Sedang memuat Ini Penampakan Kapal Perang Canggih Dari 4 Negara Dengan Angkatan Laut Terkuat Di Asia Tenggara.

Ini Penampakan Kapal Perang Canggih Dari 4 Negara Dengan Angkatan Laut Terkuat Di Asia Tenggara.

Indonesa Kekuatan Angkatan Lautnya Nomor Satu Di Asia Tenggara

Sejak dulu kekuatan angkatan laut berperan penting dalam menentukan kemenangan suatu negara dalam peperangan. Negara yang memiliki armada angkatan laut terkuat memiliki peluang besar untuk memenangkan peperangan. Kekuatan armada angkatan laut ini juga penting untuk mempertahankan batas wilayah perairan ketika ada negara lain yang mencoba mengklaim. Ketika Indonesia terlibat sengketa wilayah dengan Malaysia, kapal perang yang berperan besar mengusir pihak pihak yang menerobos perbatasan tersebut.

Kapal Perang angkatan laut Terkuat Asia Tenggara
Ini Penampakan Kapal Perang Canggih Dari 4 Negara Dengan Angkatan Laut Terkuat Di Asia Tenggara. image [source]

Kapal perang yang dimiliki juga menjadi salah satu faktor untuk mengukur kekuatan armada angkatan laut suatu negara. Di asia tenggara ini ada 9 negara yaitu: Kamboja. Laos. Myanmar, Thailand. Vietnam,Indonesia. Malaysia. Singapura. Timor Leste. Dari ke sembilan negara ini ada 4 negara yang kekuatan armada angkatan lautnya patut di perhitungkan. Negara mana saja kah itu? Siapa yang paling kuat? Dan seberapa canggih kapal perang nya? Simak infonya di bawah ini.

1. Kapal Perang KRI Raden Martadinata, Milik Angkatan Laut Nomer 1 Terkuat Seasia Tenggara.

Indonesia ternyata menempati peringkat pertama sebagai negara denga armada angkatan laut terkuat di asia tenggara. Sedangkan di level seluruh dunia, indonesia menempati peringkat ke 14 dari 126 negara. Kapal perang utama di angkatan laut sebuah negara disebut denga kapal Frigate. Angkatan laut Indonesia memiliki 7 buah Frigate. Dari ke 7 Frigate tersebut yang terbaru adalah KRI Raden Eddy Martadinata-331. Dikenal juga sebagai Kapal perusak kawal rudal (PKR) SIGMA 10524. Kapal ini memiliki panjang 105 meter dan lebar 14 meter. bobot total dari kapal perang terbaru angkatan laut Indonesia ini mencapai 2400 ton.

Kapal Perang KRI Raden Martadinata, Milik Angkatan Laut Nomer 1 Terkuat Seasia Tenggara.
Kapal Perang KRI Raden Martadinata, Milik Angkatan Laut Nomer 1 Terkuat Seasia Tenggara. image [source]

Soal persenjataan tak perlu diragukan lagi keganasannya. Mempunyai teknologi anti kapal air, anti kapal selam serta anti pesawat udara. Dilengkapi dengan Meriam OTO Melara 78 Mm Super Rapid Gun serta rudal EXOCET MM40 yang memiliki jangkauan hingga 200 km. Kapal ini juga Punya teknologi yang mampu membelokkan arah rudal serta mampu menganggkut 120 anak buah. Ada landasan helikopternya juga lho di kapal perang canggih kita yang satu ini. negara tetangga bakalan rontok mentalnya duluan kalau mau macam macam di perairan kita.

2. Kapal Perang Frigate Kyan Sittha Milik Myanmar, Peringkat Dua Angkaran Laut Terkuat Di Asia Tenggara.

Meskipun negara ini kalah gaung dibandingkan Malaysia dan Singapura, ternyata kekuatan armada angkatan laut Myanmar tak bisa diremehkan lho di kawasan Asia Tenggara. Mereka duduk di peringkat 36 jika dibandingkan dengan kekuatan angkatan laut dari seluruh negara di dunia. total kekuatan armada angkatan laut Myanmar mencapai 155. Dari 155 alutsista tersebut 5 diantaranya adalah kapal perang utama dengan tipe Frigate. Salah satu kapal perang milik myanmar yang patut di perhitungkan adalah Frigate Kyan Sittha. Dibuat dengan menggabungkan teknologi kapal perang dari India Cina dan Rusia. Kapal Perang Kyan Sittha ini memiliki berat 3000 ton dengan ukuran panjang mencapai 108 meter. daya jelajah kapal perang milik Myanmar ini cukup jauh mencapai 6100 kilometer. Mampu bergerak dengan kecepatan 56 km/jam.

Kapal Perang Frigate Kyan Sittha Milik Myanmar, Peringkat Dua Angkaran Laut Terkuat Di Asia Tenggara
Kapal Perang Frigate Kyan Sittha Milik Myanmar, Peringkat Dua Angkaran Laut Terkuat Di Asia Tenggara image [source]

Kapal perang Frigate Kyan Sittha dilengkapi dengan sonar, radar, anti rudal meriam utama dengan jangkuan ratusan kilometer, terpedo serta peluncur roket. Ada juga peluru anti kapal yang bisa digunakan untuk menyerang kapal. Berlayar sembari membawa pesawat tempur juga mejadi salah satu kelebihan dari kapal perang ini.

3. Fregate D3000f, Kapal Perang Siluman Canggih Milik Peringkat 3 Angkatan Laut Terkuat Di Asia Tenggara.

Dilihat dari kekuatan armada angkatan lautnya, Thailand ternyata menempati posisi 3 di wilayah asia tenggara. Total kekuatan armada angkatan laut Thailand ini mencapai angka 81. Thailand mempunyai 8 kapal perang utama yang termasuk ke dalam kelas frigate. Salah satu kapal perang yang jadi andalan angkatan laut Thailand adalah Frigate DW3000f buatan Korea Selatan. Dibuat dengan meniru standar persenjataan kapal perang AS, kapal perang yang satu ini tidak boleh di pandang sebelah mata.

Fregate D3000f, Kapal Perang Siluman Canggih Milik Peringkat 3 Angkatan Laut Terkuat Di Asia Tenggara.
Fregate D3000f, Kapal Perang Siluman Canggih Milik Peringkat 3 Angkatan Laut Terkuat Di Asia Tenggara. image [source]

Mempunyai teknologi anti radar, kapal perang ini juga mampu menangkis serangan dari udara, serta perairan. Meriam utamanya memiliki jangkuan hingga 180 kiometer, ada rudal anti pesawat serta meriam otomatisnya. Rudal anti kapal permukaan yang ada di kapal perang yang satu ini berupa rudal Harpoon berjumlah 8. Untuk menangkis serangan dari kapal selam ada peluncur terpedo berjumlah 2. Masing masingnya mampu menembakkan 3 peluru sekaligus.

4. Fregate Gepard 3.9, Kapal Perang Canggih Milik Vietnam Yang Berasap.

Di nomor 4 ada angkatan laut vietnam. Total kekuatan armada angkatan laut Vietnam ini mencapai angka 65. Vietnam memiliki 7 kapal perang utama berjenis Frigate. Dari ketujuh kapal perang andalan milik vietnam tersebut, yang terbaru adalan Fregate gepard 3.9. kapal perang terbaru milik vietnam ini di buat oleh rusia. Sonar serta persenjataan anti kapal selam terbaru kabarnya juga disematkan dalam kapal fregate gepard 3.9. kecanggihan kapal yang mampu melaju hingga 29 knot ini terlihat dari sistem otomatisasinya. Dengan sistem otomatisasi terbaru ini hanya diperlukan lebih sedikit orang untuk mengoprasikan kapal.

Di badan kapal ada rudal anti kapal selam, meriam utama AK-176M untuk target jarak jauh, serta meriam AK-630 untuk target jarak dekat. Untuk melumpuhkan pesawat musuh, fregate gepard dilengkapi dengan rudal anti pesawat palma-su. Kalau ada kapal lain yang mau main main, Frigate Gepard mampu menembakkan rudal anti kapal Kh-35 Uran-E. Sayang sekali kapal ini masih mengeluarkan banyak asap ketika beroperasi. Sama seperti kapal kapal perang buatan rusia lainnya.

Wah bangga sekali ya indonesia bisa menempati peringkat teratas sebagai negara dengan angkatan laut terkuat se asia tenggara. Yang mengherankan, malaysia yang sering reabutan wilayah dengan kita kok belum nonggol ya di daftar tersebut. ini membuktikan bahwa indonesia kita ini masih negara yang kuat dibandingkan negara negara lain di asia tenggara. Karena itu jangan pernah minder jadi orang Indonesia. kita masih punya gigi kok di depa negara negara tetangga.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *