Sedang memuat Sering Merasakan Ke 7 Keluhan Ini? Itu Tandanya Hormon Di Tubuhmu Tidak Seimbang.

Sering Merasakan Ke 7 Keluhan Ini? Itu Tandanya Hormon Di Tubuhmu Tidak Seimbang.

Agar Hormon tubuh selalu seimbang

Hormon merupakan komponen penting bagi kesehatan. Hormon ini di produksi oleh berbagai macal kelenjar yang tersebar merata di tubuh kita. Hormon tersebut lah yang bertanggung jawab agar semua fungsi-fungsi dalam tubuh bekerja dengan baik. Dari pembentukan tulang, perilaku seksual, perkembangan anak sampai gemuk kurusnya tubuh kita pun diatur oleh hormon.

7 pertanda banwa hormon di tubuhmu tidak seimbang
7 pertanda banwa hormon di tubuhmu tidak seimbang. image [source]

Beberapa hormon memiliki peranan lebih penting dari pada hormon yang lain. Hormon-hormon yang sangat penting bagi tubuh antara lain: Insulin, Testosteron. Estrogen-Proesteron dan Kortisol. Insulin di produksi oleh kelenjar pankreas. Fungsinya mengatur keseimbangan gula dalam darah. Testosteron di produksi oleh testis pada lelaki dan ovarium pada wanita. Fungsi testosteron ini mengatur pertumbuhan seksual pada lelaki. Hormon ini juga bertangung jawab pada pembentukan energi yang besar pada pria serta memacu perkembangan otot. Estrogen dan progesteron diproduksi di testis dan ovarium. Fungsinya mengatur perkembangan seksual pada wanita serta menjaga kehamilan. Hormon kortisol merupakan hormon yang diproduksi oleh kelenjar andrenalin. Hormon ini berperan untuk menekan stress. Dia juga hormon yang menentukan apakah kamu akan lari atau melawan saat bertemu masalah . Oleh karena hormon-hormon tersebut sangat penting fungsinya bagi tubuh, maka terganggu sedikit saja keseimbangannya akan berakibat fatal bagi kesehatan kita. Berikut ini beberapa pertanda bahwa hormon dalam tubuhmu berada pada keadaan tidak seimbang.

1. Merasa Lelah Sepanjang Waktu.

Lelah merupakan pertanda bahwa kadar asam laktat dalam otot kita sedang tinggi akibat otot bekerja terlalu lama. Rasa lelah yang disebabkan oleh tingginya asal laktat dapat disembuhkan dengan beristirahat. Jika kamu terus menerus merasa lelah, maka kemungkinan besar, penyebabnya adalah adanya ketidak seimbangan hormon.

Merasa Lelah Sepanjang Waktu
Merasa Lelah Sepanjang Waktu. image [source]

Rasa lelah yang terus menerus tersebut kemungkinan besar disebabkan karena kadar gula dalam darah terlalu rendah. Hormon yang berfungsi mengatur kadar gula dalam darah ini adalah insulin. Insulin mengubah zat gula dari darah menjadi glikogen dan disimpan sebagai lemak di bawah kulit. Jika kita merasa terus menerus lelah kemungkinan besar kadar hormon insulin dalam darah terlalu tinggi sehingga semua gula darah disimpan dalam glikogen. Agar kadar insulin ini tidak terlalu tinggi maka kita perlu melakukan dua hal. Pertama, kita harus mengurangi diet karbohidrat. Karbohodrat ketika diurai banyak menghasilkan gula. Gula dalam darah akan semakin memicu diproduksinya insulin. Yang kedua, kita perlu melakukan olahraga lebih sering. Olah raga teratur bisa mengurangi kadar insulin dalam tubuh dan membantu menjaga kadar gula darah tetap stabil. Keuntungan dari berolah raga teratur ini, berat badan kita menjadi lebih ideal.

2. Tidak Bisa Tidur.

Susah tidur atau lebih dikenal dengan insomnia memang sering terjadi. Tapi ingat ya, insomnia itu istilah untuk sudah tidur dalam jangka waktu beberapa hari. Jika kamu susah tidur di malam hari, namun molor seharian di siang hari, itu tidak termasuk insomnia. Pada laki-laki, insomnia diakibatkan karena rendahnya kadar testosteron. Sementara pada perempuan, kesulitan tidur diakibatkan karena tinggiya hormon progesteron. Untuk mengatasi susah tidur maka pada laki-laki, hormon testosteron harus dinaikan. Sedangkan wanita perlu menurunkan hormon progesteron jika ingin sembuh dari insomnia.

Tidak Bisa Tidur
Tidak Bisa Tidur. image [source]

Untuk menurunkan kadar progesteron dalam tubuh, wanita bisa melakukannya dengan terapi hormon. Namun selain terapi hormon ada cara yang lebih alami yaitu dengan cara mengkonsumsi obat obatan dari jenis tanaman tertentu seperti tanaman Chasteberry. Sedangkan untuk meningkatkan testosteron ada tanaman kacang-kacangan yang bisa di manfaatkan seperti Almond, Walnut dan tanaman lainnya.

3. Kehilangan Gairah Seksual.

Kehilangan gairah seksual merupakan pertanda rendahnya testosteron pada pria dan estrogen pada wanita. Pada wanita, biasanya hormon estrogen akan turun ketika mereka mengalami menopause. Tidak hanya wanita, ternyata pria juga bisa mengalami menopause lo pada umur 50 tahunan keatas. Untuk mengatasinya sekarang sudah tersedia terapi hormon untuk mengatasi rendahnya kedua hormon tersebut

Kehilangan Gairah Seksual
Kehilangan Gairah Seksual. image [source]

Hormon yang disuntikkan ke dalam tubuh orang yang mengikuti terapi ini benar-benar mirip dengan hormon aslinya yang di produksi oleh tubuh sendiri. Dengan memakai hormon yang mirip ini, maka akan lebih aman bagi tubuh kita dibandingkan dengan memakai obat obatan. Selain melalui terapi hormon, kamu juga bisa mengkonsumsi jenis-jenis makanan tertentu untuk meningkatkan hormon estrogen dan testosteron tersebut.

4. Berkeringat Di Malam Hari Dan Tiba-Tiba Merasakan Sensasi Panas.

Pernah tidak terbangun di malam tiba tiba baju dan selimutmu basah semua meski suhu sudah dingin? Berkeringat di malam hari mempunyai berbagai macam penyebab, namun penyebab yang umum adalah karena menopause pada wanita. Pada wanita yang memasuki masa menopause, hormon estrogen turun. Penurunan hormon estrogen ini menyebabkan beberapa fungsi tubuh terganggu sehingga menghasilkan banyak keringat di malam hari. Satu-satunya cara untuk mengatasinya adalah dengan terapi hormon. Selain berkeringat di malam hari tanda lain dari menopause ini adalah munculnya snsasi panas tiba-tiba.

Berkeringat Di Malam Hari Dan Tiba-Tiba Merasakan Sensasi Panas
Berkeringat Di Malam Hari Dan Tiba-Tiba Merasakan Sensasi Panas. image [source]

Selain karena menopause berkeringat di malam hari ini juga bisa disebabkan karena mengalami apnea atau gangguan bernafas saat tidur. Pemakaian obat-obat tertentu juga seringkali menyebabkan keringat berlebih saaat tidur ini. Minuman beralkohol termasuk salah satu penyebab dari munculnya keringat berlebih di malam hari ini. Beberapa penyakit juga menjadi penyebab dari keluarnya keringat berlebih saat malam hari. Penyakit penyakit tersebut antara lain: kadar gula rendah, infeksi tuberculosis, kanker, dan gangguan hormon tiroid.

5. Pelupa Dan Susah Konsentrasi.

Sering lupa menaruh handphone, dompet atau kunci? Kemungkinan besar, hormon dalam tubuhmu tidak seimbang. Hormon yang bertanggung jawab terhadap sifat pelupa tiba-tibamu tersebut adalah hormon kortisol. Jika kadar hormon kortisol dalam tubuh rendah,kita juga akan menjadi susah konsentrasi pada pekerjaan.

Pelupa Dan Susah Konsentrasi
Pelupa Dan Susah Konsentrasi. image [source]

Salah satu pemicu menurunnya kadar hormon kortisol dalam tubuh ini adalah karena kita berada dalam suasana stress selama beberapa waktu. Kelenjar andrenalinmu kemudian kelelahan dan tidak mampu menghasilkan hormon kortisol yang cukup. Ketika hormon kortisolmu menurun kecerdasan serta ingatanmu pun ikut menurun. Kamu jadi susah fokus pada suatu hal.

6. Menjadi Lebih Emosional.

Terus menerus merasa cemas, mudah marah, merasa depresi dan bad mood merupakan salah satu gejala dari ketidak seimbangan hormon. Hormon yang berpengaruh pada emosi ini adalah testosteron serta estrogen. Jika kadar hormon keduanya meningkat atau pun turun, maka emosi kita akan terpengaruh.

Menjadi Lebih Emosional
Menjadi Lebih Emosional. image [source]

Untuk itu jika kamu tiba-tiba merasa aneh sendiri karena perubahan emosi tersebut, padahal tidak sedang punya masalah tertentu, coba ingat-ingat lagi apa yang baru saja kamu lakukan sehingga testosteron atau estrogen dalam tubuhmu bisa menurun. Jika diakibatkan oleh makanan, maka ganti menu makanmu. Jika turunnya hormon tersebut akibat punya masalah tertentu, maka jalan satu-satunya ya cepat-cepat selesaikan masalah mu tersebut dan tidak menunda-nunda lagi.

7. Bertambah Gembrot.

Pertambahan berat badan bisa jadi merupakan pertanda bahwa terjadi ketidak seimbangan hormon dalam tubuh kita, terutama kalau pertambahan masa tubuh ini di daerah perut bawah saja. Hormon yang terlibat padanaik atau turunnya berat badan adalah insulin dan kortisol. Ketika konsentrasi kedua hormon ini tinggi, maka mereka akan membuat tubuh untuk mengkonsumsi lebihbanyak gula dan menyimpannya sebagai lemak. Hasilnya kita menjadi gemuk.

Bertambah Gembrot
Bertambah Gembrot. image [source]

Untuk menurunkan kadar insulin, kamu perlu merubah jenis makanan dalam dietmu. Ganti makanan kaya karbohidrat dengan makanan yang kaya protein. Sementara untuk menurunkan hormon kortisol. Lakukan aktivitas yang menghilangkan stress dan membawa ketenangan seperti meditasi, piknik, yoga dan kegiatan lainnya. Dengan mengetahui gejala gejala tersebut. Tidak sulit bagimu untuk menjaga keseimbangan hormon tubuh. Gaya hidup sehatpun mudah di dapat.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *