Ikuti Tiga Tips Gaya Hidup Sederhana ala Putra Mahkota Grup Djarum ini

Menjadi anak orang terkaya di indonesia, bukan berarti hidup mewah dan berfoya foya. Prinsip ini jugalah yang diterapkan oleh Armand Wahyudi Hartono. Dia adalah putra mahkota dari Robert Budi Hartono, orang terkaya di indonesia dan pemilik grup Djarum.

Berdasarkan data Forbes 2015 kekayaan dari Budi Hartono ini mencapai 8,7 miliar dolar AS. Jika diuangkan dalam rupiah jumlah tersebut mencapai Rp 113 triliun. Data terbaru menyebutkan kekayaan bos Djarum ini bahkan sudah mencapai Rp 200 trilyun. Meskipun punya kekayaan sebesar itu, pemilik grup Djarum tersebut tetap rendah hati. Terbukti dia jarang muncul ke publik. Seperti ayahnya yang rendah hari, putra mahkota bos Djarum-Armand Wahyudi Hartono, inipun memiliki gaya hidup sederhana. Beberapa gaya hidup yang ia terapkan di tengah tengah bergelimangan harta tersebut antara lain:

gaya-hidup-sederhana-dan-hemat-bos-djarum

Image [source]

1. Berhemat

Armand Wahyudi Hartono menerapkan gaya hidup hemat dalam kesehariannya. Dirumahnya energi listrik di hemat sebisa mungkin. Dia tidak berkeberatan tidur sambil berpanas panas karena ac dimatikan begitu ia mulai mengantuk.

“Dari listrik, kita bisa saving. Nyalain AC sebentar. Kalau sudah dingin, begitu mau tidur, kita matikan”, ungkapnya ketika di wawancarai di Jakarta 21 April 2016, “Kan paling penting pas mau tidurnya, di tengah tengah-tengah panas dikit gak apa-apalah”.

Gaya kidup hemat tersebut juga diterapkan dalam hal makan. Dalam kesehariannya, dia makan cukup di kantin saja. Baru ketika melayani nasabah nasabah besar dia makan di tempat yang bagus. Sebagai tambahan informasi, saat ini Armand Wahyudi Hartono diangkat menjadi wakil direktur utama BCA pada rapat umum pemegang saham tahunan 2016 ini.

2. Menerapkan Konsep “SRI”

Apa itu SRI? Berdasarkan penjelasannya, SRI merupakan singkatan dari simpanan, riset dan investasi. Menurutnya penting bagi setiap orang untuk melakukan investasi secara terukur. Meskipun dia tidak mengungkapkan berapa besar investasi yang dia lakukan saat ini. Berdasarkan penjelasan anak pemilik grup Djarum tersebut, pertama kali yang harus dilakukan orang adalah punya simpanan. Setiap orang sebaiknya rajin-rajin menyimpan. Setelah simpanannya banyak, barulah orang tersebut melakukan riset. Riset tersebut perlu dilakukan untuk mengetahui  akan diinvestasikan kemana uang simpanannya tersebut.

Riset sebelum melakukan investasi sangatlah penting. Penyebabnya adalah, dalam setiap investasi pasti ada resiko. Tidak ada investasi yang 100 % untung. Jika ada yang menjanjikan investasi 100 % untung, kemungkinan orang tersebut penipu.  Menanggung rugi akibat investasi itu hal yang wajar. Oleh karena itu disarankan setiap orang melakukan riset sebelum melakukan investasi untuk menghindari kerugian yang besar.

3. Merasa Cukup

Sebagai orang Jawa, Armand Wahyudi Hartono menerapkan filosofi jawa tentang kecukupan. Baginya tidaklah penting menjadi yang ter-. Entah itu terbesar, terbaik, terdepan atau ter-ter yang lain. Filosofi kecukupan orang Jawa tersebut ia terapkan dalam menjalankan  bank yang ia pimpin. Menurutnya bank yang ia pimpin tidak perlu menunjukan diri sebagai bank yang terbesar. Baginya cukup menunjukkan bahwa bank yang ia pimpin adalah bank yang sehat, konsisten di pembayaran serta menambah jaringan di tempat yang membutuhkan.

Cukup bagus bukan tips gaya hidup dari putra mahkota orang terkaya di Indonesia ini. Yuk coba kita terapkan dalam kehidupan sehari hari kita. Syukur syukur bisa diterapkan juga prinsip kesederhanaanya dalam menjalankan usaha atau kerja yang kita miliki. Semoga berhasil.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *