Sedang memuat Yang Jorok Tapi Berguna Bagi Kesehatan, Memang Ada?

Yang Jorok Tapi Berguna Bagi Kesehatan, Memang Ada?

Tanpa Mereka Mungkin Kita Sudah Sakit Sakitan

Setiap orang pasti pengen tubuhnya selalu bersih. Untuk tujuan itulah kita mandi dua kali sehari. Selain tubuh menjadi bersih, dengan mandi kita juga terbebas dari bau badan serta berbagai bakteri yang berpotensi menyebabkan penyakit. Apa jadinya ya jika tidak mandi seharian? Jika tidak mandi seharian, maka bau badan kita akan menyengat dan timbul jamur di kulit kita. penyebabnya karena sel sel kulit kita bagian paling luar rutin mati. sel sel mati ini harus dibersihkan, karena bila tidak dibersihkan dapat di pakai oleh jamur sebagai tempat tumbuh.

Hal Hal kotor pada tubuh manusia yang ternyata bermanfaat agar kita tetap sehat.
Hal Hal kotor pada tubuh manusia yang ternyata bermanfaat agar kita tetap sehat. image [source]

Meskipun sudah mandi rutin 2 kali sehari, tetap saja ada bagian tubuh yang kotor. Itu terjadi karena beberapa bagian tubuh memang memproduksi kotoran. Sebut saja telinga dengan kotorannya berwarna kuning, hidung dengan upilnya, serta kulit dengan keringatnya, jika terdapat bebagai macam kotoran tersebut dalam tubuh kita, orang lain yang melihat bisa jijik. Namun tahu tidak jika berbagai jenis kotoran tubuh tersebut ternyata berguna bagi kesehatan manusia? Tak percaya? Berikut ini info manfaat berbagai jenis kotoran tubuh tersebut bagi kesehatan.

1. Smegma, Kotoran Berwarna Putih Pada Kelamin Anak Laki Laki Yang Belum Di Sunat.

Pada anak laki laki yang belum di sunat, di leher kemaluan yang tertutup oleh kulup biasanya terdapat endapan putih. Endapan putih tersebut tersusun atas campuran kulit mati dan minyak. Oleh banyak putih putih di bawah kulup kemaluan laki laki ini dalam dunia kedokteran disebut smegma. Banyak yang menganggapnya sebagai kotoran. Namun siapa sangka ternyata smegma ini punya peran dalam menjaga kesehatan kemaluan laki laki yang belum di sunat.

Smegma, Kotoran Berwarna Putih Pada Kelamin Anak Laki Laki Yang Belum Di Sunat.
Smegma, Kotoran Berwarna Putih Pada Kelamin Anak Laki Laki Yang Belum Di Sunat. image [source]

Ternyata smegma tersebut bermanfaat untuk melindungi kulit kemaluan dari serangan bakteri dan mikroba. Seperti yang kita tahu, kemaluan laki laki sebelum disunat itu selalu lembab. Karena selalu lembab ini, bakteri dan mikroba dapat tumbuh dengan cepat di bagian leher kemaluan tersebut. Untung saja kulit kemaluan tertutup oleh smegma ini sehingga bakteri tidak bisa menyentuhnya. Meskipun berfungsi sebagai pelindung namun tetap harus di bersihkan lho. Karena jika tidak smegma ini akan menumpuk di puntu keluar kulup. Akibatnya dalam jangka waktu beberapa hari kulup justru akan megalami iritasi, kemerah merahan dan jadi bengkak. Pada wanita smegma ini juga ada kok. Terletak di lipatan lipatan kulit kemaluan.

2. Lendir Pada Saluran Pencernaan dan Penafasan

Pernah Flu kan? Ketika flu hidung kita akan tertutup oleh lendir. Kita biasa menyebutnya dengan ingus. Rata rata orang normal akan jijik melihat apalagi menyentuh ingus yang dimiliki oleh orang lain. tak jarang kehadiran lendir yang jumlahnya berlebih ini membuat kita susah bernafas dan merasa malu karena meler meler kemana-mana. Seganteng apapun kamu, jika ingusnya meler kemana-mana tidak bakal deh disukai cewek.

Lendir Pada Saluran Pencernaan dan Penafasan
Lendir Pada Saluran Pencernaan dan Penafasan. image [source]

Meskipun terlihat jorok, menjijikkan dan kotor ternyata lendir ini punya peran besar terhadap kesehatan kota lho. Lendir ini melapisi seluruh poermukaan dalam saluran pernafasan mu. Tujuanya supaya kamu bisa bernafas dengan lancar. Selain itu lendir ini juga berfungsi menangkap debu, bacteri serta mikroba yang terhirup saat kita bernafas. Tekstur lendir yang lengket tersebut mampu dengan mudah megikat apa saja. Selain itu di dalam lendir ternyata juga anzim serta hormon yang mampu membunuh bakteri.

3. Muntah Akibat Keracunan Dan Infeksi Bakteri

Muntah adalah kejadian yang paling menyebalkan bagi banyak orang. bayangkan saja, sudah dandan rapi rapi eh tiba tiba kita muntah. Karena berada di tempar umum yang bersih kita terpaksa menampung muntahan kita itu dengan tangan atau pakaian. Menjijikan memang namun jika tidak di tahan maka muntahan tersebut akan berceceran tersebar ke seluruh ruangan. Bukan hanya rasanya tidak enak, muntah tersebut juga membuat orang lain merasa jijik.

Muntah Akibat Keracunan Dan Infeksi Bakteri
Muntah Akibat Keracunan Dan Infeksi Bakteri. image [source]

Meskipun tiak menyenangkan dan menimbulkan sensasi jijik, muntah ternyata mempunyai andil bagi kesehatan kita. kita muntah biasanya di picu oleh sebab tertentu. Misalnya saja, tubuh kita mengalami infeksi bakteri. Atau bisa juga, kita muntah karena habis menelan makanan yang beracun. Tubuh secara spontah mencoba mengeluarkan racun yang telah tertelan tersebut dengan cara muntah tadi. Kalau tidak dimuntahkan tubuh kita bisa terancam. Namun sayang sekali saat kita muntah, perut kita tidak pilih pilih. Bukan hanya racunnya saja yang dimuntahkan namun semua isi perut lain yang tidak berbahaya juga ikut. Mungkin saja untuk memastikan bahwa tak ada racun yang tersisa di perut kita.

4. Nanah Pada Luka Yang Mengalami Infeksi

Nanah merupakan cairan putih kental yang biasa muncul pada luka. Ketika melihat luka yang bernanah, banyak orang yang merasa terganggu. Mungkin karena otak kita terbiasa melihat kulit yang mulus normal. Penampakan permukaan kulit yang bernanah tersebut ikeh otak kita dipersepsikan sebagai ancaman bahaya. Oleh karena itulah timbul rasa tidak nyaman. Luka bernanah juga sering dianggap luka yang sudah parah. Orang orang jadi takut untuk sekedar melihat luka bernanah tersebut. Akibat selanjutnya nanah di pandang sebagai sesuatu yang jorok dan kotor.

Nanah Pada Luka Yang Mengalami Infeksi
Nanah Pada Luka Yang Mengalami Infeksi. image [source]

https://i.ytimg.com/vi/LIG5SqZdutM/maxresdefault.jpg

Sebenarnya nanah adalah cairan berisi protein sel darah putih dan campuran bakteri yang telah mati. nanah ini ada sebagai wujud perlawanan tubuh kita terhadap serangan bakteri. Jika lukamu mengalami infeksi dan bernanah berarti tubuhmu itu masih mampu memberikan perlawanan. Artinya kamu masih sehat. Namun jika bakteri yang menginfeksi terlalu kuat, sebaiknya kita tidak membiarkan tubuh berjuang sendiri. segera pergi ke dokter untuk mendapatkan perlakuan dan obat yang tepat. Atau minimal sering sering di bersihkan ya luka tersebut.

5. Kotoran Telinga Yang Melindungi Gendang.

Di dunia ini ada satu kegiatan paling menyenangkan dan hanya membutuhkan biaya sedikit. Kegiatan tersebut adalah mengorek-ngorek kuping. Hanya bermodalkan bulu ayan, sensasi yang didapat ketika mengrek kuping ini lumayan nikmat. Banyak irang yang saking menikmati mengorek korek kuping hingga matanya sampai merem melek. Apa sih tujuannya dari mengkorek korek kuping dengan bulu ayam ini? tujuannya apalagi kalau bukan mencari kotoran telinga.

Kotoran Telinga Yang Melindungi Gendang.
Kotoran Telinga Yang Melindungi Gendang. image [source]

Kotoran telinga memang selalu ada di telinga manusia. Hari ini sudah dibersihkan, besok pasti muncul dan muncul lagi. Kalau tidak di bersihkan, malu dong sama orang. masa ganteng ganteng tapi kotoran telinga menumpuk tebal. Seringkali dianggap kotor, ternyata kotoran telinga ini ada manfaatnya lho. Kotoran telinga tersebut terbuat dari minyak mirip lilin kental. Fungsinya adalah melindungi gendang telingamu dari bakteri dan kotoran. Kotoran telinga ini di produksi di 1/3 bagian akhir saluran telinga. Ketika seseorang mencoba membersihkannya dengan mencolok colok pakai cotton buds, kotoran telinga tersebut malah justru bisa terdorong semakin dalam. Lebih dalam dari tempat produksinya sehingga terjebak dan tidak bisa dikeluarkan meskipun sudah di korek korek. Akhirnya telinga pun malah justru jadi sakit. butuh dokter untuk mengeluarkan kotoran telinga yang terjepit itu. Oleh karenanya jika ingin membersihkan kotoran telinga jangan berlebihan ya. Cukup yang dekat dengan lubang telinga luar saja. Yang dalam tidak perlu di colok colok. Biarlah bagian tersebut menjadi urusan tuhan dan tubuh kita untuk menanganinya.

Tuh kan, ternyata kita tidak bisa menilai sesuatu hanya dari tampilan luarnya saja. Sesuatu yang tampak kotor, jorok dan menjijikkan ternyata ada manfaatnya juga bagi tubuh kita. meskipun begitu jangan jadikan sebagai alasan untuk malas mandi ya. Usahakan hal hal tersebut tetap ada di dalam tubuh kita saat di perlukan, namun tidak bisa dilihat oleh irang lain. dengan begitu keberadaanya tidak membuat orang lain merasa ilfil dengan kita.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *