Inilah 5 Manfaat Bagi Tubuh Bagi Orang Yang Murah Senyum

Senyum adalah salah satu aktivitas yang sangat menyejukkan bagi orang lain, karena pada faktanya tersenyum menandakan suatu keramahtamahan. Selain itu senyuman ternyata juga bisa menandakan bahwa seseorang sedang mendapatkan respon atas hal yang membuatnya bahagia, oleh sebab itulah ada pepatah mengatakan jika senyum adalah ibadah. Senyuman ternyata tidak hanya merupakan sebatas aktivitas fisik yang ringan saja, karena meskipun terlihat sangat sepele namun ternyata memiliki banyak khasiat yang banyak efeknya bagi kesehatan tubuh manusia.

senyuman
senyuman [ image source ]

Mungkin sebagian orang tidak menyadari tentang senyum itu akan memberikan beberapa dampak positif bagi tubuh terutama untuk kesehatan mental seseorang. Bahkan dampak positif dari senyum itu bisa didapatkan sekalipun dengan senyum yang terpaksa atau di buat-buat. Untuk lebih jelasnya tentang dampak apa saja positif dari aktifitas tersenyum selain berpengaruh pada kesehatan mental seseorang, yuk simak lebih lengkapnya pada ulasan berikut ini.

1. Senyum Dapat Memancarkan Energi Positif

senyum dapat memancarkan energi positif
senyum dapat memancarkan energi positif [ image source ]

Secara tidak di sadari bahwa faktanya aktivitas tersenyum itu dapat memberikan dampak positif bagi orang lain. Semua itu dapat dibuktikan saat kamu tersenyum kepada orang lain dan orang lain membalas senyumanmu dengan senyuman. Oleh sebab itu, mungkin senyum adalah salah satu aktivitas yang dapat menular ke orang lain. Dari beberapa penelitian yang di lakukan tentang senyum telah membuktikan bahwa aktivitas tersenyum memancarkan gelombang energi positif pada orang lain. Secara otomatis orang yang menerima senyuman maka akan menangkap energi positif tersebut kemudian mengaktifkan sensor di area otak yang nantinya akan mengarahkan orang tersebut untuk membalas senyuman.

2. Senyum Mampu Meringankan Stres Dan Tekanan Jantung

senyum mampu meringankan stres
senyum mampu meringankan stres [ image source ]

Stres mungkin adalah salah satu penyakit psikis hal yang paling membuat banyak orang merasa terguncang atau terganggu pikirannya sehingga seseorang akan sangat mudah emosi. Pada faktanya, orang yang sedang mengalami stres, maka bisa dipastikan orang tersebut akan susah sekali untuk tersenyum. Padahal dari beberapa penelitian yang di lakukan, ternyata salah satu obat untuk mengatasi stres itu cukup mudah yaitu hanya dengan tersenyum. Jika seseorang yang sedang mengalami stres karena kerjaan yang menumpuk atau lainnya, maka melakukan aktivitas tersenyum akan membant mengurangi tekanan berat akibat stres yang sedang di alami. Secara otomatis jika stres bisa mereda, maka tekanan jantung juga akan ikut terkondisikan ke fase yang lebih normal.

3. Senyum Mampu Melepaskan Endorfin

senyum dapat membuat seseorang bahagia
senyum dapat membuat seseorang bahagia [ image source ]

Tahukah bahwa seseorang yang sedang mengalami rasa kebahagiaan itu adalah karena efek dari zat endorfin dalam tubuh manusia. Zat endorfin adalah zat kimia dalam tubuh yang memiliki fungsi sebagai zat yang dapat membuat seseorang akan merasakan kebahagiaan. Pada faktanya, zat endorfin itu biasanya terlepas pada saat seseorang melakukan aktivitas oleh raga. Namun salah satu cara lain untuk dapat melepaskan zat endorfin dalam tubuh selain dengan berolah raga adalah bisa di lakukan dengan aktivitas tersenyum. Meski kelihatannya sangat terlihat sepele, percaya atau tidak, tersenyum ternyata dapat melepaskan hormon tersebut. Untuk itulah kenapa pada ulasan sebelumnya di katakan bahwa senyum dapat meringankan beban stres yang sedang di alami oleh seseorang, bahkan sekalipun di lakukan dengan senyum yang terpaksa.

4. Senyum Dapat Meningkatkan Kekebalan Tubuh

senyum dapat meningkatkan kekebalan tubuh
senyum dapat meningkatkan kekebalan tubuh [ image source ]

Dampak positif yang terjadi saat tersenyum ternyata tidak hanya akan membuat tubuh melepaskan zat endorfin yang dapat membuat seseorang akan merasa bahagia, atau dapat meringankan beban stres yang sialaminya. Dari sisi lainnya, ternyata tersenyum itu dapat meningkatkan produksi sel darah putih dalam tubuh. Sel darah putih memiliki tugas sebagai antibodi untuk melawan penyakit yang ada dalam tubuh. Jika antibodi dalam tubuh jumlahnya meningkat, maka sudah di pastikan tubuh akan memiliki kekebalan yang sangat baik. Percaya tidak percaya, faktanya beberapa rumah sakit di sejumlah negara menerapkan metode ceria dengan memberikan cerita lucu untuk menghibur anak-anak yang sedang sakit. Dengan penerapan metode ceria tersebut, anak-anak akan menjadi mudah tersenyum, pasalnya semakin banyqak tersenyum dan tertawa itulah nanti yang akan membantu meningkatkan imun tubuh sehingga anak akan lebih cepat sembuh dari penyakitnya.

5. Senyum Dapat Membantu Menyehatkan Otak

senyum dapat menjaga kesehatan otak
senyum dapat menjaga kesehatan otak [ image source ]

Salah satu hal lain yang akan di peroleh dari tersenyum selain dari meringankan stres dan mampu meningkatkan antibodi tubuh adalah juga dapat menyehatkan otak. Selain karena zat endorfin yang dapat meembantu seseorang merasa bahagia, ternyata kebahagiaan itu akan mengarahkan seseorang untuk selalu berpikir positif. Sehingga jika seseorang yang selalu mengarah kepada pemikiran positif, maka orang tersebut akan mampu menyesuaikan dirinya dengan kondisi dan tantangan baru. Jika seseorang lebih siap dengan menerima tantangan baru, maka otak akan bekerja lebih maksimal dari pada ketika mengalami stress karena kejenuhan atau masalah lainnya. kesimpulannya, senyum akan membuat seseorang menjadi sehat dengan kebahagiaan, selanjutnya rasa kebahagiaan akan menigkatkan kualitas otak dengan memori yang lebih tajam dari sebelumnya.

Nah sahabat iyakan.com, itulah tadi beberapa dampak positif yang akan di peroleh jika seseorang tersenyum. Bagi kamu yang ingin mendapatkan beberapa dampak positif dari aktivitas tersenyum, maka tidak ada salahnya mulai dari sekarang kamu mencobanya sekalipun dengan terpaksa. Tidak hanya kelima hal tersebut, karena kebanyakan orang yang murah senyum itu adalah orang yang sangat memiliki kepribadian yang tangguh, apalagi seseorang yang bisa tersenyum saat mengalami masalah.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *