Ini 5 Negara Dengan Tingkat Polusi Paling Parah.

Indonesia Ada Di Nomor Berapa Ya?

Sampai saat ini bumi merupakan satu satunya planet yang mampu menopang bentuk kehidupan. Kandungan atmosfer, suhu, keberadaan air serta bentuk permukaan planet memungkinkan makhluk hidup tumbuh dan berkembang biak. Karena bumi merupakan satu satunya planet yang bisa di tinggali ini, maka kelestariannya perlu di jaga. Kalau tidak di jaga, ketika bumi rusak kita mau mengungsi kemana? Penyebab kerusakan bumi ini faktor utamanya adalah manusia. Manusia menggunakan alat alat canggih untuk mengeruk kekayaan yang ada di bumi. Pohon pohon ditebangi dengan mesin, lautan di bom untuk mengambil ikannya, air tanah disedot secara berlebihan dan akibatnya bumi pun kuwalahan.

 Ini 5 Negara Dengan Tingkat Polusi Paling Parah.
Ini 5 Negara Dengan Tingkat Polusi Paling Parah. image [source]

Sebenarnya bumi mampu menyembuhkan dirinya sendiri asalkan aktivitas pengrusakan ini tidak dilakukan secara berlebihan. Salah satu yang menjadi sorotan pada pengrusakan bumi ini adalah tingginya angka polusi. Di berbagai negara industri, yang angka pemakaian bahan bakar minyaknya tinggi, angka polusi ini sangat tinggi. Angka polusi yang tinggi selain berakibat buruk bagi kesehatan manusia juga membahayakan bumi. Polusi dapat mengakibatkan efek rumah kaca. Bumi semakin panas, cadangan es di kutup mencair dan lagi lagi banyak pulau yang akan tenggelam. Lalu negara mana saja yang menyumbangkan polusi paling banyak? berikut ini informasinya.

1. Jepang Dengan Emisi Gas Co2 Sebanyak 1.237 Juta Ton Pertahun.

Ketika membicarakan jepang, maka yang terlintas di pikiran adalah negara yang teratur, bersih dengan tingkat kedisiplinan warganya yang tinggi. Etos kerja rakyat jepang ini juga di kenal tinggi sehingga mereka sering ketiduran di tempat kerja akibat kurang istirahat. Tapi kenapa ya jepang menjadi salah satu negara dengan angka polusi yang tinggi.

Jepang Dengan Emisi Gas Co2 Sebanyak 1.237 Juta Ton Pertahun.
Jepang Dengan Emisi Gas Co2 Sebanyak 1.237 Juta Ton Pertahun. image [source]

Ternyata tingginya angka emisi Co2 di jepang ini diakibatkan oleh berbagai industrinya yang menggunakan bahan bakar minyak. Seperti kita tahu, banyak sekali produk produk jepang yang laris di seluruh. Salah satu contoh misalnya saja, sepeda motor. Berbagai merk sepeda motor buatan jepang sukses merajai pasaran di berbagai negara. Belum lagi produk berupa mobil, televisi, konsol game dan alat alat berat lainnya.semua industri tersebut tiap tahunnya memakai bahan bakar minyak. Tak mengherankan kan, tiap tahun jepang menyumbang banyak co2 bagi polusi di bumi.

2. Rusia Dengan Angka Emisi 1.617 Juta Ton Co2 Pertahun

Sangat mengherankan memang jika mendengar bahwa rusia juga menjadi salah satu penyumbang polusi terbesar di dunia. pasalnya rusia kan negara maju, bagaimana mungkin mereka bisa ceroboh dalam hal polusi udara ini. meskipun mengherankan, angka polusi yang tinggi di rusia ini memang nyata. Gambaran ini terlihat jelas di kota Karabash. Sebuah kota kecil di dekat Kazakgstan. Di kota kecil ini, sungainya berwarna oranye, danaunya merah tanpa kehidupan dan banyak selokan selokan berwarna hitam.

 Rusia Dengan Angka Emisi 1.617 Juta Ton Co2 Pertahun
Rusia Dengan Angka Emisi 1.617 Juta Ton Co2 Pertahun. image [source]

Selain airnya tercemar, udara di kota ini juga tercemar. Tiap pagi ada kabut tebal yang membungkus kota tersebut. kabut asap ini membuat matamu terasa pedih dan tenggorokan terasa serak. Jumlah penduduk yang tinggal di kota ini juga hanya sedikit yaitu 13.000 jiwa. Penduduk dari kota lain enggan pindah kesitu karena kota ini terkenal beracun dan mematikan. Namun penyebab tingginya angka polusi di rusia ini adalah sebuah kota di siberia. Di siberia ini ada pusat industri yang menggunakan bahan bakar minyak dalam jumlah banyak. akibat masiv nya aktivitas industri di kota ini, tiap tahunnya rusia menyumbang 1.617 juta ton Co2 ke udara. Polusi udara yang cukup tinggi in bahkan diyakini mampu memicu perubahan iklim di rusia dalam jangka panjang.

3. India Dengan Emisi 2.274 Juta Ton Co2 Pertahun

Ketika negara negara lain sudah kebingungan dengan angka polusi di bawah 2 juta ton Co2, india yang angka polusinya sudah mencapai 2 juta lebih malah tidak begiru panik. Artinya kesadaran untuk mengurangi polusi belum ada. salah satu penyebab tingginya angka polusi di india ini karena jumlah penduduknya yang sangat besar. Penduduk yang besar tersebut masih mengandalkan sumber energi yang tidak ramah lingkungan seperti kayu bakar dan minyak. Polusi di india ini cukup parah sehingga diperkirakan 1.2 juta penduduknya meninggal karena polusi udara. India memang sudah menandatangani perjanjian

India Dengan Emisi 2.274 Juta Ton Co2 Pertahun
India Dengan Emisi 2.274 Juta Ton Co2 Pertahun. image [source]

untuk mengurangi emisi gas Co2, namun karena alasan perekonomian, polusi di india akan tetap tinggi. Pasalnya india mengandalkan bahan bakar murah untuk industrinya, yaitu minyak dan batubara. Jika perilaku buruk ini tidak diubah, kemungkinan besar, india akan terkena banjir lebih sering akibat perubahan iklim.

4. Amerika Serikat Dengan Emisi 5.414 Juta Ton

Amerika serikat merupakan negara maju. Namun angka polusi udara di negara ini juga cukup tinggi. Tiap rahunnya, tak kurang dari 5 ribu juta ton. Dengan emisi karnon dioksida setinggi ini, maka udara di kota kota Amerika itu termasuk berbahaya. Berdasarkan laporan yang dibuat oleh asosiasi paru paru amerika separuh penduduk kota berisiko terkena penyakit gangguan paru paru.

Amerika Serikat Dengan Emisi 5.414 Juta Ton
Amerika Serikat Dengan Emisi 5.414 Juta Ton image [source]

Parahnya polusi udara di amerika ini disebabkan karena warganya terlalu boros dalam memakai sumber daya. Baik itu berupa bahan bakar minyak atau bahan bakar lainnya. oenduduk amerika karena perilakunya ini membuat mereka menjadi orang dengan penyumbang polusi perkapita terbesar di dunia. namun tidak semua co2 yang ada di udara amerika ini dihasilkan oleh penduduk amerika sendiri lho. Sebagian merupakan kiriman asap dari cina dan jepang.

5. Cina Dengan Emisi Gas Co2 Mencapai 10.357 Juta Ton Pertahun.

Polusi udara sudah sebegitu parahnya di cina. Hampir seluruh penduduk cina menghirup asap yang mematikan setiap harinya. Jarak pandang do beberapa kota cina juga terbatas hanya beberapa meter saja karena asap tebal kerap kali menyelimuti. Menghirup udara di cina sama bahayanya dengan menghirup asap rokok. Ini wajar karena emisi gas Co2 Cina hampir 2 kali dari emisi gas co2 amerika serikat.

Cina Dengan Emisi Gas Co2 Mencapai 10.357 Juta Ton Pertahun.
Cina Dengan Emisi Gas Co2 Mencapai 10.357 Juta Ton Pertahun. image [source]

Dengan angka sebesar 10.000 juta ton co2 tiap tahun yang dilepas ke atmosfer udara cina ini, bisa dibayangkan, bagaimana sesaknya bernafas di atmosfer cina? Kena asap sedikit saja kebanyakan dari kita akan sudah batuk batuk. Apalagi menghirup berton ton gas co2 yang tiap tahun di lepaskan ke udara Cina ini.

Untung saja ya indonesia tidak masuk daftar negara dengan tingkat polusi paling tinggi. Padahal kita kan sering mengirim asap ke negara negara tetangga sewaktu hutan hutan kita di bakar. Rakyat kita juga gemar kemana mana pakai sepeda motor. Ini terjadi kemungkinan karena industri kita belum sebesar industri di negara negara maju tersebut. meskipun belum masuk menjadi 5 besar negara dengan angka polusi tertinggi kita kesadaran untuk mengurangi polusi harus di tanamkan sejak sekarang. Jangan sampai udara di kota kota indonesia seperti udara di kota beijing yang terkenal paling tinggi polusinya. Mencegah lebih baik dari pada mengobati. Sebelum banyak dari saudara saudara kita yang terkena sakit paru paru, sebaiknya kita mulai mengurangi polusi dari sekarang. Mulai dari hal hal kecil dulu seperti membatasi pemakaian kendaraan bermotor.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *