Sedang memuat 7 Film Indonesia Yang Bikin Penonton Langsung Baper Massal

7 Film Indonesia Yang Bikin Penonton Langsung Baper Massal

Kita bisa menyampaikan banyak hal lewat film. Mulai dari cerita sedih, inspiratif, dan masih banyak lagi. Tak heran jika kemudian banyak orang yang memiliki hobi nonton film. Bahkan, nonton film juga bisa membuat kita menemukan solusi atas masalah yang kita alami lho.

Tak jarang, film-film yang kita tonton juga membuat kita terhanyut dalam ceritanya. Alhasil, suasana hati yang awalnya baik-baik saja, eh malah jadi galau setelah nonton film. Nah, jika kamu suka nonton film romantis, berikut adalah beberapa film Indonesia yang bisa bikin penonton langsung baper massal.

1. Gita Cinta dari SMA

Film yang dibuat pada tahun 1979 ini memang pernah booming di tanah air. Karakter utama di film ini diperankan oleh aktor dan aktris papan atas pada masa itu, yakni Rano Karno, Yessi Gusman, Ade Irawan, dan Adisoerya Abdi. Seakan tak mau setengah-setengah, musik latar untuk film ini bahkan dibuat langsung oleh Guruh Soekarnoputra. Tak heran jika sampai sekarang pun, soundtrack dari film ini masih sering diputar.

Gita Cinta dari SMA [image source]
Gita Cinta dari SMA [image source]

Gita Cinta dari SMA menceritakan tentang kisah percintaan dua pelajar SMA. Meski keduanya saling mencintai, Galih (Rano Karno) dan Ratna (Yessi Gusman) dipaksa untuk berpisah. Orang tua Ratna yang berasal dari etnis Jawa tidak mau anaknya menjalin hubungan dengan Rano yang diceritakan berasal dari etnis Sunda.

2. Eiffel I’m In Love

Film yang disutradarai oleh Nasri Cheppy ini pernah membuat penonton jadi baper massal, khususnya para remaja. Dirilis pada tahun 2003, film drama remaja tersebut diangkat dari sebuah novel laris berjudul sama karya Rachmania Arunita. Film ini menceritakan tentang kisah cinta antara seorang gadis SMA bernama Tita (Shandy Aulia) dan seorang mahasiswa bernama Adit (Samuel Rizal).

Eiffel I'm In Love [image source]
Eiffel I’m In Love [image source]

Keduanya dikisahkan akan dijodohkan karena orang tua mereka adalah teman lama. Dari situ, muncul banyak konflik yang mewarnai hubungan keduanya. Selain memiliki alur cerita yang bikin penasaran, film ini juga mempunyai musik latar yang oke punya lho. Tentu saja hal itu tak lepas dari campur tangan musisi ternama Indonesia, Melly Goeslaw dan Anto Hoed, yang kita tahu sering sekali dilibatkan dalam pembuatan soundtrack film.

3. Habibie & Ainun

Film drama yang dirilis pada 20 Desember 2012 ini berhasil menghebohkan tanah air. Pasalnya, film yang menceritakan kisah hidup Presiden ke-3 Indonesia, Bacharuddin Jusuf Habibie dan istrinya Hasri Ainun Habibie, ini mampu memecahkan rekor perfilman Indonesia. Hanya dalam waktu 7 hari, film ini berhasil meraih 1,030,000 penonton.

Habibie & Ainun [image source]
Habibie & Ainun [image source]

Tak disangka, kisah percintaan antara Habibie dan Ainun sangat menarik minat masyarakat Indonesia. Dibintangi oleh  Reza Rahardian sebagai Habibie dan Bunga Citra Lestari sebagai Ainun, chemistry di antara keduanya sukses membuat penonton langsung baper massal. Cerita dari film ini memang sangat menyentuh sebab dibuat berdasarkan memoar yang ditulis sendiri oleh Habibie tentang istrinya.

4. Ayat-Ayat Cinta

Ayat-Ayat Cinta juga menjadi salah satu film yang sukses membuat penonton langsung baper massal. Dirilis pada 28 Februari 2008, film ini menggambarkan kisah cinta yang bernapaskan Islam. Fahri bin Abdillah yang diperankan oleh Fedi Nuril sedang berusaha menggapai gelar masternya di Al-Azhar. Dia kemudian dipertemukan dengan Aisha Greimas yang kala itu diperankan oleh Rianti Cartwright.

Ayat-Ayat Cinta [image source]
Ayat-Ayat Cinta [image source]

Dalam film ini, isu poligami diangkat ke permukaan untuk memberi gambaran tentang betapa susahnya hubungan semacam itu. Karena ceritanya yang menarik dan bikin penasaran, film ini pun menjadi film terlaris produksi MD, yang berhasil meraih 3,8 juta penonton dalam waktu 1 bulan. Selain Fedi Nuril dan Rianti Cartwright, film yang disutradarai oleh Hanung Bramantyo ini juga dibintangi Carissa Putri, Zaskia Adya Mecca, dan Melanie Putria.

5. Ada Apa Dengan Cinta?

Ada Apa Dengan Cinta? 2 masih menjadi perbincangan hangat hingga kini. Efek nostalgia dari film ini rasanya belum bisa surut sampai sekarang. Bahkan setelah 14 tahun dan baru ada sekuelnya tahun ini, masyarakat tetap menyambut kehadiran film romantis tersebut dengan minat besar. Tak ayal, pemutaran AADC? 2 berhasil meraih 1 juta penonton hanya dalam waktu 5 hari.

Ada Apa Dengan Cinta? [image source]
Ada Apa Dengan Cinta? [image source]

Film Ada Apa Dengan Cinta? sendiri dirilis pertama kali pada 7 Februari 2002. Film ini juga dianggap sebagai salah satu film yang menandai kebangkitan kembali perfilman Indonesia, setelah sebelumnya Petualangan Sherina booming terlebih dulu. Ada Apa Dengan Cinta? kala itu juga dibintangi oleh beberapa aktor dan aktris muda berbakat yakni Dian Sastrowardoyo, Nicholas Saputra, Titi Kamal, Ladya Cherill, Sissy Priscillia, Adinia Wirasti, dan Dennis Adhiswara.

6. Heart

Masih ingat film Heart? Film drama yang dirilis pada 11 Mei 2006 ini sukses bikin penonton jadi baper massal. Pasalnya, Heart berhasil membuat penonton terhanyut ke dalam ceritanya, yang kala itu menampilkan akting keren dari Nirina Zubir dan Irwansyah. Gara-gara bermain di film ini, Nirina pun sukses meraih Piala Citra untuk kategori Aktris Terbaik.

Heart [image source]
Heart [image source]

Dalam film yang disutradarai Hanny R. Saputra ini, penonton dibuat terhanyut dengan kisah cinta antara dua manusia yang sudah bersahabat sejak kecil. Rachel (Nirina Zubir) sudah menyukai Farel (Irwansyah) sejak kecil, namun sayangnya sahabatnya itu tak pernah menangkap sinyal-sinyal yang diberikan oleh Rachel. Farel justru langsung jatuh cinta pada pandangan pertama pada seorang gadis bernama Luna (Acha Septriasa).

7. Badai Pasti Berlalu

Badai Pasti Berlalu adalah sebuah film drama populer yang diproduksi pada tahun 1977. Kemudian film ini dibuat ulang pada tahun 2007, yang kala itu dibintangi oleh Vino Bastian, Wingky Wiryawan, dan Raihaanun. Sementara di film sebelumnya, Badai Pasti Berlalu menampilkan akting keren dari Slamet Rahardjo, Christine Hakim, dan Roy Marten.

Badai Pasti Berlalu [image source]
Badai Pasti Berlalu [image source]

Film yang berhasil bikin penonton baper massal ini diangkat dari novel laris dengan judul sama karya Marga T. Film ini bercerita tentang seorang wanita bernama Siska yang baru dikhianati oleh kekasihnya. Dia lalu bertemu dengan seorang pria bernama Leo, teman kuliah kakaknya. Siska yang merasa bahwa perasaan Leo tulus padanya, langsung jatuh hati kepada pria itu. Tak disangka, Leo ternyata cuma memanfaatkan Siska sebagai taruhan bersama teman-temannya.

Inilah film-film romantis Indonesia yang bakal bikin kamu baper saat nonton. Eits, tapi jangan kelamaan ya bapernya! Hidup ini terlalu indah untuk selalu kamu galauin.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *