Tips Menurunkan Berat Badan Bagi Kamu Yang Setengah Mati Ingin Langsing.

Diet Menurunkan Berat Badan Itu Gampang-Gampang susah

Rumput di halaman rumah tetangga selalu kelihatan lebih hijau. Itulah pepatah yang banyak terbukti kebenaran di dalam kehidupan sehari hari. Mengenai berat badan misalnya, orang gemuk cenderung ingin kurus. Sedangkan orang kurus tak jarang justru ingin badanya jadi gemuk. Kalau kata orang jawa, fenomena ini dikenal dengan “ wang sinawang”. Keadaan yang dimiliki oleh orang lain terlihat lenih indah dari pada keadaan yang ada pada diri kita. kondisi gemuk kurus nya badan seseorang sebenarnya tidaklah menjadi masalah besar, asalkan berat tubuh orang tersebut tidak ekstrim. Yang menjadi pemicu masalah terkait dengan berat badan seseorang ini adalah, orang gendut cenderung lebih banyak menerima bullian di dalam masyarakat dibandingkan mereka yang kurus. Jika belum terbiasa, kondisi gemuk karena kelebihan berat badan tersebut bisa membuat orang tertekan dan setengah mati ingin agar tubuhnya bisa langsing.

Tips Rahasia Bagi Kamu Yang Setengah Mati Ingin Langsing.
Tips Rahasia Bagi Kamu Yang Setengah Mati Ingin Langsing. image [source]

Dorongan kuat untuk langsing, seringkali membuat seseorang melakukan hal yang ekstrim. Ada orang yang karena ingin kurus ia memangkas habis porsi makanannya. Ketika pagi tidak mau sarapan. Di siang hari hanya makan kentang dengan sedikit daging dan sorenya makan dengan porsi sangat sedikit. Mereka juga menghindari protein, lemak serta sumber makanan dengan kalori tinggi lainnya. Tujuanya agar berat tubuhnya cepat turun. Tidak cukup dengan memangkas porsi makan, mereka pun tak jarang melakukan olahraga dengan intensitas yang tinggi, padahal sebelumnya tidak pernah olahraga. Diet makan yang ekstrim serta olahraga yang berlebihan tersebut tentu saja justru membahayakan bagi kesehatan. Meskipun berhasil menurunkan berat badan, namun lambat tapi pasti dalam beberapa bulan berat badan mereka akan kembali membengkak seperti semula. Penyebabnya adalah cara yang mereka pakai untuk menurunkan berat badan kurang tepat. Agar program untuk menurunkan berat badan berhasil dan bertahan dalam waktu yang lama, kita harus mengetahui rahasia terbaru dari metabolisme tubuh. Brenda Goodman, MA dalam artikelnya untuk majalah kesehatan WEMD membeberkan rahasia terbaru dari metabolisme tubuh yang bisa di pakai sebagai teknik untuk menurunkan berat badan. inilah rahasia terbaru dari metabolisme tubuh tersebut.

1. Kurang Tidur Merupakan Salah Satu Penyebab Naiknya Berat Badan.

Sedikit tidur berarti lebih banyak melakukan aktivitas. Karena aktivitas itu perlu kalori harusnya dengan sedikit tidur berat badan kita berkurang akibat sebagian kalori dibakar. Namun kenyataannya justru sebaliknya. Penelitian terbaru yang dilakukan oleh Namni Goel, PhD menunjukkan bahwa orang yang kurang tidur justru berat badannya akan meningkat. Peneliti dari universitas Pensylvania ini melibatkan 36 orang dewasa dalam laboratoriumnya. Penelitian dilakukan selama 5 hari. 18 orang diminta untuk tidur cukup 10 jam setiap harinya, sedangkan 18 orang sisanya hanya diperbolehkan untuk tidur 5 jam saja setiap hari. Faktor-faktor lain seperti jumlah makanan, hiburan serta fasilitas disediakan dalam jumlah yang sama diantara kedua kelompok.

Kurang Tidur Merupakan Salah Satu Penyebab Naiknya Berat Badan.
Kurang Tidur Merupakan Salah Satu Penyebab Naiknya Berat Badan. image [source]

Dari hasil penelitian, ternyata orang yang tidur lebih sedikit, metabolisme tubuhnya mengalami penurunan sejumlah 50 – 60 kalori setiap harinya. Orang yang kurang tidur ini, ketika begadang juga cenderung ngemil, memakan snack ringan yang mengandung banyak gula. Tambahan kalori akibat ngemil di waktu begadang tersebut rata rata adalah 500 kalori setiap hari. Jadi total kelebihan kalori mereka dibandingkan orang yang tidur 10 jam dalam sehari adalah 550 kalori. Tambahan kalori sejumlah ini cukup untuk membuatmu bertambah berat sebesar 4.5 ons dalam seminggu. Dalam sebulan pertambahan berat badan akibat kurang tidur berarti 1.5 kilogram lebih. Jadi kalau kamu suka begadang dan tiba tiba semua pakaianmu terasa sesak, kamu jangan kaget ya.

2. Tingkatkan Asupan Protein Merupakan Kunci Penurunan Berat Badan Yang Sukses.

Ketika sedang diet banyak orang menghindari protein karena menganggap protein ini merupakan zat gizi paling baik dibanding zat makanan lainnya. Ketika sedang melakukan diet, mereka mengurangi daging dan lebih banyak memakan cemilan yang banyak mengandung gula dan karbohidrat. Orang yang sedang diet untuk menurunkan berat badan juga sering menghindari lemak karena lemak merupakan bahan makanan yang paling tinggi kandungan kalorinya. Dalam tiap 1 gram lemak ada 9 kalori. Sementara 1 gram karbohidrat dan 1 gram protein masing masing hanya mengandung 4 kalori. Ternyata diet dengan menghindari protein dan lemak ini justru bukanlah diet yang bagus. Karbohidrat merupakan jenis nutrisi yang paling cepat di pecah oleh sistem pencernaan. Untuk memecah karbohidrat menjadi kalori ini tubuh melakukannya dengan cepat. Banyak banyak mengkonsumsi makanan yang kandungan utamanya karbohidrat berarti tubuh hanya bekerja dalam waktu yang relatif sebentar. Karena itu konsumsi karbohidrat membuat metabolisme tubuh menurun.

Tingkatkan Asupan Protein Merupakan Kunci Penurunan Berat Badan Yang Sukses.
Tingkatkan Asupan Protein Merupakan Kunci Penurunan Berat Badan Yang Sukses. image [source]

et untuk menurunkan berat badan dilakukan dengan menambah asupan protein dan mengurangi asupan karbohidrat. Protein lebih susah dipecah oleh tubuh. Oleh karena itu jika banyak mengkonsumsi protein saat diet, tubuh akan sibuk memecah protein ini dan menggunakan kalori lebih banyak. kalori yang dipakai untuk memecah protein lebih banyak sedangkan jumlah kalori yang didapat dari hasil pemecahan protein sama dengan pemecahan karbohidrat. Hasilnya jumlah total kalori yang diterima tubuh lebih sedikit. Cukup efektif untuk menurunkan berat badan.

3. Diet Keton Untuk Meningkatkan Laju Metabolisme Basal Dan Mengurangi Berat Badan.

Profesor Kevin Hall tersebut juga melakukan penelitian yang melibatkan 17 orang dengan kasus kelebihan berat badan. ke 17 orang in kemudian dibagi menjadi 2 kelompok. Mereka semua selama beberapa hari diberi makanan dengan diet rendah kalori. Satu kelompok dietnya banyak mengandung karbohidrat. Sementara satu kelompok lagi dietnya lebih banyak mengandung lemak. Jumlah kalori harian yang dikonsumsi oleh kedua kelompok tersebut sama.

Keton Untuk Meningkatkan Laju Metabolisme Basal Dan Mengurangi Berat Badan.
Keton Untuk Meningkatkan Laju Metabolisme Basal Dan Mengurangi Berat Badan. image [source]

Di akhir penelitian, berat badan mereka diukur. Pada dua kelompok ternyata menunjukkan pengurangan berat badan yang cukup signifikan. Namun ada sedikit perbedaan. Pada kelompok yang mengkonsumsi lebih banyak lemak, laju metabolisme mereka lebih tinggi daripada kelompok yang banyak mengkonsumsi karbohidrat. Laju metabolisme tinggi artinya pembakaran kalori di dalam tubuh lebih cepat. Dengan letih cepatnya laju metabolisme ini kelompok yang lebih banyak mengkonsumsi lemak akan bertahan pada kondisi langsing lebih lama dari pada kelompok orang yang banyak makan karbohidrat. Secara sederhana dapat dikatakan bahwa, jika kamu diet dengan banyak mengkonsumsi karbohidrat, berat badan mu akan cepat turun, namun cepat naik lagi. Jika kamu diet dengan mengkonsumsi lemak, kamu akan lebih awet langsing.

4. Tubuh Melawan Terhadap Segala Upaya Untuk Menurunkan Berat Badan.

Badan terlanjur gemuk, namun harus mengejar deadline kurus karena sebulan kemudian mau nikah? Jika dihadapkan pada kondisi ini, beberapa orang terutama wanita akan langsung melakukan diet ketat dengan harapan akan mendapatkan tubuh langsing dalam waktu yang tepat. Namun seringkali hasil diet tersebut tidak sesuai dengan yang diharapkan. Sudah melakukan diet ketat namun badan tetap gendut. Hal tersebut bisa terjadi karena tubuh melakukan perlawanan terhadap upaya untuk mengurangi berat badan. semakin keras kita mencoba untuk menurunkan berat badan, semakin kuat pula tubuh kita melakukan perlawanan.

4.Tubuh Melawan Terhadap Segala Upaya Untuk Menurunkan Berat Badan.
4. Tubuh Melawan Terhadap Segala Upaya Untuk Menurunkan Berat Badan. image [source]

Bagaimana cara tubuh kita melawan kehilangan berat badan tersebut? Ternyata ketika berat badan kita menurun secara drastis, tubuh secara otomatis mencoba untuk memperlambat kehilangan kalori dengan menurunkan laju metabolisme. Semakin banyak berat tubuh kita yang berkurang, laju metabolisme kita akan semakin lambat. Bahkan dengan melambatnya laju metabolisme ini, dalam sehari sebagian orang bisa menghemat hingga 600 kalori. Kita mengurangi makan tapi badan menabung 600 kalori setiap hari, Kapan kurusnya? Selain memperlambat laju metabolisme, kandungan hormon leptin dalam tubuh juga berkurang. Hormon leptin ini berguna untuk menekan rasa lapar. Ketika hormon leptin menurun maka orang tersebut akan cenderung terus menerus merasa lapar. Jadi pada orang yang berusaha menurunkan berat badan, metabolisme yang lambat akan membuat orang tersebut merasa lemas dan susah kurus. Sementara rendahnya hormon leptin membuat orang tersebut terus menerus makan. Akibat nya, ia akan tergoda untuk lupa pada program dietnya dan malah justru makan banyak. hasil akhirnya berat badannya malah justru bertambah sesaat setelah ia menghentikan program diet tersebut.

Dari berbagai informasi tentang metabolisme tubuh di atas, maka dapat disimpulkan bahwa kunci diet sukses bukanlah membatasi secara ekstrim jumlah makanan dan melakukan olahraga yang berlebihan. Jika diet dan olahraga ekstrem dilakukan, mungkin sesaat berat badan kita akan turun. Namun segera setelah kita mengakhiri program diet, tubuh kita akan kembali melar dengan cepat. Untuk menurunkan tubuh dengan hasil permanen, kurangi konsumsi karbohidrat, ganti dengan kalori dari protein dengan jumlah yang sama. Setelah semua itu dilakukan cobalah membuat kebiasaan diet yang bisa kamu lakukan sepanjang waktu. Jangan hanya membuat program diet ketat namun hanya dilakukan sesaat.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *