Beberapa Kebiasaan Buruk Sehari Hari Yang Mempercepat Proses Penuaan.

Kebiasaan Sepele Penyebab Cepat Tua

Siapa sih yang tidak ingin awet muda. Semua orang ingin tampil awet muda. Mereka berusaha sebisa mungkin menjaga supaya penampilan mereka terlihat lebih muda dari pada umur asli. Beberapa upaya yang sering dilakukan antara lain: rutin melakukan perawatan wajah, memakan makanan tertentu, rajin berolah raga hingga menjalani diet. Ada juga yang rela minum obat-obat tertentu secara rutin hanya untuk terlihat muda. Yang paling ekstrim, beberapa orang melakukan operasi plastik supaya terus terlihat muda.

Beberapa Kebiasaan Buruk Sehari Hari Yang Mempercepat Proses Penuaan.
Beberapa Kebiasaan Buruk Sehari Hari Yang Mempercepat Proses Penuaan. image [source]

Karena terlalu bersemangat menjaga penambilan agar awet muda tersebut, beberapa orang sampai mengabaikan kebiasaan kebiasaan sepele sehari hari yang ternyata justru membuat proses penuaan semakin cepat. Dalam hidup kita sehari- hari ada beberapa kebiasaan yang kita anggap baik tapi ternyata berpengaruh buruk pada kesehatan kita. ketika kebiasaan kebiasaan buruk yang kita sepelekan tersebut berlangsung dalam jangka waktu yang lama, maka kebiasaan tersebut membuat daya regenerasi tubuh kita menjadi berkurang. Akibat daya regenerasi sel sel tubuh berkurang, proses peremajaan pada berbagai bagian tubuh pun melambat. Akibatnya sel-sel rusak lebih cepat dari proses perbaikan sel. Dampak akhirnya kita mengalami proses penuaan yang di percepat. Tidak mau kan berbagai kebiasaan sepele membuat kamu menjadi tua lebih cepat dari yang seharusnya? Jika ya, maka kamu perlu tahu kebiasaan buruk apa saja yang bisa membuat proses penuaan berjalan lebih cepat. Berikut ini beberapa kebiasaan buruk yang sering kamu sepelekan tersebut.

1. Kebiasaan Merokok.

Sepertinya sudah menjadi rahasia umum bahwa merokok dapat merugikan kesehatan. Bahkan di bungkus rokok yang dijual di wilayah indonesia, di tulis peringatan pemerintah, merokok membunuhmu. Asap rokok memang mengandung nikotin dan ratusan zat berbahaya lainnya. Berbagai zat zat berbahaya tersebut meningkatkan resiko si perokok terkena penyakit jantung dan paru paru. Namun belum banyak yang tahu bahwa ternyata merokok juga mempercepat proses penuaan. Bagaimana ya aktivitas merokok mampu mempercepat proses penuaan ini?:

Kebiasaan Merokok.
Kebiasaan Merokok.image [source]

Ternyata berbagai zat kimia berbahaya yang ada dalam asap rokok tersebut juga berefek pada kulit kita. kulit seorang perokok rentan mengalami resiko terkena penyakit psoriasis, hidradenitis, suppurativa, dan kutaneus lupus erithematosus. Beberapa penyakit radang kulit juga lebih sukar disembuhkan pada diri para perokok. Namun sebelum kamu bertanya lebih lanjut tentang penyakit-penyakit kulit yang susah diucapkan tersebut, ada baiknya kamu tahu dulu bagaimana sih, aktifitas merokok membuat kulit menua lebih cepat. Asap rokok, mengandung nikotin yang mudah terikat oleh darah. Ketika darah sudah mengikat nikotin, maka kemampuan darah dalam mengikat oksigen menjadi berkurang. Jadi dalam jangka waktu yang lama kulit kita kekurangan suplai oksigen. Kondisi kekurangan oksigen ini disebut iskhemia. Karena kulit terus menerus kekurangan oksigen inilah kulit menjadi kurang elastis dan lama regenerasinya. Ditambah lagi nikotin dalam asap rokokk juga mengaktifkan enzim MMP yang mempercepat proses penghancuran kolagen. Karena kolagen merupakan zat yang menopang elastisitas kulit, ketika kolagen rusak, kulitpun terlihat semakin tua.

2. Kebiasaan Diet Ekstrim

Bagi beberapa orang, ukuran itu penting. Bagi orang orang ini, berat badan mereka naik sedikit saja, mereka sudah panik setengah mati. Mereka pun akan berusaha mati-matian agar berat badan mereka bisa turun dengan cepat. Yang menjadi masalah kadang mereka perlu menurunkan berat badan dalam waktu yang relatif singkat. Penyebabnya dalam waktu yang terbatas mereka harus menghadapi event event penting seperti: pernikahan, wisuda, pertunjukan atau acara-acara penting lain. acara-acara penting tersebut mengharuskan mereka untuk memiliki berat badan yang ideal. Untuk menurunkan berat badan secara drastis dalam waktu yang singkat tersebut mereka melakukan diet ekstim. Jumlah makanan yang mereka konsumsi dipangkas habis dari jumlah kalori harian yang mereka makan.

Kebiasaan Diet Ekstrim
Kebiasaan Diet Ekstrim. image [source]

Harapannya , dengan sedikit makan tersebut, berat badan mereka bisa cepat berkurang. Ini merupakan kebiasaan buruk. Jika terus menerus dilakukan, maka bukan penampilan menariklah yang didapat, namun proses penuaan yang dipercepat. Diet ekstrim ini akan membuatmu selalu merasa lemas karena kekurangan kalori. Orang yang lapar juga jadi susah konsentrasi dan mudah marah. Kebiasaan menurunkan berat badan secara drastis dalam waktu yang singkat ini juga menyebabkan kulitmu akan berkeriput dan megelambir. Penyebabnya karena, kamu tidak memberikan cukup waktu bagi kulit untuk menyesuaikan diri dengan berkurangnya lemak tubuh. Akibat berat badan yang turun drastis ini kulitmu jadi kendur seperti nenek-nenek.

3. Kebiasaan Kurang Tidur.

Yang perlu banyak tidur itu hanya anak-anak. Begitulah pendapat beberapa orang yang terpaksa banyak bergadang akibat tuntutan pekerjaan atau hobi. Karena pekerjaan mereka menumpuk, terpaksa orang orang tersebut masih juga terjaga di meja kerja lewat tengah malam. Ada juga orang-orang yang sehabis bekerja mereka masih harus menghadiri beberapa acara pesta hingga larut malam. Meraka tidak sadar bahwa orang dewasa juga perlu tidur selama 7 jam tiap harinya.

Kebiasaan Kurang Tidur.
Kebiasaan Kurang Tidur. image [source]

Sebuah penelitian yang dilakukan oleh Estee Lauder pada tahun 2013 menunjukkan bahwa kurang tidur ini juga berefek pada penuaan kulit manusia. Akibat kurang tidur tersebut, kemampuan kulit melakukan pemulihan sehabis terpapar sinar matahari menjadi berkurang. Penelitian ini melibatkan wanita wanita berusia 30 hingga 40 tahun. Mereka semua mengalami kekurangan waktu tidur. Setelah diamati, pada wanita-wanita ini gejala penuaan dini pada kulit nampak sangat jelas. Di samping itu orang yang suka begadang juga cenderung gendut. Sudah kelihatan tua masih ditambah dengan badan gendut, ancaman serius nih bagi para mamah muda.

4. Kebiasaan Menyimpan Kebencian

Ketika kita melakukan aktivitas sehari-hari, pasti kita tidak selalu bertemu dengan orang yang kita senangi. Kamu pasti akan bertemu juga dengan orang-orang yang menyebalkan, yang menganggumu dan membuatmu terasa tersakiti. Orang-orang seperti itu memang banyak. seringkali akibat ulah mereka, kamu menderita kerugian yang sangat besar. Karena rugi besar tersebut kamu jadi merasa benci dan dendam. Menyimpan kebencian dan dendam dalam jangka waktu yang lama ini ternyata juga mempercepat proses penuaan lho.

Kebiasaan Menyimpan Kebencian
Kebiasaan Menyimpan Kebencian. image [source]

Menyimpan kebencian dan dendam dapat menyebabkan tekanan darahmu menjadi tinggi, kerutan kulit wajah di berbagai bagian dan stress berkepanjangan. Jika kondisi ini dibiarkan dalam jangka waktu yang lama, bisa jadi kesehatan mentalmu jadi terganggu. Akibat selanjutnya karena kulit wajah banyak keriput serta kurang sehat tersebut, kita pun jadi tampak lebih tua. Agar proses penuaan kita tidak bertambah cepat, sebaiknya kita segera memaafkan orang-orang yang pernah menyakiti kita dimasa lalu. Menyimpan dendam, meyimpan kemarahan hanya akan merusak diri sendiri. Dengan memaafkan kesalahan orang lain yang telah menyakiti kita tersebut kita menjadi lebih santai, tidak terbebani dan lebih bisa menikmati hidup. Dengan lebih santai dan menikmati hidup ini kita pun akan awet muda.

5. Kebiasaan Banyak Duduk Dan Tiduran.

Orang orang yang hidup pada jaman dahulu kalau mau mempeoleh hiburan, mereka harus mau keluar rumah. Jalan jalan di taman, pergi ke pasar malam, keliling kota atau tempat rekreasi lainnya. Berbeda dengan orang-orang jaman dulu, kalau hanya sekedar ingin mendapatkan hiburan, orang orang bisa mendapatkannnya tanpa perlu berpindah tempat. Kemajuan teknologi informasi lah yang menjadi penyebabnya. Semenjak ada internet, ada tv kabel ada sosial media, orang orang betah duduk atau berbaring di sofa sembari menikmati hiburan. Kebiasaan banyak istirahat tersebut pun masih di barengi dengan ngemil makanan makanan yang tidak sehat.

Kebiasaan Banyak Duduk Dan Tiduran.
Kebiasaan Banyak Duduk Dan Tiduran. image [source]

Akibat kamajuan teknologi, orang-orang jadi malas bergerak. Mereka betah berjam-jam duduk dan berbaring di sofa. Akibat karena kurang gerak ini kemampuan kordinasi tubuh mereka menjadi kirang bagus. Ketika terpaksa berjalan, terkena sandungan sedikit saja mereka terjatuh, cidera dan harus makin banyak istirahat lagi. Di dalam ilmu biologi ada teori use and disuse. Organ organ tubuh yang digunakan akan berkembang, sedangkan yang jarang digunakan akan menyusut. Karena sebagian besar orang sekarang kurang aktivitas fisik maka, organ –organ tubuh mereka pun akan berkurang fungsi dan kemampuannya. Misalnya saja, baru berjalan sebentar, nafas sudah ngos-ngosan. Otot tidak mampu untuk mengangkat barang yang tidak terlalu berat dan penurunan fungsi yang lain. tidak mau kan umur masih belasan tapi kemampuan fisik setara dengan manula yang umurnya sudah 65 tahun keatas? Jika ingin tetap seperti orang muda, banyak-banyaklah melakukan aktifitas fisik.

Dari berbagai kebiasaan buruk yang sudah dipaparkan diatas, kira-kira kebiasaan buruk mana yang masih sering kamu lakukan? Menurutmu apakah kebiasaan buruk tersebut benar-benar mempercepat proses penuaanmu? Jika jawabannya iya, sebaiknya kamu cepat-cepat meninggalkan berbagai kebiasaan buruk tersebut secepat mungkin. Semakin lama dilakukan semakin buruk juga dampaknya. Meskipun susah meninggalkan kebiasaan buruk jika terus menerus ditunda, dimasa depan kebiasaan itu pasti membuatmu menyesal. Jadi sebelum parah berusahalah untuk merubahnya sekarang juga. Selamat berusaha ya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *