Rumah Nenek Mu Terbuat Dari Dinding Anyaman Bambu? Jangan Minder Ini Lho Fakta Mengejutkan Tentang Bambu Yang Sudah Di akui Dunia.

Ternyata Cukup Mengangumkan Tanaman Yang Banyak Di Indonesia itu.

Orang indonesia pasti tau dengan tanaman yang satu ini. itu karena bambu merupakan tanaman yang serba guna. Mulai dari kipas sate, tusuk sate, kerangka atap rumah, tiang penyangga bangunan sederhana hingga dinding, semua bisa pakai bambu. Orang orang pada jaman dahulu juga banyak memakai bambu ini untuk dinding penyekat rumah. Dinding penyekat rumah dari anyaman bambu ini kemungkinan masihbisa di temui di rumah rumah tua milik kakek atau nenek.

Mobil  Nenek Mu Terbuat Dari Dinding Anyaman Bambu? Jangan Minder Ini Lho Fakta Mengejutkan Tentang Bambu Yang Sudah Di akui Dunia.
Mobil Nenek Mu Terbuat Dari Dinding Anyaman Bambu image [source]

Dengan semakin makmurnya kondisi ekonomi rakyat indonesia, penggunaan bambu pun mulai di tinggalkan dan di ganti dengan material konstruksi yang lebih populer dan kelihatan kokoh. Rumah rumah sekarang kebanyakan sudah menggunakan besi beton serta semen sebagai penopang utamanya. Karena kepopuleran semen dan besi tersebut, tumah rumah yang masih pakai dinding bambu dianggap kuno.

1. Bambu Memegang Rekor Guiness Sebagai Tanaman Dengan Pertumbuhan Paling Cepat.

Pohon bambu memegang ekor sebagai tanaman dengan laju pertumbuhan tercepat di dunia. dalam sehari bambu mampu bertambah panjang sekitar 35 inchi. Itu artinya dalam satu jam, tanaman bambu bertambah panjang sebesar satu setengah inci. Jadi kalau kamu tidur jam 10 malam di depan rumahmu belum ada apa apa, jam 10 malam hari berikutnya sudah akan ada pohon bambu sepanjang 35 inchi. Ajaibkan?

Bambu Memegang Rekor Guiness Sebagai Tanaman Dengan Pertumbuhan Paling Cepat
Bambu Memegang Rekor Guiness Sebagai Tanaman Dengan Pertumbuhan Paling Cepat. image [source]

Selain sebagai tanaman dengan pertumbuhan tercepat, bambu juga menjadi tanaman paling tinggi di berbagai daerah. Karena pertumbuhannya yang cepat ini bambu sering dianggap sebagai tanaman yang paling mudah di perbarui. Sehabis di porong, tanaman bambu akan segera tumbuh lagi. Dengan laju pertumbuhan secepat ini bambu paling cocok untuk di pakao sebagai bagan berbagai macam kebutuhan.

2. Tanaman Bambu Sangat Berjasa Bagi Keberhasilan Thomas Alfa Edison Dalam Produksi Lampu.

Bambu berjasa pada thomas alfa edison dalam produksi lampu? Bagaimana ceritanya? Ternyata fakta ini memang benar dan belum banyak di ketahui oleh banyak orang. berdasarkan penelitian yang dilakukan oleh alfa edison peserta rekannya, ternyata serat bambu yang di laposi karbon dapat terus menyala selama 1200 jam.

Tanaman Bambu Sangat Berjasa Bagi Keberhasilan Thomas Alfa Edison Dalam Produksi Lampu.
Tanaman Bambu Sangat Berjasa Bagi Keberhasilan Thomas Alfa Edison Dalam Produksi Lampu. image [source]

Durasi serat bambu ini mengalahkan filamen dari bahan bahan lain seperti serat katun, serat kertas dan serat kayu. Lagi pula dengan menggunakan serat bambu ini alfa edison terhindar dari tuntutan harus membayar hak paten dari perusahaan lain.

3. Bambu Ternyata Lebih Kuat Daripada Besi.

Jika di tanya tentang bahan paling keras di bumi ini, banyak orang mungkin akan menjawab besi atau baja. Siapa sangka kalau ternyata bambu justru menjadi barang paling kuat di dunia. dalam ketenalan serta kerapatan partikel yang sama, bambu lebih kuat dari besi baja sekalipun. Hika di berikan tekanan yang melebihi daya topangnya, besi kemungkinan besar akan langsung patah. Tapi bambu masih bisa membengkok dulu sebelum patah. Bambu mampu meregang sedangkan besi daya regangnya kecil.

Bambu Ternyata Lebih Kuat Daripada Besi.
Bambu Ternyata Lebih Kuat Daripada Besi. image [source]

Oleh karena daya regang serta kekuatan besar yang dimiliki ini, bambu mulai i pakai untuk menggantikan besi di beberapa struktur bangunan. Bukan hanya itu, kini bambu juga banyak digunakan untuk membuat kerangka sepeda. Sudah ringan, mudah dibawa bawa dan tidak mudah patah. Makin keren ya bambu ini ternyata.

4. Bambu Bisa Di Pakai Untuk Membuat Pakaian Yang Tak Perlu Sering Sering Di Cuci.

Siapa sangka ternyata bambu itu bahan anti bakteri alami. Serat bambu dan serat katun di uji kemampuannya dalam membunuh bakteri. Dalam 24 jam bakteri bakteri yang ada pada serat bambu mati semua. Namun bakteri yang ada pada serat katun hidup semua. Itu artinya bambu ini tidak memungkinkan bakteri hidup padanya.

Bambu Bisa Di Pakai Untuk Membuat Pakaian Yang Tak Perlu Sering Sering Di Cuci.
Bambu Bisa Di Pakai Untuk Membuat Pakaian Yang Tak Perlu Sering Sering Di Cuci. image [source]

Fakta bahwa bambu tahan bakteri secara alami ini punya peluang untuk di kembangkan. Manusia di masa depan bisa menciptakan pakaian yang tahan bakteri. Seperti kita tahu, akibat adanya bakteri, pakaian menjadi kotor dan berbau tidak sedap. Itu lah mengapa pakaian perlu dicuci setelah di pakai. Kalau pakaian di buat dari serat bambu, maka tanpa perlu sering sering dicuci, pakaian tersebut tidak akan berbau tak sedap. Karena bambu itu tahan air, mungkin cara membersihkannya pun lebih mudah dari pakaian biasa.

5. Bambu Enak Dimakan.

Bahan terkuat di dunia tapi enak dimakan? Bagaimana mungkin? Ternyata fakta ini memang benar. Di indonesia sendiri serta negara negara asia lain, bamnu memang enak dimakan. Tentu saja yang bisa dimakan adalah bagian tunasnya. Ketika panjangnya baru beberapa senti, tunas bambu ini di potong dan di masak. Meskipn nilai gisinya rendah, tunas bambu atau dikenal dengan rebung ini banyak digemari lho. Keunggulannya, tunas bambu ini rendah kalori dan sedikit lemak.

 Bambu Enak Dimakan.
Bambu Enak Dimakan. image [source]

Tak hanya manusia, ternyata bambu juga disukai oleh hewan yang bernama panda. Bisa di katakan panda itu tidak makan apapun kecuali bambu. Meskipun tak ada kandungan nutrisi kamu bisa lihat sendiri kan ternyata bambu bisa membuat panda berukuran besar. Nah kalau mau dimakan manusia tentu tunas bambu ini perlu di tambahi denan bahan bahan lain yang kandungan gizinya lengkap. Seperti daging dan sayuran sayuran lain. bagi yang mau diet mungkin tunas bambu cocok ya untuk makanan sehari hari. Siapa tahu kamu nanti ketularan cepat tinggi.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *