Sedang memuat Kalau Bisa Jangan Simpan 7 Makanan Ini Di Dalam Kulkas! Awas Ada Efek Sampingnya

Kalau Bisa Jangan Simpan 7 Makanan Ini Di Dalam Kulkas! Awas Ada Efek Sampingnya

Di zaman yang semakin modern seperti sekarang keberadaan kulkas mungkin tidak sulit untuk di jumpai. Selain karena kini kulkas harganya yang relatif terjangkau, kulkas juga menjadi salah satu barang elektronik yang memiliki banyak manfaat untuk kehidupan sehari-hari. Memiliki karakter yang dapat mendinginkan segala macam kebutuhan, kulkas menjadi salah satu surganya bahan makanan lantaran dapat membuat bahan makanan menjadi lebih awet yang tetap terjaga kesegarannya.

menyimpan makanan didalam kulkas
menyimpan makanan didalam kulkas [ image source ]

Ngomongin soal menjaga kesegaran, memang kulkas adalah salah satu yang dapat menjadikan bahan makanan seperti sayuran, buah-buahan dan yang lainnya tetap menjadi segar. Namun ternyata tidak semua bahan makanan itu baik disimpan di dalam kulkas, karena ada beberapa bahan makanan yang sejatinya tidak dianjurkan untuk disimpan di dalam kulkas. Mengapa bisa demikian? yuk simak saja beberapa berikut ini tentang makanan apa saja yang sebaiknya tidak di simpan didalam kulkas.

1. Kopi

kopi
kopi [ image source ]

Kopi memiliki karakteristik dapat mengeluarkan aroma khas dari kopi itu sendiri dan aroma kopi adalah aroma yang dapat merelaksasi seseorang yang menghirupnya. Selain itu kopi memiliki sifat sebagai penyerap aroma bau di sekelilingnya, maka dari itu kopi sering sekali di jadikan sebagai penghilang berbagai macam bau seperti bau amis, apek hingga bau busuk. Untuk itulah sebaiknya jangan pernah menyimpan kopi yang masih berbentuk biji di dalam kulkas jika di dalamnya terdapat bahan makanan lainnya seperti sayuran dan buah-buahan. Alasannya adalah karena kopi dapat menyerap segala macam aroma tidak terkecuali aroma alami yang di keluarkan oleh buah dan sayuran sehingga kedepannya dapat membuat rasa buah dan sayuran menjadi berbeda.

2. Buah Tomat

Buah Tomat
Buah Tomat [ image source ]

Tomat adalah salah satu jenis buah yang memiliki kesegaran tersendiri baik jika dikonsumsi secara langsung maupun dikonsumsi untuk menu olahan. Buah tomat sendiri adalah salah satu buah yang tinggi akan kandungan vitamin yang tentunya memberikan banyak manfaat bagi kesehatan tubuh seperti dapat mencegah kanker, menurunkan tekanan darah tinggi hingga dapat menyehatkan jantung. Namun sayangnya kebanyakan orang yang membeli buah tomat itu lantas disimpan di dalam kulkas, padahal hal itu tidak dianjurkan untuk di lakukan. Salah satu alasannya adalah karena dapat merusak tekstur dari buah tomat itu sendiri yang justru akan membuatnya menjadi cepat lembek. Jika tekstur buahnya menjadi lembek dan rusak, maka otomatis kandungan vitaminnya juga akan ikut menurun.

3. Bawang Merah

Bawang Merah
Bawang Merah [ image source ]

Bawang merah mungkin adalah salah satu bumbu dapur yang keberadaannya menjadi pokok untuk segala macam jenis bumbu masakan. Selain menjadi bumbu dapur yang pokok dibutuhkan untuk setiap bumbu makanan, bawang merah sendiri juga terkenal sebagai bumbu dapur yang dapat mencegah kanker. Namun sayangnya masih banyak orang yang masih keliru tentang bagaimana menyimpan bawang merah. Kebanyakan sih orang-orang menyimpannya di dalam kulkas agar tetap awet kesegarannya. Padahal menyimpan bawang merah di dalam kulkas itu tidak dianjurkan karena selain akan merubah kondisi bawang merah menjadi cepat busuk, aroma bawang merah juga dapa membuat kulkas menjadi berbau tidak sedap.

4. Bawang Putih

Bawang Putih
Bawang Putih [ image source ]

Bawang putih sendiri adalah salah satu bahan bumbu dapur yang juga tidak kalah memiliki banyak khasiat bagi kesehatan tubuh. Yang paling terkenal adalah mampu membantu menjaga kesehatan jantung dan mencegah kanker. Namun tidak berbeda jauh dengan kerabatnya bawang merah, bawang putih adalah salah satu bahan makanan yang ternyata sebaiknya jangan disimpan terlalu lama di dalam kulkas. Alasannya adalah karena jika disimpan terlalu lama maka dapat merusak berbagai macam kandungan nutrisi yang ada di dalam bawang putih. Jika segala kandungannya telah rusak, maka tentu hal tersebut akan merubah cita rasa dari bawang putih itu sendiri. Nah salah satu caranya agar dapat menjaga kandungan dan kesegaran dari bawang putih yaitu hanya dengan cara menyimpanbawang putih pada suhu normal ruangan.

5. Buah Pisang

Buah Pisang
Buah Pisang [ image source ]

Buah pisang juga dikenal sebagai buah yang kaya akan kandungan vitamin dan nutrisi yang baik untuk kesehatan tubuh. Oleh sebab itulah pisang kerap disebut sebagai makanan yang menyehatkan karena memiliki khasiat seperti dapat membantu menjaga kesehatan otak, menjaga kesehatan jantung dan masih banyak lagi lainnya. Hampir tidak berbeda dengan buah lainnya, kebanyakan orang sih menyimpan buah pisang itu di dalam kulkas agar kesegarannya tetap terjaga. Namun ternyata hal seperti itu tidak dianjurkan untuk di lakukan karena pisang tidak butuh suhu dingin. Suhu dingin sendiri ternyata dapat membuat tekstur buah pisang menjadi cepat lembek dan busuk. Sehingga otomatis jika buah pisang itu lembek, maka kandungan gizinya juga akan ikut meurun.

6. Buah Melon

Buah Melon
Buah Melon [ image source ]

Buah melon adalah salah satu buah yang memiliki kandungan air yang sangat banyak, oleh sebab itulah buah melon kerap disebut sebagai buah yang sangat menyegarkan apalagi jika di konsumsi saat cuaca terik. Memang sih menyimpan buah melon di dalam kulkas akan menjadikan melon menjadi lebih menyegarkan. Tapi sebaiknya buah melon tidak seharusnya disimpan didalam kulkas terlalu lama, terutama untuk buah melon yang sudah dibelah atau di iris. Pasalnya suhu dingin yang ada di dalam kulkas ternyata dapat membuat nutrisi yang terkandung di dalam buah melon menjadi menurun. Jika memang ingin menyimpannya di dalam kulkas untuk menambah kesegarannya, maka sebaiknya simpanlah 2 atau 3 jam sebelum di konsumsi. Semua itu bertujuan agar kandungan nutrisi dan gizi yang ada pada buah melon tidak hilang.

7. Madu

Madu
Madu [ image source ]

Perlu di ketahui bahwa madu adalah salah satu bahan makanan alami yang dapat bertahan hingga ribuan tahun jika disimpan secara baik dan benar. Cara yang benar untuk menyimpan madu adalah dengan menaruhnya pada di botol kaca yang bisa ditutup dengan rapat. Jika sudah di taruh pada botol kaca, maka madu hanya perlu ditaruh pada suhu ruangan dan tidak perlu ditaruh pada lemari pendingin atau kulkas. Salah satu alasannya adalah, karena suhu dingin pada kulkas ternyata dapat membuat tekstur madu sendiri menjadi lebih cepat mengental. Nah tentu jika sudah mengental madu akan susah di tuang, maka secara otomatis madu perlu di hangatkan pada suhu ruangan. Jika sering mengalami perubahan suhu dari dingin ke hangat seperti itu maka kandungan vitamin yang ada pada madu akan lebih cepat mengalami kerusakan dan tentu khasiat madu untuk kesehatan akan menjadi hilang.

Sahabat iyakan.com, itulah tadi beberapa bahan makanan yang sebaiknya jangan disimpan di dalam kulkas dengan jangka waktu yang lama. Nah jika kamu sering menyimpan bahan makanan-makanan seperti diatas ke dalam kulkas, coba deh mulai sekarang rubah kebiasaan itu. Tujuannya adalah agar kandungan nutrisi dan vitamin yang terkandung di dalam bahan makanan tersebut tetap terjaga secara maksimal. Rugi kan jadinya jika kamu mengkonsumsinya tapi kamu tidak mendapatkan manfaat apa-apa bagi kesehatan tubuhmu.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *