Ini 5 Bencana Gempa Bumi Yang Paling Dahsyat Dalam Sejarah.

Cukup Mengerikan ya Bencana Alam Akibat Gempa Ini

Akhr akhir ini gempa bumi sering terjadi di berbagai wilayah Indonesia. meskipun kekuatannya tidak terlalu besar namun gempa yang terjadi berulang kali tersebut tentu saja membuat banyak orang ketakutan. Pasalnya beberapa tahun yang lalu banyak wilayah Indonesia yang menjadi korban peristiwa gempa dahsyat dan kadang disusul dengan tsunami. Terakhir pada 7 desember 2016 kemarin wilayah pidie jaya aceh terkena gempa berkekuatan 6.3 skala ritcher yang terjadi pada pukul 05.03.36 WIB. Akibat peristiwa tersebut, sedikitnya 101 orang meninggal dan banyak yang mengalami luka luka. Sebelumnya wilayah jawa dan sumatra pun pernah diguncang gempa dahsyat yang guncangannya dapat dirasakan oleh sebagian besar penduduk Indonesia.

Ini 5 Bencana Gempa Bumi Yang Paling Dahsyat Dalam Sejarah.
Ini 5 Bencana Gempa Bumi Yang Paling Dahsyat Dalam Sejarah. image [source]

Selain terjadi di wilayah Indonesia, ternyata gempa juga sering terjadi di berbagai belahan dunia. Bahkan magnitudo dari gempa dahsyat yang pernah terjadi tersebut lebih besar dari gempa yang menghantam pulau Jawa pada tahun 2006 yang lalu. selain menghancurkan bangunan, gempa dahsyat yang terjadi di berbagai belahan dunia ini juga membuat banyak orang terluka. Mau tau peristiwa gempa dahsyat yang pernah terjadi tersebut? Kapan terjadinya, dimana tempat terjadinya dan menelan berapa banyak korban? Berikut ini daftarnya.

1.Gempa Mematikan Di Valdivia Chile Pada 1960.

Valdivia adalah sebuah wilayah kecil di Chile. Pada tanggal 22 mei 1960 wilayah ini di guncang gempa dengan kekuatan 9.5 skala ritcher. Kekuatan gempa ini setara dengan 1000 bom atom diledakan secara bersamaan. Jika diukur energi yang dihasilkan gempa ini mencapai 178 gigaton tenaga kuda. Yang membuat gempa Valdivia di chile ini terasa dahsyat adalah durasi gempanya yang berlangsung selama 10 menit. Untung saja gempa ini terjadi pada pukul 15.11 waktu lokal. Waktu waktu dimana orang masih terbangun dan sibuk beraktifitas.

Gempa Mematikan Di Valdivia Chile Pada 1960.
Gempa Mematikan Di Valdivia Chile Pada 1960. image [source]

Meskipun terjadi ketika orang masih terjaga, gempa dahsyat di valdivia Chile ini menelan tak kurang dari 6000 nyawa manusia. Guncangannya pun terasa hingga Hawaii, Jepang, Filipina, Selandia Baru, Australia dan beberapa wilayah lain. akibat gempa wilayah di sekitar pusat gempa di terjang gelombang Tsunami setinggi 10 meter. Gelombang tersebut menyebar hingga radius 10 ribu kilometer dari pusat gempa. Kerugian materi yang diakibatkan oleh gempa dahsyat ini mencapai 1 trilyun lebih. Penderitaan penduduk di sekitar pusat gempa pun masih terus berlanjut akibat gunung setempat menyemburkan abu setinggi 6000 meter selama semingguan lebih.

2.Gempa Dan Tsunami Yang Menerjang Alaska Pada 1964.

Gempa yang mengguncang alaska ini terjadi pada 27 maret 1964. Sebuah gempa dengan kekuatan 9.2 skala ritcher menguncang wilayah Alaska dan pulau Prince William Sound. Pusat gempa nya berada 25 kilometer di bawah permukaan tanah dan berada di daratan. berlangsung selama 4.5 menit, gempa ini merupakan gempa paling dahsyat yang pernah terjadi di wilayah Amerika.

Gempa Dan Tsunami Yang Menerjang Alaska Pada 1964.
Gempa Dan Tsunami Yang Menerjang Alaska Pada 1964. image [source]

Gempa dahsyat ini masih memicu terjadinya tanah longsor di wilayah Anchorage dan beberapa wilayah mengalami kenaikan ketinggian tanah sebesar 11 meter. Beberapa saat setelah gempa berakhir, gelombang Tsunami setinggi 67 meter menerjang teluk Valdez dan membunuh 128 orang. total kerugian materi yang diakibatkan oleh gempa dahsyat di Alaska ini mencapai $311 juta dolar Amerika Serikat. Gelombang pasang pun menyebar hingga ke wilayah Porto Rico.

3.Gempa Dahsyat Dan Gelombang Tsunami Yang Menerjang Pantai Barat Sumatra.

Sebuah gempa dahsyat menguncang samudra hindia pada 26 desember 2004. Pusat gempanya berada di sebelah barat pulau sumatra magnitude dari gempa dahsyat ini mencapai 9.1 skala ritcher. Gempa dipicu oleh tumbukan lempeng lempeng hindia bertumbukan dengan lempeng tektonik burma. Selain mempunyai magnitudo yang besar, gempa ini juga berlangsung cukup lama, yaitu sekitar 10 menitan. Gelombang Tsunami kemudian juga muncul yang menyapu beberapa wilayah dengan ketinggian mencapai 30 meter.

Gempa Dahsyat Dan Gelombang Tsunami Yang Menerjang Pantai Barat Sumatra.
Gempa Dahsyat Dan Gelombang Tsunami Yang Menerjang Pantai Barat Sumatra. image [source]

Negara yang paling parah terkena dampal dari gempa dahsyat ini adalah Indonesia, disusul Srilanka, India dan Thailand. total korban nyawa mencapai 230.000 orang lebih. Gempa dirasakan hampir oleh seluruh penduduk dunia. Akibat tumbukan lempeng tektonik di samudra hindia ini, bumi bergetar dengan amplitudo mencapai 1 centimeter lebih. Gempa di wilayah sumatra ini juga memicu gempa gempa lain termasuk yang terjadi di wilayah Alaska. Dunia pun ikut bersimpati dengan banyaknya korban meninggal. Total donasi yang berhasil dikumpulkan dari seluruh dunia mencapai $14 trilyun dolar amerika serikat.

4.Gempa Dan Tsunami Yang Menerjang Kamchatka

Wilayah rusia yang satu ini kerap dilanda gempa bumi. Salah satu gempa paling dahsyat di wilayah Kamchatka ini terjadi pada 4 November 1952. Kamchatka merupakan wilayah pegunungan. Di bawah nya terdapat pertemuan lempeng tektonik pasifik dan lempeng Okhotsk. Ketika lempeng tektonik pasifik menyelinap di bawah lempeng tektonik Okhotsk ini maka gempa dengan magnitudo 9.0 skala ritcher pun terjadi. Gempa dengan kekuatan besar ini kemudian memicu munculnya gelombang tsunami yang menyebar hingga Hawaii.

Gempa Dan Tsunami Yang Menerjang Kamchatka
Gempa Dan Tsunami Yang Menerjang Kamchatka. image [source]

Untungnya dalam peristiwa gempa dahsyat ini, tidak ada korban manusia satu pun. Cuma beberapa perahu penduduk yang tinggal di teluk dekat Kamchatka hancur. Kerugian materi mencapai $1 juta dolar amerika. Peristiwa yang unik juga terjadi, yaitu 5 sapi peternak lokal yang hilang tersapu gelombang tsunami dan terbawa hingga jarak 3000 mill lebih. Selain terjadi pada tahun 1952, wilayah Kamchatka ini kembali diguncang gempa selama beberapa kali. Namun gempa yang paling kuat terjadi pada 1951 ini.

5. Gempa Aleppo 11 Oktober 1138

Peristiwa gempa yang menimpa wilayah Aleppo Syria ini diketahui dari catatan sejarah. Seorang penulis dari damaskus yang bernama Ibn al-Qalanisi menulis bahwa pada 11 oktober 1138, Aleppo di luluh-lantakkan oleh serangkaian peristiwa gempa. Gempa bermula pada tanggal 10 oktober. Akibat gempa yang pertama tersebut, sebagian besar warga Aleppo pada jaman dahulu mengungsi ke tempat terbuka. Benar saja sehabis gempa pertama tersebut Aleppo digunjang lagi dengan gempa dahsyat yang menghancurkan istana kerajaan serrta rumah rumah penduduk yang rata rata terbuat dari bebatuan.

Gempa Aleppo 11 Oktober 1138
Gempa Aleppo 11 Oktober 1138. image [source]

Di perkirakan, gempa yang menerjang Aleppo pada jaman dahulu ini mempunyai kekuatan 8.5 skala ritcher. Tenaga yang dihasilkan dari gempa pun mencapai 2.8 gigaton. Para penjaga istana yang roboh pun ikut menjadi korban. Jumlah mereka mencapai 500 orang tentara. Sementara itu angka kematian dari warga sipil mencapai 230 ribu orang. banyak pihak yang menganggap bahwa gempa yang menimpa aleppo pada masa lalu ini merupakan gempa terdahsyat no 4 yang pernah terjadi di dunia. Tidak Cuma Aleppo, beberapa kota disekitar pusat gempa juga ikut hancur dan perlu di bangun ulang agar bisa di tinggali.

Gempa memang peristiwa alam yang tidak bisa di prediksi. Yang bisa dilakukan hanyalah meminimalisisir efek yang diakibatkan ketika terjadi. Caranya adalah dengan bersembunyi di tempat aman ketika terjadi gempa, jauhi struktur bangunan yang modah roboh ketika terjadi gempa. Kita juga perlu membuat bangunan yang tahan terhadap goncangan gempa apabila tinggal di wilayah yang sering dilanda gempa. Yang paling utama ketika terjadi gempa kita tidak boleh panik. Rata rata korban gempa terjadi karena mereka panik dan berlindung di tempat yang salah. Ketika kita siap mengahadapi gempa maka korban pun dapat diminimalkan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *