Fakta Mengagumkan Yang Ditemukan Para Ilmuwan Tentang Tata Surya Kita Baru Baru Ini.

Sedikit Demi Sedikit Terkiak Juga Rahasia Dibalik Alam Semesta Ini

Alam semesta menyimpan misteri. Mulai dari dasar lautan yang paling dalam, puncak gunung tertinggi, hingga luar angkasa menyimpan berbagai pertanyaan yang belum sepenuhnya di mengerti oleh manusia. Salah satu objek yang masih menjadi misteri bagi banyak orang adalah tentang Luar angkasa. Untuk menyingkap rahasia alam yang ada di luar angkasa tersebut, berbagai cara dilakukan. Badan penelitian dari berbagai negara bekerja sama, bahu membahu mencoba mempelajari ruang angkasa tersebut. Salah satu upaya untuk mempelajari rahasia yang tersimpan di balik ruang angkasa tersebut adalah dengan mengirimkan pesawat penjelajah ke ruang angkasa.

10 Fakta Mengagumkan Yang Di Pelajari Para Ilmuwan Tentang Tata Surya Kita Baru Baru Ini.
Fakta Mengagumkan Yang Di Temukan Para Ilmuwan Tentang Tata Surya Kita Baru Baru Ini. image [source]

Hingga tahun 2016 ini, tak kurang dari 30 pesawat penjelajah ruang angkasa buatan manusia telah dikirimkan. Beberapa diantaranya mengalami kegagalan, ada sebagian yang tidak membuahkan banyak hasil namun sebagian lagi berhasil mengungkap rahasia gemilang dari ruang angkasa. Lewat banyak upaya pengiriman pesawat ulang alik itulah kini manusia memiliki banyak pengetahuan tentang ruang angkasa. Tak hanya tentang ruang angkasa saja, kini beberapa rahasia yang tersembunyi tentang tata surya kita pun mulai terungkap sedikit demi sedikit. Mau tahu rahasia alam apa saja yang berhasil dipecahkan oleh para astronom hingga tahun 2016 ini? berikut ini beberapa diantaranya.

1. Jupiter Dan Saturnus Merupakan Biang Kerok Dari Banyaknya Komet Komet Yang Hampir menabrak bumi.

Di dalam sistem tata surya kita dua planet yang memiliki ukuran raksasa dibandingkan dengan planet planet lain adalah jupiter dan saturnus. Letak mereka berada di urutan nomor 3 dan nomor 4 dari luar tata surya. Bumi berada di bagian dalam setelah saturnus dan jupiter tersebut. Karena ukuranya yang besar dan terletak di bagian luar bumi, sejak dahulu diyakini bahwa yupiter dan saturnus inilah yang melindungi bumi dari gempuran meteor meteror dari luar tata surya. Pada tahun 1994, teori bahwa jupiter adalah pelindung bumi seolah olah terbukti. Waktu itu sebuah meteor berukuran raksasa bertumbukan dengan jupiter. Tumbukan tersebut menyisakan bekas berupa kawah seukuran bumi. Para ilmuwan yang sedang mengamati pun lantas bersorak sorak, gembira karena merasa teori mereka terbukti.

1.Jupiter Dan Saturnus Merupakan Biang Kerok Dari Banyaknya Komet Komet Yang Hampir menabrak bumi.
Jupiter Dan Saturnus Merupakan Biang Kerok Dari Banyaknya Komet Komet Yang Hampir menabrak bumi. image [source]

Waktu itu para ilmuwan berpendapat bahwa gravitasi yang besar milik jupiter dan saturnus menarik semua komet dan meteor ke arah mereka sehingga tidak menumbuk bumi. Namun ternyata keyakinan itu salah. Laboratorium luar angkasa nasa yang bermesin jet membuktikan bahwa, ternyata jupter dan saturnus justru menarik komet, meteor serta asteroid dari luar tata surya. Komet serta meteorit yang sebenarnya hanya melintar di luar sistem tata surya kita kemudian terpengaruh gaya gravitasi jupiter dan malah berbelok masuk ke dalam lintasan orbit planet planet di tata surya kita. orbit bumi juga terkena imbas kiriman komet serta meteorit dari gravitasi jupiter dan saturnus ini. namun ulah jupiter dan saturnus yang terus menerus melempari kita dengan komet ini ternyata ada manfaatnya juga lho. Minimal berkat kedua planet raksasa tersebut, bumi mendapat kiriman zat zat yang membuat bumi bisa ditempati oleh manusia. Diperkirakan, karbon, gas metana dan air dulunya berasal dari ruang angkasa yang menabrak masuk ke atmosfer bumi. Siapa tahu di masa depan bumi mendapat kiriman lagi sesuatu yang berharga dari luar angkasa lagi berkat gravitasi jupiter dan saturnus tersebut. Misalnya saja meteor yang terbuat dari batu berlian dan besarnya seukuran kota jakarta.

2. Pluto Ternyata Mempunyai Lautan Berisi Air Dalam Bentuk Cairan.

Di posisi paling luar dari tata surya kita ada planet kerdil yang diberi nama Pluto. Karena jauhnya jarak pluto dengan matahari, banyak ahli awalnya menganggap bahwa pluto mempunyai suhu yang dingin. Jika ada air di permukaan planer plutp, maka bentiknya akan berupa es. Namun keyakinan tersebut ternyata salah. Pesawat penjelajah ruang angkasa milik NASA yang bernama New Horizon mengambil gambar pluto dari jarak dekat. Di dalam foto tersebut terlihat adanya alur alur seperti gelombang air. Para ahli pun kemudian menyimpulkan bahwa pluto punya air dalam bentuk cairan.

Pluto Ternyata Mempunyai Lautan Berisi Air Dalam Bentuk Cairan.
Pluto Ternyata Mempunyai Lautan Berisi Air Dalam Bentuk Cairan. image [source]

Bagaimana ya dengan jarak yang sejauh itu, pluto masih punya air dalam bentuk cair dan tidak menjadi es? Para ahli memperkirakan bahwa di bagian inti pluto masih ada reaksi radioaktif yang radiasinya memancarkan suhu hangat. Air yang ada di pluti tersebut juga di perkirakan memiliki kandungan garam yang cukup tinggi. Lapisan amonia beku yang ada di permukaan pluto membungkus lapisan air tersebut sehingga mencegah terjadinya proses pembekuan pada air di pluto. Sebagai tambahan informasi ketebalan lapisan amonia beku di pluto mencapai 300 kilometer. Dibawahnya barulah lapisan air dengan ketebalan 100 km.

3. Planet Venus Dulunya Memungkinkan Untuk Di Tinggali.

Suhu permukaan venus saat ini adalah 460 derajat celsius. Cukup untuk membuat timah langsung leleh ketika berada di permukaan planetnya. Dosamping itu atmoster venus juga sebagian besar tersusun oleh asam sulfat. Di bumi, asam sulfat ini di pakai untuk air aki. Tersiram air aki sedikit saja bisa membuat kulit kita melepuh terbakar, bayangkan jika kamu harus bernafas dengan uap dari air aki tersebut. Paru paru kita bisa jebul dalam hitungan detik bukan? meskipun kondisi di permukaan venus saat ini sangat mematikan, namun para ahli meyakini bahwa dulunya bisa di tempati oleh manusia.

Planet Venus Dulunya Memungkinkan Untuk Di Tinggali.
Planet Venus Dulunya Memungkinkan Untuk Di Tinggali. image [source]

Para ahli ini beralasan bahwa di venus ada bekas bekas lautan. Kemungkina besar, lautan di benus yang berisi air itu masih ada pada 4 milyar tahun yang lalu. Air juga tinggal di venus selama 2 milyar tahun. Namun kenapa ya kondisi venus sekarang kering dan mematikan? Ternyata penyebabnya adalah benus memiliki medan listrik yang 5 kali lebih besar dari medan listrik bumi. Medan listrik yang besar tersebut mampu mendorong oksigen dan hidrogen yang ada di venus ke lapisan atas atmoster melawan gravitasi. Begitu sampai di permukaan paling atas, hidrogen dan oksigen tersebut lantas akan hilang tersapu oleh badai matahari. Proses berulang sehingga ait di venus hilang tak tersisa. Masih menjadi misteri kenapa medan listrik di venus sangat besar.

4. Ternyata Bulan Bukan Hanya Sekedar Hiasan Bagi Bumi, Namun Berfungsi Sebagai Baterai juga.

Bumi mempunyai inti berupa besi yang super panas dan cair. Selama berjuta juta tahun inti bumi tersebut terus menerus berputar seolah olah tak pernah kehabisan tenaga. Putaran inti bumi tersebut menimbulkan munculnya medan magnet yang melindungi kita dari gempuran materi materi bermuatan listrik serta radiasi dari luar angkasa. Tanpa perlindungan dari medan magnet bumi tersebut, setiap hari kita akan di terpa badai partikel bermuatan listrik 1000 kali dari yang kita terima sekarang. Dengan badai partikel bermuatan listrik dari luar angkasa sebesar itu ponsel, laptop serta alat alat elektronik lainnya akan terbakar karena kelebihan muatan listrik. Tanpa alat alat elektronik tersebut kita terpaksa kembali ke jaman batu. Terlihat kan bahwa putaran inti bumi sangat penting bagi kelangsungan hidup di bumi. Namun apa ya yang membuat inti bumi tersebut mampu terus menerus berputar selama ber juta juta tahun? Ilmuwan saja binggung dengan pertanyaan ini.

Ternyata Bulan Bukan Hanya Sekedar Hiasan Bagi Bumi, Namun Berfungsi Sebagai Baterai juga.
Ternyata Bulan Bukan Hanya Sekedar Hiasan Bagi Bumi, Namun Berfungsi Sebagai Baterai juga. image [source]

Para ilmuwan melalui serangkaian pengamatan kemudian mengetahui bahwa rotasi dan revolusi bulan ternyata memberikan energi putar bagi inti bumi sebesar1000 milyar watt. Kita tahu bahwa bulan juga banyak mengandung besi, memiliki medan magnet dan medan listrik. Pitaran bulan terus menerus tersebut lah yang membuat inti bumi memeiliki daya untuk terus menerus berputar selama 4,3 milyat tahun ini. alinat daya sebesar 1000 milyar wat tersebut jugalah inti bumi tetap hangat dan hanya berkurang dikit suhunya selama bermilyar milyar tahun. Tanpa adanya bulan, inti bumi akan membeku dan semakin lambat putaranya. Akibatnya medan magnet bumi pun akan mengecil seiring dengan melambatnya putaran inti bumi. Jika itu terjadi maka badai matahari akan terjadi setiap saat.

5. Cincin Yang Dimiliki Saturnus Ternyata Belum Terlalu Lama Di Bentuk.

Saturnus di kelilingi oleh ribuah asteroid yang membentuk cincin di permukaan planetnya. Sejak jaman dahulu para ahli saling beradu argumentasi mengenai kapan terbentuknya cincin tersebut dan dari mana asalnya. Salah satu teori menjelaskan bahwa dulunya saturnus mempunyai banyak bulan. Beberapa diantaranya kemudian saling bertabrakan dan hanjur. Sehingga terbentuklah concon asteroid yang mengelilingi saturnus beserta ke 62 bulannya.
Para ilmuwan kemudian mengamati bagaimana proses nya saturnus bisa menarik habis es yang ada pada salah satu bulannya. Di ketahui bahwa gravitasi yang besar telah menarik semua es yang ada di bulan enceladus menuju saturnus. Dengan mengamati gaya gravitasi dari planet saturnus menarik habis semua es di enceladus tersebut para ilmuwan memberkirakan kapan proses tabrakan antar bulan milik saturnus terjadi.

Cincin Yang Dimiliki Saturnus Ternyata Belum Terlalu Lama Di Bentuk.
Cincin Yang Dimiliki Saturnus Ternyata Belum Terlalu Lama Di Bentuk. image [source]

Di perkirakan cincin saturus tersebut terbentuk jauh sesudah planet saturnus terbentuk pada 4 milyar tahun yang lalu. Itu artinya cincin saturnus terbentuk tidak bersamaan dengan terbentuknya planet saturnus. Planet saturnus terbentuk dahulu, kemudian gaya gravitasi yang besar menarik bulan bulan kearahnya sedikit demi sedikit sehingga saling bertumbukan. Pecahan dari bulan yang saling bertumbukan tersebutlah yang akhirnya membentuk cincin saturnus.

Itu beberapa misteri luar angkasa yang berhasil di kuak oleh para ilmuwan dari mengirimkan berbagai pesawat penjelajah ruang angkasa. Beberapa diantaranya sudah mendarat di planet marsh. Semoga saja dimasa depan makin banyak lagi pengetahuan tentang luar angkasa yang didapat. Dengan begitu rasa penasaran kita terhadap ruang angkasa bisa terjawab dan lebih bisa menghargai pencipta dari alam semesta yang luas ini.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *