Sedang memuat Beragam Jenis Kurma Yang Harus Kamu Ketahui

Beragam Jenis Kurma Yang Harus Kamu Ketahui

Tak terasa sebentar lagi bulan Ramdahan tiba. Sudah waktunya untuk berbuka puasa dengan yang manis-manis. Bagi sebagian umat muslim ketika berbuka puasa yang menjadi menu wajib adalah buah kurma. Selain karena di Sunnah kan oleh Nabi Muhammad, mengkonsumsi buah kurma pada saat berbuka puasa juga membawa dampak yang baik untuk tubuh.

Kurma adalah buah yang tumbuh dari pohon palem keluarga Arecaceae dari genus phoenix. Kurma diyakini berasal dari tanah disekitar tepi sungai nil dn efrat. Saat ini, bukan hanya tumbuh di Arab saja tapi pohon kurma dibudidayakan secara luas di wilayah beriklim hangat di semua benua, termasuk di Afrika, Australia dan Amerika. Berikut ini jenis-jenis kurma yang harus kamu ketahui.

1. Kurma Ajwa

Nah kurma yg ini kegemarannya Nabi Muhammad SAW yang hanya tumbuh di Saudi Arabia tepatnya di kota Madinah. Ciri khusus dari kurma ajwa ini adalah berwarna hitam,tekstur lembut, dan tidak terlalu manis, rasanya hampir seperti kismis.

Ajwa [ Image Source ]
Ajwa [ Image Source ]

2. Kurma Barhi

Untuk jenis kurma Barhi ini keberadaannya tidak hanya banyak dijumpai di Bulan Ramadhan saja namun di hari-hari biasa pun banyak dijumpai. Jenis kurma barhi memiliki warna khas cokelat cerah dan rasanya mirip dengan caramel.

Barhi [ Image Source ]
Barhi [ Image Source ]

3. Kurma Khidri

Kurma khidri memiliki warna maroon gelap. Tekstur kurma khidri ini lebih kering dan kenyal. Jenis kurma ini rasanya tidak terlalu manis dan paling banyak diproduksi karena sering digunakan sebagai bahan dasar olahan kurma mulai dari kurma isi almond, orange hingga untuk campuran cokelat.

Khidri [ Image Source ]
Khidri [ Image Source ]

4. Kurma Sekki

Jenis kurma kedua ini memiliki dua warna yaitu bagian atas berwarna kekuning-kuningan sedangkan bagian bawahnya berwarna kecoklatan. Jika dimakan, bagian yang berwarna kekuning-kuningan terasa lebih keras sedangkan yang berwarna kecoklatan rasanya lebih empuk. Tingkat kemanisan dari kurma ini termasuk sedang.

Sekki [ Image Source ]
Sekki [ Image Source ]

5. Kurma Monief

Jenis kurma Monief ini memiliki warna cokelat terang, dan ukuran yang tidak terlalu besar. Jenis kurma ini memiliki rasa manis sedang dan daging buahnya memiliki tekstur yang lembut.

Monief [ Image Source ]
Monief [ Image Source ]

6. Kurna Majol

Kurma majol memiliki tekstur yang lembut dan kenyal. Rasa kurma majol ini sangat manis dan tekstur buahnya memiliki warna cokelat mengkilap.

Majol [ Image Source ]
Majol [ Image Source ]

7. Kurma Sokari

Kurma sokari memiliki tekstur yang lembut tapi ada juga jenis yang keras. Di Saudi Arabia jenis kurma ini paling disukai. Rasa kurma sokari ini sedikit kering dan manis.

Sokari [ Image Source ]
Sokari [ Image Source ]

8. Kurma Silaj

Kurma Silaj memiliki warna cokelat kemerahan dan bentuk yang lonjong. Daging buahnya mamiliki tekstur yang lembut dan rasanya manis sedang.

Silaj [ Image Source ]
Silaj [ Image Source ]

Buah kurma mengandung banyak khasiat. Jika di makan secara rutin akan meminimalisir penyakit kanker dan jantung. Buah kurma juga kaya akan serat yang dapat mencegah kolestrol. Sangat bermanfaat melancarkan buang air besar dan merupakan sumber zat besi yang baik.

Well guys, itu tadi beberapa jenis kurma yang mungkin belum banyak kamu ketahui. Mungkin bagi kamu yang tidak menyukai kurma bisa mencobanya sedikit dan kamudian dijamin kamu akan ketagihan. Selain menyehatkan, kurma juga enak di makan. Semoga nanti puasanya lancar yaa.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *