Parah Banget Kasusnya, Demi Mendapat Keuntungan Dan Kehebohan 5 Hewan Ini Sengaja di Palsukan

Keberadaan beberapa dari spesies hewan kini sudah semakin mencengangkan, pasalnya kini beberapa hewan tersebut telah terancam mengalami kepunahan. Oleh karena itu membuat berbagai macam hewan tiruan dengan kulit atau bulu imitasi untuk di jadikan sebagai pajangan mungkin adalah merupakan sesuatu hal yang terbilang wajar. Pasalnya salah satu cara tersebut ternyata sangat efisien di gunakan untuk menurunkan tingkat pembantaian dan penyiksaan terhadap hewan.

pemalsuan kucing
pemalsuan kucing [ image source ]

Memalsukan hewan untuk di jadikan sebuah pajangan atau hiasan mungkin tidak akan merugikan orang. Namun jika memalsukan hewan yang masih hidup untuk mendapatkan keuntungan, maka hal tersebut tidaklah wajar. Seperti yang terjadi pada kasus pemalsuan satwa dan fosil yang berujung menimbulkan kemarahan publik, pasalnya orang-orang merasa ditipu karena telah merogoh kocek besar hanya untuk mendapatkan peliharaan palsu. Dari kasus tersebut, tidak sedikit pula yang mengatakan bahwa hal tersebut adalah merupakan kasus pembodohan publik. Nah dari pada penasaran, yuk simak ulasan berikut tentang kasus pemalsuan hewan yang bakal bikin kamu geleng-geleng kepala.

1. Singa Yang Menggonggong

tibetan mastiff
tibetan mastiff [ image source ]

Singa adalah salah satu hewan buas yang keberadaannya sering di jumpai di kebanyakan kebun binatang. Jika singa sudah mengaung keras maka dari suaranya akan sangat terlihat jelas bahwa singa termasuk hewan ganas dan mengerikan. Namun apa jadinya jika sedang berkunjung di kebun binatang kemudian melihat singa tidak dengan mengaung, melainkan suaranya berubah menjadi menggonggong seperti anjing. Fenomena singa bersuara anjing ini pernah terjadi di kebun binatang di China, pasalnya singa yang ada di kebun binatang ini hanyalah seekor anjing tibetan mastiff yang di dandani seperti singa Afrika. Tidak hanya itu, masih banyak lagi hewan yang di dandani untuk menjadi binatang palsu lantaran kebun binatang ini tidak memiliki hewan-hewan yang asli dari yang di palsukan itu. Dari kasus pemalsuan hewan ini sontak membuat para pengunjung sebal karena telah merogoh kocek hanya untuk melihat hewan palsu, namun sebagian memaklumi kasus tersebut lantaran memang mendatangkan hewan langka itu tidaklah gampang terlebih biayanya yang pastinya mahal.

2. Kucing Palsu Seharga Ratusan Dolar

kucing sphynx
kucing sphynx [ image source ]

Kucing adalah salah satu hewan yang banyak di minati untuk di jadikan hewan kesayangan, pasalnya kucing ini memiliki karakter lucu dan menggemaskan. Dan salah satu kucing yang banyak diminati oleh orang untuk di pelihara adalah kucing dari jenis ras Sphynx. Kucing ras sphynx adalah ras kucing yang memiliki penampilan yang tidak biasa, pasalnya kucing ini sama sekali tidak di tumbuhi bulu hampir di setiap tubuhnya. Keunikannya tersebutlah yang akhirnya membuat ras kucing sphynx menjadi sangat mahal hingga ratusan dolar. Karena banyak yang tergiur untuk meraup untung yang banyak, tidak sedikit dari para penjual kucing ras sphynx ini justru memalsukannya dengan cara mengambil kucing biasa yang seluruh bulunya telah di hilangkan. Anehnya, dari kasus pemalsuan sphynx ini telah banyak orang yang tertipu dalam membelinya dengan harga yang lumayan mahal. Kasus ini pernah di alami oleh JoAnne Dyck dan Shayla Bastaraceh yang mendapatkan kucing sphynx palsu yang ternyata adalah seekor kucing biasa yang semua bulunya telah di rontokkan dengan obat perontok bulu.

3. Foto Cumi-Cumi Raksasa Yang Ternyata Palsu

foto cumi raksasa palsu
foto cumi raksasa palsu [ image source ]

Foto dari keberadaan cumi-cumi raksasa di pantai Santa monica sempat menjadikan heboh jagad maya dan menjadi sangat viral di tahun 2014, lantaran foto cumi-cumi tersebut terlihat memiliki ukuran yang sangat besar. Bahkan hanya dalam hitungan menit, foto cumi-cumi moster tersebut langsung tersebar luas di seluruh dunia, hingga tidak sedikit yang menanggapinya. Pada awalnya banyak yang menduga bahwa cumi-cumi raksasa tersebut telah mengalami mutasi genetika karena terpapar radiasi Fukushima. Namun berselang beberapa waktu kemudian ternyata, kebenaran dari foto tersebut akhirnya terungkap, yang faktanya foto tersebut hanyalah foto hoax hasil dari editan seseorang. Background yang di gunakan pada foto cumi-cumi monster tersebut adalah sebuah foto dari kejadian terdamparnya ikan paus pada salah satu pantai di Chilie. Namun kemudian ikan paus tersebut sengaja di hilangkan dan di ganti dengan obyek baru yaitu cumi-cumi yang di edit sedemikian rupa sehingga foto tersebut akan nampak seperti cumi-cumi raksasa. Meskipun merupakan foto hoax, namun dari pembuatan foto tersebut banyak yang lantas menyebarkan seolah-olah foto tersebut adalah merupakan sebuah kejadian yang nyata.

4. Foto Hoax Anaconda Raksasa di Amazon

foto hoax anaconda raksasa
foto hoax anaconda raksasa [ image source ]

Anaconda adalah salah satu dari jenis ular yang memiliki ukuran terbesar di dunia, dan biasanya banyak di temui di daerah Amazon, Afrika. Pada tahun 2015, sempat tersebar luas di dunia maya foto dari penemuan ular anaconda paling besar di dunia. Foto yang tersebar sempat membuat heboh, lantaran dalam foto tersebut telihat jelas bagaimana ukuran perbandingannya dengan manusia yang berada di dekatnya. Dalam foto tersebut, ada melekat informasi yang menyebutkan bahwa telah di temukan ular anaconda raksasa di amazon yang telah menewaskan 257 orang dan hampir 3000 binatang dengan berat 2000 kilogram dan panjangnya mencapai 134 kaki. Faktanya ular anaconda dalam foto tersebut memanglah besar, tapi ukurannya tidak sebesar yang di tuangkan dalam foto tersebut. Semua itu hanyalah foto anaconda yang di ambil dari jarak dekat kemudian di rekayasa sedemikian rupa agar berkesan foto tersebut tampak nyata. Sontak bagi seseorang yang kurang mengerti dalam bidang pengeditan foto, maka hal ini adalah merupakan informasi yang menakjubkan. Pasalnya hingga sekarang masih banyak yang menyebarluaskan foto hoax dari ular anaconda tersebut di dunia maya.

5. Fosil Palsu Yang Tersebar Luas di Internet

ilustrasi fosil palsu
ilustrasi fosil palsu [ image source ]

Dari parahnya kasus pemalsuan hewan, ternyata kasus ini tidak hanya terjadi pada sosok hewan yang masih hidup saja, melainkan juga meliputi hewan yang sudah mati khususnya seperti pada fosil hewan purba. Bagi para pecintanya, fosil adalah salah satu benda paling berharga untuk di jadikan koleksi pribadi. Untuk itulah, kebanyakan dari para kolektor fosil rela mengeluarkan kocek yang mahal untuk membeli fosil yang di inginkannya. Atas iming-iming uang yang banyak dari penjualan fosil, tidak sedikit orang tega melakukan berbagai cara pemalsuan terhadap fosil. Modusnya adalah dengan menyebarluaskan foto penemuan fosil lewat internet atau dunia maya. Trik menjual fosil dari dunia maya ini cukup efisien membuat para peminatnya tertipu lantaran tidak dapat mengecek langsung keaslian fosil tersebut. Dari kasus-kasus penipuan yang terjadi, faktanya hingga kini penjualan fosil palsu masih banyak terjadi di internet.

Nah sahabat iyakan.com, itulah tadi beberapa ulasan mengenai keberadaan hewan yang di palsukan untuk mendapatkan keuntung atau hanya untuk membuat heboh. Bagi kamu pecinta hewan, terlebih yang suka kucing seperti jenis dari ras sphynx, sebaiknya belilah kucing dari para penjual yang bisa di percaya agar tidak tertipu seperti kasus yang banyak sekali terjadi.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *