Inilah Hikmah dan Fadhilah Besar yang Terkandung dalam Ayat Kursi

Allah SWT menurunkan Al Qur’an sebagai pedoman hidup manusia dan sebagai bukti cintaNya yang tak pernah berkesudahan. Tak hanya berisi petunjuk hidup, apa yang Dia perintahkan dan yang Dia larang, namun Al Qur’an juga berisi banyak hukum-hukum, kisah-kisah manusia di masa lalu untuk di ambil hikmah, serta bagaimana gambaran balasan Allah di akhirat kelak terhadap perbuatan manusia di dunia sebelumnya.

Lebih dari itu, Al Qur’an menyimpan banyak hal luar biasa sebagai bukti cinta Allah kepada kita. Ada do’a-do’a mustajab untuk meminta ampunan, meminta perlindungan, meminta keturunan, meminta rezeki yang halal, dan semuanya yang manusia butuhkan dalam hidup ini, karena memang hanya Allah yang mampu memenuhinya.

Salah satunya adalah Ayat Kursi. Ayat kursi sebenarnya adalah sebutan dari ayat 255 dari Surat Al Baqarah. Ayat ini menurut kesepakatan para ulama telah dianggap sebagai ayat paling mulia di Al Qur’an, karena selain mengagungkan Allah juga memiliki banyak fadhilah atau keutamaan bagi manusia.

Nah, apa sajakah hikmah dan fadhilah yang terkandung dari ayat kursi ini sesungguhnya

1. Disunnahkan Membaca Ayat Kursi Setiap Sebelum Tidur

Dalam sebuah hadits shahih diriwayatkan,” Dari Abu Hurairah ra., suatu hari aku berkata kepada Rasulullah SAW tentang setan yang menemuiku saat sedang mencuri zakat, “Biarkan aku mengajarimu beberapa kalimat yang Allah memberimu manfaat dengannya. Jika engkau berangkat tidur, bacalah ayat kursi. Dengan demikian akan selalu ada penjaga dari Allah untukmu dan setan tidak akan mendekatimu sampai pagi.” Mendengar cerita tersebut, Rasulullah SAW menjawab, “Sungguh ia telah jujur, padahal ia banyak berdusta.” (HR Al-Bukhari No. 2187).

1
Disunnahkan membaca ayat kursi setiap sebelum tidur [ Image Source ]
Dari uraian hadits di atas dapat disimpulkan bahwa walaupun itu yang mengatakan setan, namun Rasulullaah membenarkan bahwa Ayat Kursi memiliki fadhilah besar bagi manusia terutama untuk melindungi diri dari gangguan setan dan jin pada saat hendak tidur.

Karena kita semua tahu bahwa setan sampai kiamat telah bersumpah akan terus menggoda anak cucu Adam sampai mereka terpedaya dan mengikuti setan menuju ke neraka. Sehingga memohon pertolongan selalu kepada Allah dari godaan setan memanglah sebuah keharusan, dan salah satunya dengan membaca ayat kursi.

2. Fadhilah Ayat Kursi Besar Saat Dibaca Setelah Selesai Sholat Wajib dan Saat Dzikir Pagi/Petang

Sama halnya dengan membaca ayat kursi saat sebelum tidur, karena pada waktu setelah sholat wajib dan saat berdzikir pagi atau petang adalah saat dimana kita dalam keadaan sangat dekat dengan Allah. Sholat adalah media komunikasi terdekat kita dengan Allah, dan berdzikir adalah ibadah yang bisa selalu mendekatkan hati kita padaNya.

wanita-muslimah-sedang-berdoa-jangan-berhenti-berdoa
Fadhilah Ayat Kursi Besar Saat Dibaca Setelah Selesai Sholat Wajib dan Saat Dzikir Pagi/Petang [ Iamge Source ]
Dengan membaca ayat kursi maka kita juga sedang berdo’a kepada Allah, meminta pertolongan dan perlindungan kepadaNya dari godaan setan yang terkutuk.

3. Adanya Penegasan Tentang Kalimat Tauhid Serta Arti Al-Hayyu Dan Al-Qayyum Yang Menunjukkan Seluruh Nama Allah SWT

Dalam ayat kursi ada kata Al-Hayyu dan Al-Qayyum, dimana arti dua kata tersebut adalah Al-Hayyu berarti Yang Hidup dan Al-Qayyum berarti bahwa Semua MembutuhkanNya. Dan telah disepakati di kalangan sebagian besar ulama bahwa dua nama ini adalah nama yang paling agung dari Allah SWT.

2
Adanya Penegasan Tentang Kalimat Tauhid Serta Arti Al-Hayyu Dan Al-Qayyum Yang Menunjukkan Seluruh Nama Allah SWT [ Iamge Source ]
Sehingga dapat disimpulkan bahwa di ayat kursi ada sebuah pengagungan besar kepada Allah yang pada akhirnya membuat ayat ini memiliki kemuliaan yang agung pula. Juga merupakan sebuah pengakuan ketauhidan yang kuat, bahwa hanya Allah lah yang Maha Hidup dan semua yang hidup Sangat MembutuhkanNya.

4. Tak Ada Satupun Kekurangan Dari Allah SWT

Dalam ayat kursi juga terdapat hikmah besar bahwa Allah itu Maha Sempurna, Dia Kekal dan IlmuNya tak ada yang mampu menandingi. Sehingga dengan Maha Agung tersebut hanya Allah yang berhak disembah, dan hanya Allah yang dapat menolong manusia dalam kesulitan yang dihadapinya.

Nama_Allah_Ayat_Kursi
Tak Ada Satupun Kekurangan Dari Allah SWT [ Image Source ]

5. Kata “kursi” Yang Dimaksudkan Sebagai Singgasana Allah

Allah memiliki sebuah singgasana bernama Arsy yang dari singgasana tersebut Allah melihat, mendengar, dan mengetahui segala sesuatu tanpa luput sidikitpun dari pandangaNya. Apa yang dilakukan manusia walau sembunyi-sembunyi sekalipun, Dia tetap tahu.

unnamed
Kata “kursi” Yang Dimaksudkan Sebagai Singgasana Allah [ Image Source ]
Dan singgasana ini menggambarkan bahwa Allah Maha Kuasa, ditulis “Kursi” yang merupakan sebuah pengagungan tentang kekuasaan Allah yang tiada tandingannya.

Nah, Luar biasa bukan? Dengan segala hikmah dan fadhilah tersebut, maka rasanya pasti sayang sekali jika kita melewatkan hari atau bahkan detik dan helaan nafas sekalipun tanpa mengagungkan Asma Allah dalam Ayat Kursi ini. Semoga Allah senantiasa melindungi kita dari godaan setan serta fitnah akhir zaman dajjal, dan memasukkan kita ke syurgaNya. Aamiin. (sof)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *