Sedang memuat Bikin Penasaran, Ini Lho Beberapa Fakta Terkait Kematian.

Bikin Penasaran, Ini Lho Beberapa Fakta Terkait Kematian.

Serem Tapi Berguna Kok Infonya bagi Kita Yang hidup

Semua yang hidup pasti mati. selama hidup mungkin kita pernah melihat dengan mata kepala sendiri kematian dari orang orang yang kita sayangi. Meskipun fenomena orang mati sudah sering kita temui tapi kematian tetap menjadi sesuatu yang menyimpan misteri. Beberapa kejadian tak biasa kadang juga terjadi terkait dengan kematian ini. salah satu contohnya adalah jasad yang masih ituh meskipun sudah meninggal lama.

 Bikin Penasaran, Ini Lho beberapa Fakta Terkait Kematian.
Bikin Penasaran, Ini Lho beberapa Fakta Terkait Kematian. image [source]

Terkait dengan kematian, banyak hal yang sering menjadi sumber munculnya rasa penasaran di pikiran kita. misalnya saja, setelah mati apakah otak kita masih berfungsi? Kenapa tubuh kita menjadi kaku beberapa saat setelah mati? kenapa juga seseorang yang tenggelam, akan otomatis terapung setelah beberapa jam? jika kamu penasaran dengan pertanyaan pertanyaan tersebut, kamu dapat menemukan jawabannya di artikel ini. untuk info lengkap tentang beberapa fakta terkait kematian simak daftarnya di bawah ini.

1. Penyakit Apa Yang Paling Mematikan Di Seluruh Dunia.

kematian itu tak bisa di hindari oleh siapapun. Meskipun orang itu paginya sehat bisa jadi pada sore harinya, kematian datang menjemput. Meskipun begitu bukan berarti kita lalu bisa seenaknya mengabaikan kesehatan kita lho. Memang benar bahwa baik orang sakit maupun orang sehat akan meninggal namun peluang orang sakit akan mati tentu lebih tinggi. Dan ini sudah terbukti dari data yang di kumpulkan oleh para peneliti. Di dunia ini ada satu penyakit yang paling tinggi menjadi penyebab angka kematian. Penyakit tersebut adalah penyakit jantung.

Penyakit Apa Yang Paling Mematikan Di Seluruh Dunia.
Penyakit Apa Yang Paling Mematikan Di Seluruh Dunia. image [source]

Dalam satu tahun, rata rata ada 8 juta orang meninggal akibat serangan penyakit jantung. Angka 8 juta ini mencapai 15 persen dari total kematian manusia di seluruh dunia. penyebab penyakit jantung rata rata karena terhambatnya aliran pembuluh darah sehingga jantung gagal memompa darah ke seluruh tubuh. Sementara itu pemicu adanya penyakit jantung ini juga bermacam macam antara lain: kebiasaan merokok, diet yang terlalu banyak kolesterol, kelainan tekanan darah tinggi bawaan dan masih banyak lagi pemicunya. Karena penyakit jantung ini sangat berbahaya, maka dengan menghindarinya harapan hidup kita jadi lebih banyak.

2. Kenapa Orang Meninggal Tubuhnya Kaku Setelah Beberapa Saat?

Sekitar 2 jam setelah orang mati, biasanya tubuhnya akan mengalami kekakuan. Dalam dunia forensik fenomena ini dikenal dengan istilah rigor mortis. Siapa lagi yang menyebabkan kekakuan ini kalau bukan ulah otot. Ketika orang sudah meninggal, metabolisme tubuhnya terhenti. Itu artinya proses produksi energi dalam bentuk adenosin triphospat (ATP) juga terhenti. Akibat kekurangan ATP ini, otot akan berkontraksi secara terus menerus.

Kenapa Orang Meninggal Tubuhnya Kaku Setelah Beberapa Saat?
Kenapa Orang Meninggal Tubuhnya Kaku Setelah Beberapa Saat image [source]

Dalam istilah awamnya, otot tubuh orang mati tersebut menjadi terus menerus tegang. Lama waktu terjadinya peristiwa rigor mortis pada orang mati ini, ternyata dimanfaatkan oleh para ahli forensik untuk memprediksi waktu kematian seseorang. Jika tubuh nya masih kaku, berarti kematiannya belum ada 48 jam. namun kalau sudah lemas berarti sudah lebih dari 48 jam. suhu yang hangat ternyata mempercepat proses pangkakuan tubuh orang mati ini lho. Itu sebabnya pada orang tenggelam, tubuh mereka seringkali masih ditemukan lemas dan belum kaku.

3. Sudah Lama Meninggal, Tapi Ketika Makam Di Bongkar Jasad Masih Utuh?

Jasad yang masih utuh meskipun orang sudah meninggal lama, sering ditemui saat dilakukan pemindahan makam. Seluruh tubuhnya utuh seperti seolah olah baru meninggal kemarin. Biasanya jika menemui hal yang seperti ini, maka orang orang akan langsung menganggapnya sebagai keajaiban. Mereka menganggap orang yang jasadnya utuh meskipun sudah meninggal lama tersebut sebagai orang suci atau orang yang punya kelebihan. Ternyata dunia kedokteran punya penjelasan tersendiri mengenai fenomena ini.Setelah orang meninggal, umumnya bakteri akan segera mengurai jasad orang tersebut. namun pada beberapa kasus ada pengecualian.

Sudah Lama Meninggal, Tapi Ketika Makam Di Bongkar Jasad Masih Utuh?
Sudah Lama Meninggal, Tapi Ketika Makam Di Bongkar Jasad Masih Utuh. image [source]

Ketika metabolisme tubuh terhenti maka sel sel lemak akan bereaksi dengan enzim enzim dari bakteri. Enzim dari bakteri ini kemudian akan memecah lemak menjadi asam lemak tak jenuh. Ketika asam lemak tak jenuh ini bereaksi dengan hidrogen maka akan terbentuk jaringan adiposa. Jaringan adoposa ini strukturnya mirip lilin. Ketika struktur mirip lilin ini terbentuk dan membungkus seluruh tubuh, maka bakteri akan kesulitan meneruskan proses pembusukan pada tubuh orang mati tersebut. hasilnya, selama bertahun tahun, mayat orang tersebut masih utuh.

4 Mengapa Terjadi Perubahan Warna Tubuh Yang Tidak Merata.

Setelah meninggal jantung seseorang akan bergenti berdetak. Itu artinya jantung tak lagi memompa jarah untuk tetap mengalir ke seluruh tubuh. Akibar tidak di pompa ini, maka darah akan keluar dari pembuluh darah dan berkumpul di bagian tubuh paling bawah akibat tarikan dari gravitasi bumi. Kalau orang yang meninggal tersebut posisinya terlentang, maka darah akan berkumpul di sisi punggung. Karena darah berkumpul di satu tempat ini, maka yang menhadi pusat kumpul warnanya akan menjadi biru keunguan. Sedangkan di tempat yang tak ada darahnya akan pucat.

Mengapa Terjadi Perubahan Warna Tubuh Yang Tidak Merata.
Mengapa Terjadi Perubahan Warna Tubuh Yang Tidak Merata. image [source]

Kalau proses kakunya otot disebut dengan rigor mortis, maka proses perubahan warna akibat berkumpulnya darah disatu tempat ini disebut dengan Livor mortis. Livor mortis ini bisa juga dipakai sebagai tolak ukur untuk menentukan lama waktu seseorang telah meninggal. Berbagai jenis racun juga bisa menyebabkan perubahan warna yang berbeda pada orang meninggal. Dengan memperhatikan perubahan warna ini, ahli forensik bisa terbantu tentang penyebab kematian seseorang tersebut.

5. Kenapa Tubuh Orang Meninggal Bisa Melepuh.

Tubuh manusia itu sebagian besar. Ketika seseorang meninggal, di beberapa organnya masih ada enzim penguarai zat zat organik. Ketika organ penyimpan enzim pengurai tersebut pecah, maka enzimnya akan menyebar kemana mana menghancurkan bagian tubuh orang mati tersebut dari dalam. Proses ini disebut dengan autolisis. Proses auto lisis ini akan menghasilkan gas. Nah gas gas hasil penguraian zat organik mada orang orang mati inilah yang membuat tubuh orang mati mengalami pembengkakan.

Kenapa Tubuh Orang Meninggal Bisa Melepuh.
Kenapa Tubuh Orang Meninggal Bisa Melepuh. image [source]

Pembengkakan pada orang mati biasanya terjadi setelah beberapa waktu. Pada tubuh yang mulai membengkak ini lalat serta serangga lain akan berdatangan karena tertarik dengan baunya. Mereka akan bertelur menyisakan beberapa anak tinggal di dalam tubuh yang mulai hancur tersebut. lagi lagi, keberadaan lalat serta serangga dalam tubuh orang yang membusuk ini bisa di manfaatkan oleh ahli forensik untuk menentukan berapa lama tubuh tersebut telah mati. wah sepertinya si ahli forensik ini akan memanfaatkan apa saja ya untuk mengetahui kematian seseorang.

Lima fakta terkait kematian yang kami sampaikan di atas semoga bisa menjawab rasa keingintahuanmu ya. Sehingga kematian bukan menjadi misteri dan sumber ketakutan lagi. Karena setiap orang pasti mati, yuk kita manfaatkan sebaik baiknya kesempatan hidup yang telah di berikan pada kita. jangan lupa juga, setelah kehidupan di dunia ini ada juga kehidupan di akhirat. Jadi jangan menyia nyiakan waktu hidupmu yang hanya pendek ini ya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *