Sedang memuat 4 Festival Di Bali Paling Ditunggu Oleh Seluruh Dunia

4 Festival Di Bali Paling Ditunggu Oleh Seluruh Dunia

Bali adalah pulau seribu Pura, julukan tersebut diberikan karena di Bali banyak berdiri tempat ibadah umat Hindu yang disebut dengan Pura. Selain terkenal karena adatnya yang terjaga hingga saat ini, Bali juga menjadi rumahnya festival atau perayaan.

Dalam hari-hari tertentu, sebagai wujud rasa syukur maupun untuk tujuan tertentu lainnya, Bali ramai dikunjungi wisatawan yang ingin menyaksikan secara langsung keseruan festival di bumi Dewata tersebut. Penasaran ada festival apa saja di Bali? Berikut ini ulasan selengkapnya.

1. Festival Ciuman Massal

Kebanyakan masyarakat Indonesia masih menganggap ciuman di depan umum adalah hal yang tabu. Tapi tidak demikian bagi warga Banjar Kaja Desa Sesetan, Denpasar Bali. Bagi mereka ada saat dimana ciuman dipercaya dapat menghalangi warga desa dari wabah penyakit dan malapetaka.

Ciuman massal
Festival Ciuman Massal [ Image Source ]

Ciuman pun dilakukan secara massal dengan guyuran air dari para tetua desa. Tradisi turun temurun ini dikenal dengan sebutan Omed-omedan dan digelar sehari setelah pelaksanaan hari Raya Nyepi.

2. Galungan

Galungan adalah hari raya bagi umat Hindu yang diadakan setiap enam bulan sekali. Perayaan Galungan di Bali biasanya bertabur dengan banyak sekali hiasan. Hiasan itu disebut dengan Penjor. Penjor akan banyak ditemui di ruas-ruas jalanan di Bali.

Galungan
Galungan [ Image Source ]

Galungan sendiri memiliki banyak makna. Salah satunya adalah sebagai bentuk rasa syukur pada Sang Pencipta atas anugerah yang telah didapatkan berupa rizky dan kesejahteraan. Penjor dibuat dari bahan-bahan hasil pertanian yang dirangkai sedemikian rupa hingga nampak indah sebagai hiasan.

3. Pawai Ogoh-ogoh

Nyepi juga merupakan hari raya bagi umat Hindu. Sehari sebelumnya ada ritual yang disebut dengan Pengrupukan. Pada hari itu masyarakat Hindu di Bali akan menggelar pawai Ogoh-ogoh. Yaitu sebuah patung berukuran besar yang menggambarkan Bathara Kala sebagai Raksasa Jahat.

Pawai Ogoh-ogoh
Pawai ogoh-ogoh [ Image Source ]

Ogoh-ogoh yang dibuat dalam berbagai rupa dan bentuk akan diarak keliling desa dan kota. Selain bentuk raksasa, ada juga Ogoh-ogoh dalam bentuk lain seperti tokoh-tokoh kartun binatang dan lain sebagainya yang dibuat sedemikian rupa agar nampak seram.

4. Festival layang Layang

Cuaca di Bali begitu nyaman, apalagi ketika menginjak bulan Juni hingga Agustus di mana suasananya diliputi dengan angin. Penduduk bali memanfaatkan angin yang berhembus kencang itu untuk menggelar Festival layang-layang. Festival ini cukup besar bahkan terkanal hingga ke luar negeri.

Festival layang layang
Festival layang layang [ Image Source ]

Layang-layang yang diterbangkan di Festival ini pun beragam bentuk dan ukurannya. Sesuai dengan kreatifitas pembuatnya. Saking banyaknya langit Bali pun seolah-oleh dipenuhi oleh layang dengan berbagai desain dan ukuran.

Itulah beberapa Festival yang ada di Pulau Bali. Tertarik bukan untuk menyaksikannya secara langsung, pasti seru abis.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *