Sedang memuat Bayangkan Jika Halte Bus Unik Ini Ada Di Kotamu, Dijamin Orang Orang Akan Rela Antri Untuk Sekedar Menunggu Bus Datang.

Bayangkan Jika Halte Bus Unik Ini Ada Di Kotamu, Dijamin Orang Orang Akan Rela Antri Untuk Sekedar Menunggu Bus Datang.

Kreatif Ya Ide Mereka

Kata orang menunggu adalah hal yang paling membosankan. Apalagi kalau yang kita tunggu tunggu tersebut tidak peka dan malah jadian sama cewek lain. selain bosan, rasanya juga sakit. terkait dengan aktivitas menunggu ini, kita semua pasti pernah kan punya pengalaman menunggu bus. Bagi banyak orang menunggu bus itu sebuah pengalaman yang menyebalkan. Alasannya, selain kadang waktu kedatangan bus tidak pasti, kita juga harus berdiri di pinggir jalan. Belum lagi jika halte tempat kita nunggu bus tersebut bangunannya sudah tua tak terurus. Mau duduk, kursinya sudah karatan semua, tapi kalau berdiri capek. Kalau tiba tiba hujan kadang tak ada atap untuk berteduh, kalau cuaca pas panas pun, kulit kita jadi kering kerontang.

Desain Halte Bus Unik
Desain Halte Bus Unik image [source]

Meskipun punya pengalaman buruk saat nunggu bus, pasti pernah punya pengalaman menyenangkan juga kan? Misalnya saja, ketemu cewek cantik atau cowok ganteng dan berakhir dengan jadian. Terlepas dari membosankan atau menyenangkan pengalaman yang didapat para pengguna bus, di masa depan penggunaan bus ini sepertinya akan semakin di maksimalkan. Alasannya saat ini jalanan sudah penuh sesak oleh motor dan kendaraan pribadi. Jika ingin mengatasi kemacetan tersebut, mau tidak mau pemerintah harus mampu mengajak warganya untuk makin sering menggunakan bus umum sebagai alternatif transportasi. Di negara negara Eropa penggunaan bus ini sudah digalakkan lho. Bahkan mereka berusaha semaksimal mungkin membuat pengguna bus merasa betah dan nyaman. Salah satu upayanya adalah dengan membangun ruang tunggu bus yang menarik. Ketika kita menunggu bus di halte dan shelter bus umum di luar negeri tersebut, dijamin rasa bosan tidak akan datang menghampiri. Sebagai gantinya rasa senang dan keceriaan akan kita rasakan setiap kali menunggu bus. Penyebabnya adalah desain dari halte bus yang unik serta menarik. Biar tidak membayang bayangkan desain halte bus yang ada di kota kota eropa tersebut sebaiknya kamu simak sendiri infonya di bawah ini.

1. Shelter Bus Dengan Bangunan Berdesain Ultra Modern Di Austria.

Austria merupakan negara kecil di tengah tengah jerman, italia dan swiss. Meskipun kecil, negara ini cukup makmur. Pendapatan perkapita penduduknya lumayan tinggi. Penduduk austria juga terkenal taat aturan dan memiliki angka kejahatan yang kecil. Karena rakyatnya sudah makmur tersebut lingkungan mereka bisa terjaga dengan baik. pemerintah austria bersama warganya menata kotanya hingga hal hal kecil. Hal sepele seperti shelter bus umum pun di rancang dengan baik.

1. Shelter Bus Dengan Bangunan Berdesain Ultra Modern Di Austria.
Shelter Bus Dengan Bangunan Berdesain Ultra Modern Di Austria. image [source]

Sebagai bukti, shelter bus bus umum di austria ini bentuknya unik unik. Salah satunya adalah seperti tampak pada gambar di atas. Pada foto tersebut bangunan shelter bus dibuat bertingkat. Namun bangunan di lantai 2 nya tidak menumpuk tepat pada bangunan lantai bawahnya. Kesan yang didapat adalah bangunan tersebut seperti 2 kotak kayu yang di tumpuk. Jika menunggu bus di shelter dengan desain seperti ini di jamin tidak ada waktu untuk bosan. Shelter bus unik unik ini dapat kamu temui di wilayah Vorarlberg. Yang mengejutkan lagi, tiap shelter bus punya desain yang berbeda beda lho. Jadi ketika naik bus rasanya seperti kita sedang study tour pada mata kuliah arsitektur. Oh ya, pembuatan shelter bus dengan desain ultra modern ini juga meli8batkan para arsitek dari 7 negara lho. Ngak kebayang berapa besar dana yang dihabiskan untuk membangun shelter tersebut.

2. Shelter Bus Yang Bisa Jadi Wahana Permainan Anak Di Spanyol.

Kegiatan menunggu lama paling menyiksa bagi anak anak. Penyebabnya, anak anak biasanya suka bermain. Ketika mereka berada di pinggir jalan karena sedang menunggu bus, mereka tidak bisa melakukan permainan permainan yang mereka sukai . kalaupun nekat main lari larian di shelter bus tersebut, bahaya senantiasa mengancam karena mereka sangat dekat dengan mobil yang lalu lalang.

 Shelter Bus Yang Bisa Jadi Wahana Permainan Anak Di Spanyol.
Shelter Bus Yang Bisa Jadi Wahana Permainan Anak Di Spanyol. image [source]

Untuk mengatasi masalah tersebut, pemerintahan kota Baltimor Inggris membuat suatu terobosan unik. Setiap shelter bus umum di kota tersebut dibuat dengan desain unik. Desain shelter bus umum tersebut dibuat dengan tujuan anak anak bisa pus bermain di sana. Shelter bus dibuat dari kayu dan dibentuk menjadi susunan guruf B-U dan S. Bangku bangku dari kayu tersebut dibuat tinggi sehingga anak anak bisa main panjat-panjatan, sementara orang dewasa tidak bosan dan bisa berinteraksi dengan Orang lain. desainya unik ya. Jika semua shelter bus dibuat seperti ini bisa bisa orang orang makin betah menikmati lamanya waktu menunggu kedatangan bus. Asal jangan disalah gunakan untuk selfie selfie dan bermesraan dengan pacar saja ya.

3. Halte Bus Yang Berupa Perpustakaan Mini.

Buku adalah jendela ilmu. Namun seiring datangnya gadget, budaya membaca buku ini menjadi berkurang. Orang orang jadi lebih suka membaca status orang di media sosial dari pada pembaca buku. Kalau tidak facebookan ya waktu waktu menunggu dihabiskan dengan bermain game. Bisa ditebak, kalau keasikan ngegame lama kelamaan orang tersebut akan malas berpikir

Halte Bus Yang Berupa Perpustakaan Mini.
Halte Bus Yang Berupa Perpustakaan Mini. image [source]

Sebuah wilayah di Istambul, Turki mencoba mengembalikan kebiasaan membaca buku. Salah satu caranya adalah mengubah semua shelter ruang tunggu bus menjadi perpustakaan kecil. Sebuah rak buku di tempatkan di dekat shelter bus. Rak berisi buku tersebut kemudian ditaruh begitu saja, tanpa di kunci tanpa ada penjaganya. Orang orang yang sedang menunggu bus kemudian bisa dengan leluasa membuka almari mengambil buku dan membacanya. Pemerintah Istambul tersebut tidak perlu cemas dan khawatir kalau kalau bukunya akan dicuri orang. Penyebabnya karena rakyat di sana sudah paham man ayang menjadi haknya dan mana yang bukan. warga sepakat untuk bersama sama menjaga fasilitas umum. Kalau di indonesia kira kira bisa tidak ya ada buku di taruh di tempat umum seperti di kota istambul ini? sepertinya masih susah ya. Karena masih banyak warga yang tidak peduli dengan fasilitas umum.

4. Halte Bus Berbentuk Ayunan Gaya Retro Tahun 70 An.

Seniman yang bernama Jill dan punya gagasan menarik untuk mengubah Halte bus yang sudah tua menjadi sesuatu yang menarik. Ia tinggal di kota Melbourne. di kota ini ada sebuah rute bus menuju Austria yang ramai di lewati orang. karena shelter bus yang ada sudah tua, maka di tahun 2016 lalu, Jill bersama temannya ini memuruskam untuk meremake halte bus tersebut menjadi sesuatu yang menarik.

Halte Bus Berbentuk Ayunan Gaya Retro Tahun 70 An.
Halte Bus Berbentuk Ayunan Gaya Retro Tahun 70 An. image [source]

Berbekal busa dari kursi bekas, kayu, bantal bantal tidak terpakai serta bed cover, jill dan suse ini mengubah Halte bus tua membosankan menjadi ayunan dengan gaya retro tahun 70 an. Halte bus dengan desain baru tersebut dilengkapi dengan jendela yang ada kain kordinnya. Di samping itu pot bunga serta walpaper yang dipasang makin menguatkan munculnya nuansa tahun 70 an. Semisal Halte ini ada di indonesia pasti sudah habis diinjak injak seperti nasib taman bunga di Gunungkidul beberapa waktu laku. Anak anak ABG Alay jaman sekarang pasti rela antri bedesak-desakan untuk sekedar bisa selfie di shelter bergaya retro tersebut.

5. Shelter Bus Dengan Fasilitas Seabrek Di Singapura.

Negara tetangga kita singapura ternyata cukup maju juga lho dalam pengembangan transportasi umum ini. salah satu buktinya adalah dibuatnya shelter bus dengan fasilitas super lengkap. Di shelter tersebut kamu bisa mengcharge handphone. Jika kamu haus dan pengen akan, ada juga cafe serta kantin yang siap menerima order makanan dan minuman darimu. Selain itu ada juga ayunan, kursi panjang, wifi, peta digital perpustakaan digital dan masih banyak lagi.

Shelter Bus Dengan Fasilitas Seabrek Di Singapura.
Shelter Bus Dengan Fasilitas Seabrek Di Singapura. image [source]

http://www.oddee.com/_media/imgs/articles2/a99992_f508bde54.jpg

Jika ada turis binggung, mereka tinggal datang ke shelter dan mengakses peta digital yang interaktif. Di shelter tersebut juga disajikan ebook ebook dari perpustakaan nasional yang bisa di download gratis. Tentu saja untuk mendownload ebook tersebut kita tidak perlu keluar biaya karena di area halte sudah di selimuti dengan free akses wifi. Fasilitas lainnya ada buku buku bacaan untuk segala usia dan tak ketinggalan tempat untuk memarkirkan sepeda secara aman.

6. Shelter Bus Yang Ada Wc Duduknya.

Shelter bus unik yang satu ini adanya di kota Surrey Inggris. Entah ini bertujuan untuk menambah kenyamanan pengguna atau justru malah mengurangi kenyamanan, namun di Halte bus yang satu ini ada Toilet serta wastafelnya. Toilet duduk lengkap dengan penyiram airnya, namun sayang sekali berada di ruangan terbuka tanpa sekat. Dengan kondisi tersebut, siapa saja yang kebelet BAB ketika sedang menunggu bus datang langsung bisa menggunakan WC umum tersebut.

Shelter Bus Yang Ada Wc Duduknya.
Shelter Bus Yang Ada Wc Duduknya. image [source]

http://www.oddee.com/_media/imgs/articles2/a99992_The-toilet-installed-in-Worplesdon-and-Chris-Venables-vice-chairman-of-Worplesdon-Parish-Council.jpg

Yang menjadi masalah, bagaimana mungkin seseorang mau bab sementara tak ada sekat sedikitpun yang membatasi antara dia dengan pengguna shelter bus lain. kalau di pikir pikir, siapa yang bakal nekat bab di depan orang banyak yang sedang menunggu bus. Pada akhirnya WC duduk tersebut Cuma menjadi aksesoris semata tanpa pernah difungsikan. Tapi desainnya cukup keren ya. Mengakomodasi mereka mereka yang memang sering pengen BAB di tempat tempat umum.

Dari berbagai desain Shelter bus unik diatas, mana menurutmu yang paling menarik? Andai saja di Indonesia di buat shelter shelter bus unik seperti ini, pasti lebih banyak orang tertarik naik kendaraan umum. Dengan begitu meskipun sedikit, kemacetan pasti akan terkurangi. Kota pun menjadi indah untuk dilihat.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *