Fakta Dan Mitos Mengenai Pantai Parangtritis: Dari Jasad Disembunyikan Nyi Roro Kidul Sampai Larangan Memakai Baju Hijau.

Baca Sebelum Berkunjung Ke Pantai Parangtritis

Berkunjung ke Yogyakarta, tidak lengkap rasanya tanpa mengunjungi pantai yang satu ini. Pantai yang menjadi ikon kota Yogyakarta tersebut adalah pantai Parangtritis. Terletak di bagian ujung selatan Yogyakarta. tepatnya berada di kecamatan Kretek, kabupaten Bantul. Untuk menuju kesana, dari pusat kota Yogyakarta mungkin hanya perlu waktu sekitar 1 jam.

Pantai Parangtritis
Pantai Parangtritis. image [source]

Pantai Parangtritis merupakan salah satu pantai yang paling banyak di kunjungi di Yogyakarta. penyebabnya pantai ini menyimpan potensi keindahan alam, serta ada potensi wisata budayanya juga. Dari segi keindahan alam, kamu bisa menikmati hamparan pasir pantai yang luas dan datar. Mau berlari-lari bersama anak-anak, main bola atau bahkan naik ATV pun bisa kamu lakukan sampai puas. Disamping itu, disebelah timur pantai juga banyak terdapat karang-karang serta tebing menjulang tinggi. Karang serta tebing di bagian timur pantai Parangtritis tersebut banyak dipakai untuk foto foto para pengunjung. Dari segi budaya, kamu pernah dengar kan keberadaan acara labuhan di Yogyakarta? ya ritual budaya labuhan tersebut dilakukan di pantai Parangtritis ini. Pantai Parangtritis juga punya daya tarik mistis. Konon katanya pantai ini terkait erat dengan keberadaan Nyi Roro Kidul. Ratu penguasa pantai selatan. Tertarik berkunjung ke sana? Berikut ini 8 hal terkait pantai parangtaritis yang harus kamu tahu.

1. Parangtritis Merupakan Pantai Paling Terkenal Di Yogyakarta.

Orang yang pernah berkunjung ke Yogyakarta pasti kenal dengan pantai Parangtritis. Jika ada saudaramu dari luar daerah, datang ke Yogyakarta, biasanya mereka juga minta diantar ke pantai ini. Demikian pula, saat hari hari libur pantai Parangtritis selalu berjubel dengan pengunjung. Kenapa ya pantai Parangtritis menjadi pantai paling terkenal di Yogyakarta padahal ada banyak pantai lain?

Parangtritis Paling Terkenal Di Yogyakarta
Parangtritis Paling Terkenal Di Yogyakarta. image [source]

Alasan mengapa pantai Parangtritis terkenal ada banyak. salah satunya karena pantai parangtraitis ini mudah dijangkau oleh para wisatawan. Untuk menuju pantai Parangtritis, kita bisa menggunakan angkutan umum jurusan Yogyakarta Parangtritis. Dengan kendaraan pribadi atau motor pun pantai ini mudah dijangkau. Jalannya landai dan jaraknya tidak terlalu jauh. Berbeda dengan pantai lain yang lokasinya di Kulonprogo atau Gunungkidul. Alasan paling utama kenapa Parangtritis paling terkenal, pantai ini paling awal dibuka untuk tempat wisata sehingga fasilitasnya relatif lebih lengkap.

2. Dinamai Oleh Pertapa.

Penasaran kan kenapa pantai ini dinamai pantai Parangtritis? Nama Parangtritis tersebut diberikan oleh Dipokusumo. Dia adalah seorang pelarian dari kerajaan majapahit. Ia tiba di pantai yang sepi, tenang tersebut dan mulai bersemedi. Ketika dia sedang bertapa tersebut ia melihat air menetes dari celah karang. Karena peristiwa itulah pantai ini disebut dengan Parangtritis. Parangtritis berasal dari 2 kata yaitu parang yang artinya karang dan tumaritis yang berarti menetes.

Dinamai Oleh Pertapa
Dinamai Oleh Pertapa. image [source]

Ada juga cerita yang beredar tentang pertemuan ratu pantai selatan dengan calon raja Yogyakarta. Dikisahkan pada jaman majapahit, seorang perempuan bernama Ratna Suwida bertapa di pantai dengan tujuan memperoleh ilmu untuk menguasai jawa dan pantai selatan. Di tengah pertapan ia bertemu dengan seorang lelaki asal pajajaran. Ternyata lelaki tersebut adalah keponakan Ratna Suwida. Karena kecantikan si perempuan, laki laki tersebut berniat menikahinya. Tapi karena masih ada hubungan darah, Ratna Suwida menolak namun menjanjkan bahwa dia akan menikahi seluruh keturunan dari lelaki tersebut asal mereka bisa menguiasai tanah jawa. Sejak itulah para raja-raja jawa menikah dengan Nyi Roro Kidul. Itulah asal muasal keraton Yogyakarta punya hubungan dengan ratu Nyi Roro Kidul.

3. Pantai Parangtritis Mempunyai Ombak Paling Ganas di Yogyakarta.

Pengunjung yang berwisata ke pantai Parangtritis pada umumnya mendapat peringatan untuk tidak mandi di saat-saat tertentu dan di lokasi-lokasi tertentu pula. Ombak pantai parang memang terkenal besar. Pada waktu-waktu tertentu ketinggian ombak bisa mencapai 5 hingga 7 meter sehingga meluber sampai ke tempat parkir.

Ombak Tinggi Parangtritis
Ombak Tinggi Parangtritis. image [source]

Penyebab mengapa ombak di pantai Parangtritis besar ini mungkin karena pantai Parangtritis berhadapan langsung dengan samudra luas, yaitu Samudra Hindia. Angin dari seberang daratan lain melaju, mendorong ombak tanpa hambatan sedikitpun. Dengan kecepatan tinggi ombak yang didorong angin tersebut menabrak daratan sehingga ketinggian ombak pun mencapai 5 meter lebih. Bandingkan dengan pantai pantai di daerah lain yang biasanya terletak diantara 2 pulau.

4. Menelan Banyak Korban Tenggelam.

Banyak mendapatkan kunjungan, peristiwa pengunjung tenggelam juga sering terjadi di pantai Parangtritis. Korban tenggelam di pantai Parangtritis ini biasa siapa saja, tidak pilih pilih umur, tidak pilih-pilih jenis kelamin. Meskipin ada tim sar yang stanby di lokasi ditambah adanya papan peringatan untuk berhati hati saat bermain air di pantai Parangtritis, korban meninggal akibat tenggelam masih saja terjadi. Ternyata penyebab banyaknya korban tenggelam di pantai Parangtritis tersebut adalah karena adanya Rip Current.

Menelan Banyak Korban Tenggelam
Menelan Banyak Korban Tenggelam. image [source]

Rip current tersebut merupakan arus balik dengan kecepatan tinggi menuju ke laut lepas. Jika ada 2 ombak yang datang menuju daratan dari 2 arah yang berbeda, pertemuan 2 arus tersebut memunculkan arus balik yang menuju ke tengah laut dengan kecepatan 80 km/ jam lebih. Jika ada pengunjung yang sedang mandi di laut dan kebetulan berada di area pertemuan 2 ombak ini, maka kemungkinan besar dia akan terseret ke tengah dan tidak berdaya untuk melawan.

5. Banyak Korban Tenggelam Yang Jasadnya Disembunyikan Nyi Roro Kidul

Setiap ada pengunjung yang tenggelam, berapapun kerasnya usaha untuk mencari biasanya jasad korban tidak langsung ditemukan hari itu juga. Jasad biasanya ditemukan mengambang sendiri tidak jauh dari lokasi tenggelamnya. Pola ini kemudian memunculkan dugaan bahwa jasad korban tenggelam di pantai Parangtritis disembunyikan dan di pinjam sesaat oleh Nyi Roro Kidul.

5.Banyak Korban Tenggelam Yang Jasadnya Disembunyikan Nyi Roro Kidul
5. Banyak Korban Tenggelam Yang Jasadnya Disembunyikan Nyi Roro Kidul. image [source]

Setelah dicermati, ternyata jasad para korban tenggelam di pantai Parangtritis tersebut bukan karena disembunyikan oleh Nyi Roro Kidul. Penyebabnya adalah karena di pantai Parangtritis terdapat 2 palung. Palung pertama letaknya di sebelan selatan posko tim SAR. Sedangkan yang ke dua berada di depan area terminal baru. Palung tersebut menjorok masuk ke arah daratan di bagian bawah. Jika ada pengunjung yang terseret oleh Rip Current, maka selama beberapa saat posisi jasad korban akan masuk kedalam palung tersebut tertimbun bersama sediment pasir. Jasad kemudian akan terangkat dengan sendirinya setelah beberapa saat dengan adanya perubahan arah ombak.

6. Mitos Tidak Boleh Memakai Baju Warna Hijau.

Dikabarkan ratu pantai selatan Nyi Roro Kidul sangat suka warna hijau. Di lukisan, iapun memakai baju warna hijau. Sebab itu pengunjung Parangtritis sebisa mungkin dilarang memakai baju warna hijau. Takutnya jika memakai baju warna hijau, Nyi Roro kidul akan meyukainya dan menjadikan pengunjung tersebut abdi di kerajaan pantai selatan. Istilah lainnya pengunjung dengan baju warna hijau tersebut akan tenggelam diambil oleh ratu Nyi Roro Kidul.

Mitos Tidak Boleh Memakai Baju Warna Hijau
Mitos Tidak Boleh Memakai Baju Warna Hijau. image [source]

Ternyata menurut juru kunci disana larangan memakai baju hijau itu berkaitan dengan warna air laut di pantai Parangtritis yang agak kehijauan. Jika pengunjung memakai baju hijau, dan tenggelam maka tim SAR akan mengalami kesulitan dalam melakukan pencarian. Penyebabnya karena warna bajunya tersamar dengan warna air laut yang juga hijau. Jadi larangan baju hijau akibat disukai Nyi Roro Kidul tersebut hanya mitos.

7. Parangtritis Merupakan Gerbang Menuju Kerajaan Nyi Roro Kidul.

Parangtritis diyakini sebagai gerbang menuju alam Nyi Roro Kidul. Maka itu berbagai ritual sesaji banyak dilakukan di pantai Parangtritis dan sekitarnya. Beberapa ritual sesaji tersebut antara lain labuhan, sesaji tiap malam jumat kliwon dan kegiatan bersemedi di sekitar pantai Parangtritis.

Parangtritis Merupakan Gerbang Menuju Kerajaan Nyi Roro Kidul
Parangtritis Merupakan Gerbang Menuju Kerajaan Nyi Roro Kidul. image [source]

Kegiatan labuhan biasanya diselenggarakan oleh pihak kraton. Beberapa barang yang disebut ubo rampe akan dihanyutkan ke laut dalam acara labuhan ini. Ubo rampe yang dimaksud tersebut terdiri atas pakaian, kembang setaman, rambut, kuku da banyak barang lainnya. Semua barang barang tersebut di sediakan oleh kraton. Labuhan dilakukan tiap hari jadi pengangkatan raja Yogyakarta. Labuhan juga dilakukan ketika raja Yogyakarta memiliki hajad atau mau menyelenggarakan acara tertentu seperti menikahkan anaknya. Labuhan diadakan di area cepuri parangkusumo karena di wilayah inilah konon gerbang menuju kerajaan Nyi Roro Kidul berada.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *