Sedang memuat Hal Yang Wajib Banget Diperhatikan Buat Kamu Yang Hobi Belanja Online!

Hal Yang Wajib Banget Diperhatikan Buat Kamu Yang Hobi Belanja Online!

Kamu hobi belanja tapi malas untuk mengantri dan pergi kemana-mana. Kemajuan teknologi sekarang ini sudah membawa banyak kemudahan, salah satunya adalah kegiatan belanja. Di era modern seperti ini, kebutuhan berbelanja telah dipermudah oleh hadirnya toko online yang siap memanjakanmu dalam berbelanja tanpa harus ribet pergi kesana kemari dan mengantri di kasir untuk membayar barang yang telah kamu pilih.

Dalam berbelanja online, tentu kamu dituntut untuk cerdas dalam menentukan pilihan agar tidak tertipu barangnya dan juga tertipu belanja onlinenya. Namanya juga belanja online yang artinya adalah melakukan proses pembelian barang maupun jasa yang dilakukan melalui media internet. Dalam berbelanja online kita tidak langsung bertemu dengan penjual tersebut, maka dari itu kita harus berhati-hati agar tidak terjadi hal-hal yang tidak diinginkan. Seperti apa hal yang wajib banget kamu perhatikan, berikut ulasannya..

1. Gunakan Komputer atau Laptop Pribadi mu!

gunakan laptop pribadimu [image source]
gunakan laptop pribadimu [image source]

Jangan pernah berbelanjan online lewat warnet atau komputer umum. Karena ketika kamu melakukan transaksi belanja online, kamu memasukan informasi dan data-data pribadimu yang penting dan rahasia untuk kelangsungan proses jual beli. Bisa kamu bayangkan bagaimana jika kamu menggunakan komputer umum yang bisa dipakai siapa saja, apalagi yang tidak berpengaman. Data pribadi pentingmu akan dicuri dan akan disalahgunakan kepada orang yang tidak bertanggung jawab. Jadi jangan pernah ambil resiko untuk menggunakan komputer umum ya.

2. Cari Tahu Tentang Toko Online Tersebut

cari tahu toko online [image source]
cari tahu toko online [image source]

Walaupun terlihat sepele, namun ini akan sangat membantu. Bacalah tentang ulasan-ulasan pelayanan yang diberikan melalui komentar atau yang biasa kita tahu untuk membaca testimoni para pembeli. Jangan lupa untuk mencari tahu juga informasi tentang reputasi dan rekor toko online tersebut di internet.

3. Belanja di Tempat Berkualitas

belanja di tempat berkualitas [image source]
belanja di tempat berkualitas [image source]

Diantara banyaknya para toko online, tidak semuanya yang benar-benar jujur atau maksimal pelayanannya. Kembali lagi ke poin sebelumnya, kamu bisa mengetahui apakah toko online ini berkualitas atau tidak adalah melalui komentar-komentar atau testimoni dari para pembeli. Dengan belanja di tempat yang berkualitas, baik barangnya maupun pelayanannya akan meminimaliskanmu untuk tertipu bila belanja online di toko mereka.

4. Teliti Daftar Harga dan Bandingkan dengan Toko Online Lainnya

teliti daftar harga [image source]
teliti daftar harga [image source]

Soal harga juga harus kamu perhatikan. Jangan lupa untuk membandingkan harga barang yang kamu inginkan dengan toko online yang menjual barang yang sama. Jangan sampai kamu membeli barang dengan kualitas yang sama namun mendapatkan harga yang lebih tinggi dari toko online lainnya. Jangan juga sampai tergiur dengan harga yang terlampau murah. Jika dengan kualitas barang yang sama namun kamu mendapatkan harga yang termurah dan jauh dari perbandingan toko online lainnya, kamu patut untuk waspada.

5. Periksa Barang Pesananmu

periksa barang pesananmu [image source]
periksa barang pesananmu [image source]

Memeriksa kembali barang pesananmu wajib hukumnya. Cek keseluruhan total harga dan deskripsi barangnya serta estimasi pengiriman kapan sampainya. Jangan merepotkan diri sendiri dengan bertanya terus-terusan kepada si penjual padahal dari awal kamu sudah diberi kesempatan untuk memeriksan kembali barang yang akan kamu beli.

6. Pastikan Nomer RESI di Berikan Kepadamu

periksa nomer resi [image source]
periksa nomer resi [image source]

Ini juga wajib kamu perhatikan untuk memeriksa barang yang kamu beli dan di kirim sudah sampai mana. Jika terjadi hal-hal yang tidak diinginkan kita juga bisa memberikan bukti kepada pihak toko online maupun jasa paket pengiriman tersebut.

Biasanya toko online juga memberikan diskon khusus, kamu bisa memanfaatkan ini untuk memilih produk yang ingin kamu beli agar biaya yang kamu keluarkan lebih murah. Namun kamu juga harus ingat, bukan berarti dengan semua kemajuan teknologi yang di dapatkan bisa kamu salah gunakan.

Gunakanlah kemajuan teknologi dengan bijak, tentu uang yang kamu gunakan untuk berbelanja online juga harus kamu gunakan dengan baik ya.
Oke guys itu tadi hal-hal yang harus kamu perhatikan jika kamu merupakan orang yang hobi banget berbelanja melalui cara online. Mungkin kemarin kamu melupakannya atau bahkan tidak tahu apa yang harus kamu lakukan. Mulai sekarang bisa kamu lakukan ya. Semoga bermanfaat..

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *