Sedang memuat Yakin Kamu Sudah Tahu Beberapa Fakta Unik Tentang Lampu Merah Ini? Buktikan.

Yakin Kamu Sudah Tahu Beberapa Fakta Unik Tentang Lampu Merah Ini? Buktikan.

Aneh Aneh Saja Ya

Lampu lalu lintas atau yang sering disebut orang dengan lampu merah, setiap hari pasti kita bertemu dengannya kan? Si lampu merah ini sebenarnya adalah malaikat penolong yang membantu orang supaya perjalanan mereka lancar. Namun tak jarang mereka menjadi ajang caci maki para pengguna jalan. Penyebab lampu merah di caci maki cukup banyak. misalnya saja, hitungannya terlalu lama, hijaunya hanya sebentar hingga lampu merah yang ngak pernah bener.

Yakin Kamu sudah Tahu Beberapa Fakta Unik Tentang Lampu Merah Ini? Buktikan.
Yakin Kamu sudah Tahu Beberapa Fakta Unik Tentang Lampu Merah Ini? Buktikan. image [source]

Meskipun fungsinya banyak namun lampu merah juga sering menjadi sasaran vandalism. Entah itu di tutup dengan gambar aneh aneh, di semprot dengan cat hingga di rusak orang. lampu merah selalu akrab dalam kehidupan sehari hari. Akrab bukan berarti kita kita tahu segalanya tentang lampu merah. Berikut ini beberapa fakta tentang lampu merah yang mungkin belum kamu ketahui. Sebagian mencengangkan, namun sebagian lagi lucu. Penasaran? Simak informasinya di bawah ini.

1. Lampu Merah Pertama Tidak Berjalan Secara Otomatis.

Ngaku saja, pasti ada satu waktu dimana kamu mengira lampu merah itu di hidup dan di matikan oleh polisi. Kamu mencari cari di mana polisi yang menghidup-matikan lampu merah tersebut, tapi tidak pernah ketemu. Jika kamu pernah berpikit bahwa lampu merah di operasikan secara manual, maka kamu tidak sendirian. Banyak juga kok orang desa jaman dulu yang mengira lampu merah itu di operasikan secara manual. Dugaan itu tidak sepenuhnya salah kaprah. Penyebabnya, jaman dahulu lampu merah memang dioperasikan secara manual.

1.Lampu Merah Pertama Tidak Berjalan Secara Otomatis.
Lampu Merah Pertama Tidak Berjalan Secara Otomatis. image [source]

Lampu merah pertama di pasang di kota Claveland, Ohio. Tepatnya di simpang Euclyd yang super sibuk. Lampu merah di parang di 4 sisi jalan. Pertama kali beroperasi di tahun 1914. Kalau kamu mau cari orang yang menghidupkan dan mematikan lampu merah, maka disinilah tempatnya. Seorang petugas polisi berada di dalam boot dan mengatur hidup matinya lampu merah tersebut. lumayan repot ya. Berarti lampu merah di tunggui terus menerus oleh petugas polisi.

2. Dulunya Pada Lampu Merah Tidak Ada Warna Kuningnya.

Lampu merah yang ada sekarang semuanya pasti terdiri atas 3 warna, yaitu merah, kuning dan hijau. Warna merah menandakan pengguna jalan harus berhenti, sedangkan warna kuning menjadi tanda bahwa kita harus memperlambat laju kendaraan untuk siap siap berhenti. Sedangkan warna hijau berarti kita boleh lanjut jalan. Itu teorinya. Faktanya seringkali orang justru menambah kecepatan saat lampu merah sudah menyala kuning. Alasannya tak lain dan tak bukan agar lolos dari lampu merah.

Dulunya Pada Lampu Merah Tidak Ada Warna Kuningnya.
Dulunya Pada Lampu Merah Tidak Ada Warna Kuningnya.. image [source]

http://www.vimar.com/irj/go/km/docs/z_catalogo/MAIN_IMAGE/zsem-vimar-automazioni-semaforo-rossoverde-230v-rotazione-200gradi.62509.jpg

Waktu pertama kali diterapkan, lampu merah itu tidak ada warna kuningnya. Awalnya lampu lalu lintas hanya terdiri dari 2 warna, yaitu merah dan hijau. Ketika dipasang di jalanan yang lalu lintasnya padat, lampu lalulintas yang ganya terdiri dari warna merah dan hijau ini ternyata kurang sempurna. Pengguna jalan tidak punya waktu untuk siap siap saat lampu hijau berganti merah. Kecelakaan sering terjadi akibat ketidaktahuan kapan hijau berubah menjadi merah ini. karena banyak terjadi kecelakaan akhirnya pada tahun 1920, seorang polisi lalulintas detroit yang bernama Wiliam potts menambahkan warna kuning dalam lampu lalu lintas ini. kemudian warna kuning ini di patenkan oleh seseorang yang bernama Garret Morgan dan menjualnya ke General Elektrik, perusahaan yang dibuat oleh Thomas Alfa Edison.

3.Kenapa Di Pilih Warna Merah Sama Hijau Dab Bukan Warna Lain?

Sejak kita lahir sampai sekarang, lampu merah itu memakai warna merah dan hijau. Bagi kita itu sudah menjadi kewajaran. Tapi pernahkah kamu bertanya tanya, kenapa warna merah dan hijau yang dipilih. Bukan warna yang lainnya? lampu merah itu desainnya dulu meniru rambu rambu yang sudah di pakai di jalur kereta api. Mengenai kenapa merah berarti stop dan hijau berarti jalan, tak ada yang bisa menunjukkan dokumen resminya.

Kenapa Di Pilih Warna Merah Sama Hijau Dab Bukan Warna Lain
Kenapa Di Pilih Warna Merah Sama Hijau Dab Bukan Warna Lain. image [source]

Ilmu pengetahuan sains modern ternyata malah justru punya alasannya. Warna merah itu mempunyai panjang gelombang yang tinggi dibandingkan warna lain. karena panjang gelombangnya tinggi tersebut, cahaya merah mampu merambat dalam jarak yang lebih jauh. Itu artinya, orang yang sedang berkendara akan melihat warna merah duluan dari pada warna hijau. Dengan begitu mereka sudah akan bisa melakukan pengereman atau memperlambat kendaraan. Coba kalau yang dilihat itu warna hijau duluan, pasti banyak orang yang justru makin ngebut saat mendekati lampu merah.

4. Lampu Merah Itu Ternyata Ada Paten Nya.

Lampu merah itu ada di mana-mana. mirip air udara dan sinar matahari pokoknya. oleh karena bisa di temui di banyak tempat tersebut banyak yang mengira lampu merah itu milik umum dan siapa saja bebas membuatnya. Ternyata anggapan itu salah. Lampu lalu lintas itu ternyata dipatenkan. Perusahaan yang memegang paten terhadap lampu merah ini adalah general elektrik. Perusahaan amerika yang memproduksi lampu dan dirintis oleh Thomas Alfa Edison.

Lampu Merah Itu Ternyata Ada Paten Nya.
Lampu Merah Itu Ternyata Ada Paten Nya. image [source]

Dengan banyaknya lampu merah di mana-mana, berarti pemegang hak paten kaya dong. Paten lampu merah ini sendiri di daftarkan oleh Garret August Morgan pada tahun 1932. Desain lampu merah yang didaftarkan terdiri atas tiga warna. Perusahaan yang banyak melakukan penemuan, yaitu General Elektrik kemudian membeli hak paten desain lampu merah ini dari Morgan dengan harga $40.000 dolar. Pegang uang 40 ribu dolar di tahun 1923 pasti banyak banget.

5. Pengembangan Ke Depan, Rambu Rambu Lalu Lintas Akan Terhubung Dengan Handphone Mu.

Kalau dilihat lihat, desain lampu merah memang gitu gitu aja ngak ada perubahan dari waktu ke waktu. Paling paling hanya penambahan countdown counter serta penambahan panel tenaga surya.dimasa depan sepertinya lampu merah ini akan berubah drastis. itu karena lampu merah lampu merah di masa mendatang akan mengintegrasikan kemampuan smart phone. Semua orang membawa smartphone saat ini. kemampuan smartphone sepertinya potensial untuk diintegrasikan ke dalam rambu rambu lalu lintas.

Pengembangan Ke Depan, Rambu Rambu Lalu Lintas Akan Terhubung Dengan Handphone Mu.
Pengembangan Ke Depan, Rambu Rambu Lalu Lintas Akan Terhubung Dengan Handphone Mu. image [source]

Kamu pernah memakai google map kan? Ketika mau belong kurang beberapa meter biasanya asisten dari google map tersebut akan bicara padamu lewat headset. Lima meter lagi belok kanan lalu lurus supaya tetap di jalan bla bla bla. Ke depannya, mungkin lampu lalu lintas juga mampu berkomunikasi denganmu lewat gadget yang kamu bawa. Kamou merah tersebut dapat berbicara denganmu lewat bluetooth, menyuruhmu untuk erhenti atau memperlambat laju kendaraan. Dengan perintah suara yang keluar lewat headset ini tentu pesannya terasa lebih personal dan punya peluang lebih besar untuk ditaati oleh pengguna jalan. Atau bisa juga alat tersebut digunakan untuk merekam semua data pelanggaran lalu lintas yang kamu lakukan.

6. Lampu Lalu Lintas Sering Menjadi Korban Vandalisme.

Di kota manapun kamu tinggal pasti ada yang namanya anak vandal kan? Itu lho anak anak yang suka corat coret dan menempel tembok dengan tulisan serta gambar tertentu. Selain tembok tak jarang, lampu merah juga dijadikan sasaran vandalisme. Bentuk vandalismenya, lambu pengatur lalu lintas yang biasanya berbentuk bulat di tutup dengan kertas atau kain. Kertas atau kain tersebut di bagian tengahnya di lubangi dengan bentuk tertentu. Bisa bentuk manusia, binatang, benda benda atau simbol simbol lain yang mewakili pesan yang ingin mereka sampaikan. Akibatnya ketika lampu lalu lintas menyala, cahayanya berbentuk macam macam.

Lampu Lalu Lintas Sering Menjadi Korban Vandalisme.
Lampu Lalu Lintas Sering Menjadi Korban Vandalisme. image [source]

Vandalisme yang dilakukan pada lampu lalu lintas ini bisa mengganggu namun tak jarang juga menghibur. Coba saja perhatikan pada gambar gambar di atas. Ada vandalisme pada lampu merah dengan bentuk Charlie Chaplin, Grim Reaper, Orang Cacat sedang Nyebrang hingga kaki seksi wanita. sebagai pengguna jalan tentu kita kerap terhibur dengan berbagai aksi menutup lampu merah dengan berbagai bentuk tersebut. tapi bagi polisi lalu lintas, aktivitas ini tentu menjengkelkan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *