainnya. Nah untuk menyimpan pita pita ini agar rapt, mudah ditemukan dan tanpa resiko kusut, maka kamu bisa membuat kotak organiser pita dari kardus sepatu.

Kardus Sepatu Sebagai Kotak Penyimpan Pita-Pita.
Kardus Sepatu Sebagai Kotak Penyimpan Pita-Pita. image [source]

Kotak organiser pita dari kardus sepatu ini, tampak dari gambar di atas. Cara pembuatanya cukup sederhana. Cukup lubangi kedua sisi kardus sepatu sebagai tempat untuk menyelipkan stik kayu kecil. Setelah lubang di kedua sisi siap, masukkan stik kayu ke tengan tengan gulungan pita dan sisipkan kedua ujung stik kayu di lubang yang telah disiapkan tadi. Setelah jadi, tinggal gantung kotak organiser pita dari kardus sepatu tersebut di tempat yang mudah kamu jangkau. Ketika butuh pita untuk membuat kerajinan atau memodifikasi baju, kamu tinggal tarik ujung pita sepanjang yang kamu butuhkan dan potong. Tak khawatir lagi kan pitamu akan saling terlilit satu dengan yang lainnya?

2. Kotak Organiser Kabel Charger.

Remaja-remaja gaul jaman sekarang, di dalam kamar mereka ada berapa jenis charger ya? Jawabnya pasti banyak. jaman sekarang, orang memang sangat terikat dengan gatget. Remaja rata-rata punya lebih dari satu gadget. Misalnya saja, ada hp khusus untuk sms telpon, ada hp khusus untuk sosial media, ada hp khusus untuk game, masih di tambah dengan tablet dan perlu juga menggunakan laptop untuk mengerjakan tugas-tugas kuliah. Hasilnya dikamar minimal harus ada colokan listrik dengan lubang 4 atau lebih. Karena males cabut-colok, cabut-colok, biaanya charger-charger tersebut dibiarkan terus menempel pada colokan listrik dengan kabel yang satu saling melilit dengan kabel yang lain tidak ketahuan mana ujungnya. Steaker dan colokan listrik pun terkadang dalam posisi sembarangan dan mengurangi kerapian kamar. Bagi kamu yang ingin terhindar dari masalah ribetnya kabel charger gadget ini kamu bisa memakai kardus sepatu untuk membuat kotak organiser kabel charger gadget.

Kotak Organiser Kabel Charger.
Kotak Organiser Kabel Charger.image [source]

Penampakan kotak organiser kabel charger ada pada gambar di atas. Desainnya cukup sederhana dan cara pembuatanya pun yakin sangat mudah. Kamu tinggal melapisi kardus sepatu tersebut dengan kertas hias warna kesukaanmu. Kemudian salah satu sisi kardus sepatu kamu lubagi sebesar ukuran kabel charger gadget. Jumlah lubangnya disesuaikan ya dengan jumlah kabel charger gadget yang kamu miliki. Setelah jadi. Kamu tinggal masukkan kabel charger gadget masing-masing ke dalam lubang yang sudah kamu persiapkan. Dengan adanya kotak organiser kabel charger dari kotak sepatu buatan sendiri ini, kamu tak perlu pusing lagi mencocok-cocokkan ujung kabel yang mana untuk gadget yang apa? kabel chargermu jadi rapi dan tak pernah keliru lagi.

3. Kardus Sepatu Sebagai Kotak Penyimpanan Kaus Kaki.

Yang koleksi sepatunya banyak, pasti koleksi kaus kakinya lebih banyak lagi. Di antara teman-teman kamu, pasti ada kan orang yang tidak bisa lepas ari kaus kaki. Pokoknya begitu lepas sepatu, maka di dalam ruangan ia harus selalu memakai kaus kaki. Entah karena tidak tahan dengan suhu dingin lantai atau karena geli ketika telapak kakinya menginjak butiran-butiran debu di lantai. Ketika habis di pakai kaus kaki biasanya asal dilempar begitu saja di dalam kamar. Akibat penyimpanan yang sembarangan ini, kaus kaki rentan hilang, terselip, terpisah dengan pasangannya atau malah di makan tikus ketika baunya sudah terlalu parah.

Kardus Sepatu Sebagai Kotak Penyimpanan Kaus Kaki.
Kardus Sepatu Sebagai Kotak Penyimpanan Kaus Kaki. image [source]

Untuk mempermudah penyimpanan kaus kaki ini, kamu bisa memanfaatkan kardus bekas sepatu. Tentu saja sebelum bisa di pakai sebagai kotak penyimpanan kaus kaki, kamu perlu melakukan sedikit permak di sana-sini. Agar awet dan indah, kamu bisa membungkus kardus sepatu tersebut dengan kain flanel dengan motif cantik. Setelah terbungkus kain, kardus sepatu tersebut akan semakin awet dan terlihat rapi. Jika kaus kakimu disimpan di dalam kotak ini, maka tak ada lagi kaus kaki berserakan di dalam kamar. Selain kamarmu rapi, kaus kakimu pun mudah ditemukan.

4. Kotak Sepatu Sebagai Rak Hiasan Yang Menempel Di Tembok.

Bagi kamu, kamu serta kamu yang kreatif, membiarkan tembok kamar tampil polos tanpa hiasan rasanya seperti melakukan sesuatu yang sangat kejam dan tidak bermartabat. Ya orang yang kreatif memang akan membuat temboknya tampil se indah dan semenarik mungkin. Salah satu caranya adalah dengan membuat berbagai macam hiasan buatan sendiri yang menempel di tembok. Nah, hiasan-hiasan kreasi sendiri tersebut akan lebih rapi jika ditempatkan ke dalam rak-rak yang juga hasil kreasi sendiri. Membuat rak-rak hias yang terbuar dari kayu tentu saja membutuhkan banyak biaya dan lebih susah dalam pengerjaanya.

Kotak Sepatu Sebagai Rak Hiasan Yang Menempel Di Tembok.
Kotak Sepatu Sebagai Rak Hiasan Yang Menempel Di Tembok. image [source]

Solusinya jika kamu ingin hemat dan mudah dalam membuat rak-rak hias yang menempel di tembok, kamu bisa menggunakan kotak kardus bekas sepatu. Cara pembuatannya, bungkus atau tutup kardus bekas sepatumu tersebut dengan car kesukaanmu. Kemudian, patenkan rak dari kardus sepatu bekas tersebut ke tembik. Untuk mematenkan ini, kamu bisa memakai paku atau lem yang kuat. Setelah jadi, rak-rak hias dari kardus sepatu ini cukup untuk menahan hiasan-hiasan dinding buatanmu sendiri. Syaratnya jangan membuat hiasan dinding sebesar galon air ya agar muat ditaruh di rak tembok hias dari kardus sepatu ini.

5. Kardus Sepatu Sebagai Papan Tulis Kapur.

Pernah lihat kan di cafe-cafe bertema vintage yang menu makanannya di tulis dengan kapur di papan tulis berwarna hitam? Ketika kamu makan atau minum di kafe seperti itu, rasanya syahdu dan penuh akan memori jaman lama. Apalagi kalau moment di kafe vintage tersebut kamu lewati bersama pasangan, aura romantisnya jadi lebih terasa. Namun kalau kamu jomblo mungkin memori yang bakal terkenang adalah saat-saat kamu dilempar penghapus kapur oleh guru SD mu yang killer. Apapun kenangannya Yang jelas papan tulis kapur berwarna hitam memang membawa suasana tersendiri.

Kardus Sepatu Sebagai Papan Tulis Kapur.
Kardus Sepatu Sebagai Papan Tulis Kapur. image [source]

Nah jika kamu ingin menghadirkan suasana beda dengan hadirnya papan tulis kapur hitam ini kamu tak perlu repot-repot membeli papan kayu yang harganya mahal. Cukup gunakan saja kardus sepatu bekas yang kamu miliki. Cara membuatnya mudah. Satukan beberapa lembar kardus sepatu yang kamu pakai sehingga memiliki ketebalan yang cukup. Setelah dirasa cukup kuat dan tebah, lapisi kardus sepatu tersebut dengan warna hitam. Tinggal memnyediakan kaput tulis maka ketika ingin meninggalkan pesan kepada anggota keluarga lain kamu bisa menuliskan pesanmu di papan tulis kapur dari kardus sepatu tersebut. Cukup sederhana bukan. dengan meninggalkan pesan di papan tulis, pasti kesannya beda dengan ketika kamu menyampaikan pesan lewat sms atau media elektronik lain. suasana kedekatan akan muncul dari cara menyampaikan pesan yang jadul tersebut.

Sebetulnya, masih banyak lo barang kerajinan DIY yang bisa kamu buat sendiri dari kardus sepatu bekas ini. tinggal sesuaikan dengan kebutuhanmu, pasti ide pemanfaatan kardus sepatu akan muncul dengan sendirinya. Dengan memakai ulang kardus sepatu tersebut, kamu sudah mengurangi jumlah sampah di dunia dan ikut menjaga bumi agar lebih ramah lingkungan. Selamat mencoba.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *