Tahukah Kamu Jika Neil Armstrong Tidak Benar-benar ke Bulan, Berikut Ulasannya

Beberapa tahun lalu sempat memanas kabar kepergian Neil Armstrong kebulan. Dari dulu hingga sekarang kontroversi pendaratan di bulan masih diperbincangkan. Pendapat terbaru para pakar menunjukkan bahwa sekitar 20% orang Amerika percaya bahwa NASA yang menujuk Neil Amstrong tidak pernah mendarat di bulan. Beberapa bukti yang dianggap menunjukkan bahwa pendaratan cuma jadi-jadi.

Ahli astronomi yang mengemukakan kejanggalan yang terdapat pada foto pendaratan Neil Amstrong, ia melihat tidak adanya bintang-bintang diangkasa yang terdapat pada foto itu padahal di bulan tidak ada atmosfir yang dapat menutupi bintang. Menurut para peneliti ini merupakan perbuatan ini disengaja dilakukan oleh NASA dan pemerintah Amerika untuk mengankat image Amerika yang tengah turun pasca kekalahan perang di Vietnam serta agar data menyaingi Uni Soviet dalam perkembangan luar angkasa. Berikut ini beberapa alasan pendaratan Neil Amstrong hanyalah hoax.

1. Terdapat Lebih dari Satu Sumber Cahaya

Hanya matahari yang menjadi sumber cahaya yang jelas pada bulan. Selain matahari, sumber cahaya lain tidak akan memberi efek yang banyak terhadap daratan bulan. Jadi intinya, bayangan dari benda apapun hanya terpaku pada satu titik sesuai sumber cahaya. Namun pada benda yang kita lihat di foto memiliki titik tuju yang berbeda.

Lebih dari 1 sumber cahaya [ Image Source ]
Lebih dari 1 sumber cahaya [ Image Source ]

Hal ini sungguh menimbulkan kecurigaan bahwa sebenarnya foto tersebut tidak diambil di bulan, tapi di tempat lain dimana ada lebih dari satu sumber cahaya. Namun NASA mengatakan bahwa bayangan tersebut terbentuk karena permukaan dataran bulan yang tidak merata sehingga menciptakan bentuk bayangan.

2. Bayangan Yang Misterius di Helm Astronot

Dalam sebuah foto yang memuat seorang astronot Apollo tersebut terdapat sebuah bayangan aneh. Tidak ada penjelasan yang memuaskan tentang apa sebenarnya benda yang terlihat tersebut. Benda tersebut terlihat seperti lampu punggung. Pihak NASA mengklaim bahwa bayangan tersebut hanyalah akibat dari jeleknya kualitas foto yang diambil.

Bayangan yang misterius [ Image Source ]
Bayangan yang misterius [ Image Source ]

Beberapa orang menyakini bahwa benda asing tersebut sangat mirip dengan lampu punggung yang biasa dipakai dalam studi pembuatan film atau pemotretan. Telah banyak beredar teori bahwa sebenarnya video pendaratan manusia di bulan adalah rekayasa yang diciptakan di sebuah studio.

3. Bendera yang Berkibar

Kita semua pasti tahu bahwa bulan tidak memiliki atmosfer. Tidak ada angin atau udara di bulan. Namun dalam foto yang dirilis, bendera yang dibawa oleh Neil Armstrong tampak sedang berkibar. Bagaimana bisa bendera berkibar jika di bulan tidak ada udara atau angin?

Bendera [ Image Source ]
Bendera [ Image Source ]

Pihak NASA memberi penjelasan bahwa sebelum bendera itu ditancapkan ke bulanm bendera kebangsaan AS itu dilipat dalam sebuah tabung sehingga tampak kusut dan seolah berkibar.

4. Hanya Sedikit Bintang yang Terlihat

bumi yang berjarah ribuan mil saja bisa kita lihat begitu banyak bintang. Namun serangkaian foto pendaratan di bulan, kita melihat sedikit sekali bintang. Langit yang menjadi latar belakang tampak begitu polos.

Hanya ada sedikit bintang [ Image Source ]
Hanya ada sedikit bintang [ Image Source ]

Namun lagi-lagi NASA mengklaim bahwa bintang-bintang tersebut tidak terekpos dengan baik karena rendahnya kualitas kamera yang mereka bawa. Padahal, seberapa jeleknya kualitas kamera yang kamu pakai foto akan bisa memfoto bintang dari bumi dan terlihat jelas. Dan kenpa di bulan tidak bisa?

5. Misteriusnya Huruf C

Salah satu foto yang paling terkenal yang menuai kontroversi kebohongan adalah “The C Rock”. Dalam gambar tersebut kamu bisa melihat huruf C yang tertulis rapi di sebuah batu di bulan. Karena di tulis terlalu rapi, banyak peneliti mengutarakan pendapat tidak mungkin ukiran natural ada disana.

Misteriusnya huruf c [ Image Source ]
Misteriusnya huruf c [ Image Source ]

Diduga huruf C ini adalah tanda yang digunakan seorang desainer set film sebelum pengambilan gambar dimulai. Mungkin pendaratan di bulan adalah film karya seseorang yang dibuat dalam studio.

Dalam ilmu pengatahuan, perkembangan selalu ada dan pasti menimbulkan kontroversi. Sebagai manusia yang mempunyai akal pikiran ada baiknya untuk tidak langsung menelan bulat-bulat informasi yang kita terima. Mencari informasi lebih lanjut adalah hal yang harus dilakukan.

Oke itu tadi beberapa ulasan penting dan kontroversi yang timbul bahwa Neil Armstrong tidak benar-benar ke bulan. Bagaimana menurutmu? Apakah kamu percaya ada manusia yang akan benar-benar mendarat di bulan? Semoga bermanfaat.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *