Demonstrasi Besar-Besaran 4 November Dan 9 Gerakan Protes Paling Besar di Dunia.

Semoga Demo Besar 4 November Berlangsung Damai

Sebuah penggalan video diunggah oleh Buni Yani lewat akun media sosialnya Facebook. Penggalan video berdurasi pendek itulah yang menjadi awal mula tuduhan penistaan Surat Al-Maidah 51. Dalam penggalan video tersebut mengatakan, “ bapak ibu ngak bisa milih saya karena dibohongin pake surat Al-Maidah 51 macem-macem itu…” . seiring tersebar luasnya penggalan video tersebut, tuduhan penistaan agama terhadap Ahok pun semakin meluas. Berbagai demonstrasi telah digelar oleh beberapa pihak di berbagai tempat yang berbeda. Berbagai demonstrasi tersebut digelar untuk mengajukan tuntutan supaya Ahok di proses dalam kasus penistaan agama tersebut. Selain telah mengelar demonstrasi di berbagai tempat, element-element masyarakat yang menginginkan Ahok Diproses dalam Kasus penistaan agama pun berencana menggelar demo besar-besaran pada 4 November 2016 mendatang. Element masyarakat yang mengkordinir demo tersebut mengatakan bahwa ada lebih dari 500 ribu orang dari berbagai daerah akan berpartisipasi dalam demo tersebut. Beberapa tokoh nasional mulai dari ulama hingga politisi mengatakan bahwa mereka akan hadir. Benarkah pada 4 November mendatang akan terjadi demo besar besaran?

Demonstrasi Besar-Besaran 4 November Dan 9 Gerakan Protes Paling Besar di Dunia.
Demonstrasi Besar-Besaran 4 November Dan 9 Gerakan Protes Paling Besar di Dunia. image [source]

Berbicara mengebai demo besar-besaran, ternyata orang orang di berbagai belahan dunia juga melakukannya lo. Demonstasi besar-besaran tersebut melibatkan ribuan, puluhan ribu, bahkan ratusan ribu orang. tujuan dari digelarnya demo besar-besaran ini adalah untuk mengungkapkan protes terhadap kebijakan atau kondisi yang tidak sesuai dengan yang mereka inginkan. Demo apa saja ya yang termasuk demo besar-besaran yang pernah dilakukan oleh penduduk dunia tersebut? Berikut ini adalah fakta terkait demo besar besaran 4 November 2016 mendatang dan demo besar lain dari beberapa penjuru dunia.

1. Demo Besar 4 November, Menuntut Di Prosesnya Ahok Dalam Kasus Penistaan Al-Maidah 51.

Sejumlah element masyarakat yang di motori oleh Fpi berencana mengelar demo besar 4 November 2016 mendatang. Munarman, sebagai salah satu kordinator Aksi Gerakan Nasional Pembela Fatwa MUI, menjelaskan bahwa Demonstrasi 4 November mendatang akan diikuti oleh 500 ribu peserta dari ormas-ormas islam. Masih menurut Munarman, aksi tersebut bertujuan meminta presiden Jokowi untuk menangkap Ahok karena telah menistakan agama dan melanggar pasal 156 KUHP. Berdesarkan keterangan dari anggota FPI aktif ini ada lebih dari 100 an orang yang telah melaporkan Ahok kepada polisis terkait dugaan pebistaan agama tersebut.

Demo Besar 4 November, Menuntut Di Prosesnya Ahok Dalam Kasus Penistaan Al-Maidah 51.
Demo Besar 4 November, Menuntut Di Prosesnya Ahok Dalam Kasus Penistaan Al-Maidah 51. image [source]

Terkait dengan demo besar 4 November 2016 tersebut, Kapolda Metrojaya Irjen Pol M Iriawan telah mendapatkan Jaminan dari pimpinan FPI Habib Rizieq Shihab bahwa demo akan berjalan tanpa unsur Anarkis. Selain warga Jakarta, peserta demo tersebut berasal juga dari daerah lain di Indonesia. beberapa toloh nasional seperti AA Gim (Ulama Nasional) serta Fadly Zon (politisi dan wakil ketua DPR RI) menyatakan ikut dalam demo tersebut. Untuk mengamankan 500 ribuan orang tersebut, Polda Metrojaya akan dibantu Brigade Mobil (Brimob) dari berbagai kota lain. Kapolda Metrojaya sendiri melarang Anak buahnya membawa senjata api dalam Pengamanan Demo besar 4 November 2016 tersebut. Bakal seramai apa ya demo besar 4 November nantinya? Semoga berlangsung damai dan tanpa ada yang memprovokasi ya, sehingga Keutuhan NKRI tetap terjaga dan yang bersalah mendapat hukuman yang setimpal.

2. Gerakan Occupy Wall Street.

Gerakan ini merupakan protes yang dilakukan taman Zuccoty yang letaknya tak jauh dari distrik finansial Wall Street. Gerakan protes ini dipicu oleh kondisi dimana ekonomi serta kehidupan sosial dunia di pegang oleh hanya 1 persev manusia. 1 persen manusia yang menguasai kehidupan ekonomi dan sosial tersebut adalah para pemegang perusahaan-perusahaan besar yang sahamnya diperjual-belikan di Wall Street. Para demonstran tersebut menggunakan slogan yang terkenal yaitu : “ we are The 99%”. Slogan tersebut artinya mereka adalah 99 persen dari penduduk bumi yang justru mendapatkan bagian paling sedikit dari sumberdaya yang ada diseluruh dunia.

Gerakan Occupy Wall Street
Gerakan Occupy Wall Street. image [source]

Memulai gerakan pada tanggal 11 September 2011, pada 15 November mereka dipaksa keluar dari Zuccoty park oleh pihak keamanan. Karena diusir gerakan ini memindahkan fokusnya menjadi pengambil alihan bank, perkantoran, perumahan elit hingga kampus dan sekolah-sekolah. Gerakan pengambil alihan pusat-pusat kegiatan ekonomi perusahaan-perusahaan besar ini kemudian menginspirasi orang-orang di kota-kota serta negara lain di seluruh dunia. Hasil akhirnya ratusan ribung orang ikut serta dalam pergerakan ini dari seluruh dunia. Pihak korporat besar pun mau tidak mau harus mendengarkan suara 99 persen orang tersebut.

3. Gerakan V For Vinegar di Brasil Pada Tahun 2013.

Sosial media memang membuat dunia serasa sempit. Kerusuhan di Turki pada tahun 2013 yang lalu menjalar ke brazil. Awalnya sebuah lembaga advokasi swasta di Brasil yang memperjuangkan transportasi umum bagai masyarakat setempat melakukan unjuk rasa. Unjuk rasa di picu oleh semakin mahalnya harga tiket bus serta kereta api di berbagai kota di Brasil. protes yang dilakukan olah lembaga advokasi lokal itu mengundang berbagai element masyarakat lain untuk ikut berdemo. Hasilnya demonstrasi pun semakin meluas di beberapa kota di Brasil.

Gerakan V For Vinegar di Brasil Pada Tahun 2013
Gerakan V For Vinegar di Brasil Pada Tahun 2013. image [source]

Demo yang awalnya hanya menuntut harga tiket transportasi umum terjangkau bagi masyarakat tersebut kemudian meluas ke isu-isu lain. makin maraknya angka korupsi di Brasil serta tindakan represif yang dilakukan polisi Brasil dalam menangani para demonstran pun mendapat sorotan. Ribuan orang dari 100 kota di Brasil ikut serta dalam protes yang berlangsung antara Juni hingga Juli 2013 ini. Gerakan V For Vinegar tersebut merupakan demo terbesar setelah demo 192 melawan presiden Felipe Mello.

4. Protes Dan Kerusuhan Di Turki Tahun 2013.

Sejak tahun 2002, Turki dipimpin oleh Erdogan. Tiga kali berturut turut Erdogan ini menang dengan selisih suara banyak di pemilihan umum. Berkat pemerintahan dari Erdogan ini Turki pulih dari krisis yang menghimpit pada tahun 2001. Berkat pertumbuhan ekonimi yang pesat tersebut Turki berkembang banyak. Erdogan memasukkan banyak nilai-nilai islam ke dalam pemerintahannya. Seiring dengan itu. Beberapa element masyarakat merasakan bahwa hak-hak asasi mereka di batasi. Pemerintahan di bawah Erdogan dinilai membatasi kebebasan berbicara. Penggunaan internet di batasi. Disamping itu rakyat Turki merasa mereka dihalang-halangi untuk membuat suatu perkumpulan. bahkan media serta pers pun di awasi dengan ketat.

Protes Dan Kerusuhan Di Turki Tahun 2013.
Protes Dan Kerusuhan Di Turki Tahun 2013. image [source]

Pemerintahab Turki di bawah erdogan membentuk badan khusus untuk mengawasi media tersebut. Tanggal 28 mei 2013 beberapa element masyarakat Turki berkumpul di Takzim Grezi Park Istambul. Para demonstrans di tamam Takzim Grezi tersebut kemudian diusir dengan kekerasan oleh pihak keamanan di bawah pemerintahan Erdogan. Kekerasan yang dilakukan pihak keamanan terhadap para demonstran tersebut memicu lebih banyak orang lagi untuk bersimpati dan ikut dalam demo besar melawan pemerintahan Turki tersebut.Semakin di tekan oleh pihak yang berwenang, para demonstran yang darang pun semakin banyak. tak kurang dari 80 ribu orang berpartisipasi dalam demo tersebut. Pihak berwenang semakin keras dalam membubarkan para demonstran. Mereka menggunakan Gas airmata dan tindakan represif. Hasilnya 11 orang tewas dan 8000 orang terluka. 3000 orang juga di tahan dalam protes besar tersebut.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *