Sedang memuat Tips Bagi Yang Menderita Gangguan Serangan Panik

Tips Bagi Yang Menderita Gangguan Serangan Panik

Ini Bagi Kamu Yang Sering Panik Tiba-Tiba

Setiap orang pasti pernah panik. Biasanya panik tersebut muncul ketika kita dihadapkan pada situasi yang sulit sementara kita belum siap menghadapinya. Misalnya saja, saat tiba giliran kita untuk presentasi di depan kelas, namun bahan bahan presentasi masih dibawa oleh teman yang telat datang. Mendadak kita akan berkeringat dingin, perut terasa mulas dan muncul dorongan untuk BAB. Gejala-gejala seperti itu merupakan gejala umum orang yang terkena serangan panik.

Gangguan Serangan Panik
Gangguan Serangan Panik. image [source]

Kalau kamu mengalami panik hanya sekali-atau dua kali dalam sebulan, maka kamu masih berada dalam tahap gangguan panik wajar. Namun jika panik tersebut muncul 5 kali dalam sehari dan intensitasnya lama, kemungkinan besar kamu menderita gangguan psikologis gangguan serangan panik. Gangguan serangan panik yang sering muncul tersebut tentu saja sangat menyiksa dan perlu untuk segera dihentikan. Jika terus menerus dibiarkan, takutnya gangguan serangan panik tersebut bisa berefek bagi kesehatan fisik kamu. Berikut beberapa fakta tentang serangan panik yang mungkin saja bisa membantumu mengurangi dampak buruk dari serangan panik tersebut.

1. Serangan Panik Bisa Muncul Kapan Saja.

Tak ada angin dan tak ada hujan, tiba tiba kamu merasa cemas berlebihan? Ya serangan panik memang kadang muncul akibat alasan tertentu, namun kadang bisa juga muncul tanpa perlu alasan. Munculnya serangan panik tanpa alasan yang jelas ini terutama terjadi pada penderita gangguan panik yang sudah parah. Pada penderita gangguan panik parah, rasa panik bisa muncul bahkan ketika mereka sedang istirahat atau pun sedang tidur. Seringkali serangan panik tersebut muncul berkali-kali dalam rentang waktu yang singkat.

Serangan Panik Bisa Muncul Kapan Saja.
Serangan Panik Bisa Muncul Kapan Saja. image [source]

Pemicu serangan panik pada penderita yang parah ini bisa berupa hal-hal sepele misal, melewati jalan yang sepi, menyeberangi jembatan atau bertemu dengan hewan-hewan tertentu seperti laba-laba. Biasanya pemicu serangan panik ini merupakan hal-hal yang berhubungan dengan peristiwa traumatis di masa lalu. Begitu melihat sesuatu yang memiliki hubungan dengan pengalaman traumatis, otak akan dengan cepat menghubung-hubungkan penampakan benda tersebut dengan memori traumatis. Akibatnya panik pun muncul dengan tiba tiba.

2. Gejala Parah Serangan Panik.

Untuk mengetahui apakah kamu merupakan penderita serangan panik atau tidak, maka ada beberapa tanda yang bisa kamu amati pada dirimu sendiri. Beberapa tanpa tersebut antara lain: sering mengalami panik yang muncul tanpa alasan, mulai cemas dan merasa takut kalau-kalau kamu akan mengalami panik lagi. Gejala ketika adalah serangan panik tersebut mulai mengubah perilakumu. Kamu mulai menghindari tempat-tempat tertentu dimana kamu pernah mengalami kepanikan.

Gejala Parah Serangan Panik.
Gejala Parah Serangan Panik. image [source]

Kebanyakan serangan panik memang hanya berlangsung sementara, namun pengalaman traumatis akibat panik tersebut akan terseimpan selamanya di pikiran. Dari waktu ke waktu pengalaman traumatis akibat serangan panik tersebut selalu menghantui pikiranmu. Kamu mulai cemas, jangan jangan nanti serangan panik muncul lagi ketika kamu sedang nongkrong bersama teman, jangan jangan nanti serangan panik muncul ketika sedang belanja di mall. Akibat ketakukan akan muncul serangan panik baru tersebut, kamu jadi menghindari nongkrong dengan teman, kamu jadi menghindari belanja di supermarket. Akibat serangan panik, kamu jadi mengurung diri. jika sampai rasa panik mengubah perilakumu maka kamu berada di tahap gangguan panik parah.

3. Serangan Panik Yang Parah Bisa Memicumunculny Agarophobia.

Agarophobia merupakan ketakutan berada di ruang-ruang publik dan ruang terbuka lainnya. Munculnya fobia yang satu ini sepertinya sangat berkaitan dengan terjadinya serangan panik pada diri seseorang. Dorongan awalnya mungkin orang yang menderita serangan panik parah tersebut tidak mau terlihat panik saat berada di ruang publik. Terlihat panik diruang publik bagi si penderita menimbulkan rasa malu. Karena tak ingin merasa malu tersebut ada dorongan dari dalam diri untuk menghindari tempat-tempat publik tersebut. Ia kemudian mengurung diri di dalam rumah, karena rumah merupakan satu-satunya tempat aman.

Serangan Panik Yang Parah Bisa Memicumunculny Agarophobia
Serangan Panik Yang Parah Bisa Memicumunculny Agarophobia. image [source]

Gangguan serangan panik yang parah bisa memunculkan fobia berjenis Agarophobia. Beberapa perilaku yang ditunjukkan oleh penderita Agarophonia ini antara lain selalu merasa cemas ketika harus menghadapi situasi-situasi berikut. Situasi pertama, berada jauh dari rumah, bepergian, atau mengendarai kendaraan sendiri tanpa aa yang menemani. Situasi kedua, pergi ke tempat-tempat yang tertutup dan hanya ada sedikit pintu keluar masuk seperti bioskop, restoran atau pun mall. Situasi yang ketiga, pergi ke acara-acara reuni, atau kumpul bersama teman. Jika gejala-gejala ini ada padamu maka kamu perlu segera berkonsultasi dengan terapis agar phobia tersebut tidak menganggu aktivitasmu.

4. Penyebab Munculnya Serangan Panik.

Gangguan serangan panik memang masih menjadi misteri, terutama mengenai apa yang menjadi penyebabnya. Namun ada sebuah pola yang menunjukkan bahwa gangguan serangan panik ini menurun. Artinya kalau kamu punya gangguan serangan panik, maka keturunanmu punya resiko yang sama besar punya masalah tersebut. Gangguan psikologis yang satu ini juga bisa muncul akibat pengalaman traumatis di masa lalu. Dari beberapa penelitian mengungkapkan bahwa mulai muncul gangguan serangan panik biasanya terkait dengan masa-masa perubahan fase hidup seseorang. Sebagian besar gangguan serangan panik tersebut di mulai ketika mereka lulus kuliah, sehabis menikah atau beberapa waktu setelah punya anak.

Penyebab Munculnya Serangan Panik
Penyebab Munculnya Serangan Panik. image [source]

Dari beberapa kasus yang pernah terjadi, kemunculan gangguan serangan panik ternyata berkaitan juga dengan kondisi kesehatan seseorang. Beberapa penyakit yang menyerang organ tubuh mampu memicu terjadinya gangguan serangan panik. Maka itu, sebagian dokter menyarankan untuk mengecek kondisi kesehatan tubuh jika tiba-tiba muncul serangan panik tanpa alasan tersebut. Berikut ini beberapa gangguan kesehatan yang sering terkait dengan munculnya rasa panik. Beberapa penyakit tersebut adalah katup jantung yang tidak mampu menutup sempurna, terlalu aktifnya kelenjar tiroid, rendahnya kadar gula dalam darah, penggunaan obat-obat pendongkrak stamina, dan pemakaian beberapa obat media dalam jangka waktu lama.

5. Penanganan Terhadap Gangguan Serangan Panik.

Seiring dengan kesadaran orang bahwa gangguan serangan panik bisa menurunkan produktifitas seseorang, maka terapi untuk menyembuhkan pun semakin diperlukan. Ada 2 bentuk terapi yang bisa dilakukan untuk mengurangi tingkat keparahan dari serangan panik ini. cara pertama adalah dengan terapi kognitif. Pada terapi kognitif ini, semua penyebab yang bisa memicu munculnya rasa panik di daftar. Kemudian si penderita diberi penjelasan bahwa pemicu panik tersebut tidak akan memberikan efek yang membahayakan nyawanya. Misalnya saja, jika ada orang yang merasa panik ketika berada di mall, maka si terapis menyadarkan bahwa kemungkinan terburuk jika ada di mall hanyalah di lihat orang. dilihat orang tidak akan membuat si penderita panik mengalami celaka. Dengan menyadari bahwa efek terburuk dari kepanikan tidak akan membuat si penderita celaka, rasa panik tersebut pun akan makin berkurang.

Penanganan Terhadap Gangguan Serangan Panik.
Penanganan Terhadap Gangguan Serangan Panik. image [source]

Cara ke dua dalam mengatasi gangguan serangan panik adalah dengan menggunakan obat-obat tertentu. Obat-obatan ini biasanya diberikan pada penderita yang mengalami gangguan serangan panik parah. Beberapa obat yang digunakan antara lain: anti depresan dan benzodiazepines. Obat yang disebut pertama bereaksi satu minggu setelah dikonsumsi. Fungsinya menekan rasa cemas yang muncul pada diri seseorang. Sedangkan obat yang kedua bekerja dalam jangka waktu yang lebih singkat, yaitu sekitar 30 menit.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *