Sedang memuat Kehidupan Di Masa Lalu Mars Yang Disembunyikan Oleh NASA, Serta 4 Fakta Menarik Lainnya

Kehidupan Di Masa Lalu Mars Yang Disembunyikan Oleh NASA, Serta 4 Fakta Menarik Lainnya

Seorang peneliti bernama Steve Ruff dan Jack Farmer dari Arizona State University (ASU) mempelajari data dari kunjungan Rover Spirit untuk Home Plate, sebuah dataran tinggi berlapis batu di wilayah kawah Columbia Hills. Hasilnya diketahui batuan yang ada di kawasan tersebut mirip dengan yang ditemukan NASA pada penelitiannya di Mars  tahun 1970 an. Dari situ diketahui bahwa pada jaman dahulu Mars  memiliki kandungan air lebih banyak dari pada sekarang. Di Mars juga ditemukan adanya gunung berapi aktif yang menyimpan sumber air panas.

Kehidupan di Masa Lalu Mars Yang Disembunyikan Oleh NASA, Serta 10 Fakta Menarik Lainnya
Kehidupan di Masa Lalu Mars Yang Disembunyikan Oleh NASA, Serta 10 Fakta Menarik Lainnya.image [source]

Di Wilayah sumber air panas tersebut lah, beberapa pesawat yang dikirim ke Mars beserta robot ya menemukan batuan yang dikenal dengan stramatolit. Setelah di pelajari oleh kedua ahli tersebut diketahui bahwa di dalam batuan stramatolit tersimpan mikroba dari kehidupan masa lalu di planet Mars. Mikroba mikroba prasejarah yang ditemukan di batuan stramatolit Marsh tersebut juga ditemukan di bumi sebagai bentuk kehidupan awal di bumi. Di Mars juga telah ditemukan lapisan tanah yang mengandung mikroba. Beberapa peneliti meyakini bahwa temuan tentang adanya mahluk hidup primitif di Mars tersebut telah diketahui oleh NASA sejak ekspedisi viking pada tahun 1976 yang lalu. Namun NASA menyembunyikan fakta adanya kehidupan di Mars ini. Selain fakta mengejutkan tersebut, Mars juga menyimpan 9 fakta lain yang perlu kamu tahu antara lain sebagai berikut :

1. Mars punya lebih banyak air di masa lampau, mirip seperti bumi pada masa sekarang.

Puluhan pesawat luar angkasa telah dikirim ke Mars. Dari berbagai pesawat luar angkasa serta robot yang dikirim ke Mars oleh NASA tersebut diketahui bahwa Mars memiliki struktur seperti kanal. Kanal kanal yang ada di Mars tersebut diduga terbentuk akibat aliran air yang dulu terdapat banyak di Mars. Ingat di bumi saat ini juga terdapat kanal kanal yang terus aliran air bukan? Struktur kanal kanal yang terisi air tersebut kita kenal sebagai sungai.

Mars punya lebih banyak air di masa lampau, mirip seperti bumi pada masa sekarang.
Mars punya lebih banyak air di masa lampau, mirip seperti bumi pada masa sekarang. image [source]

Fakta adanya alur sungai kering di Marsh ini telah diketahui oleh seorang peneliti asal Itali sejak tahun 1894. Lewat teleskop teleskop berukuran besar yang digunakan untuk mengobservasi Mars pada masa itu, Percival Lowell berhasil melihat kanal kanal bekas sungai kering di Mars tersebut. Pesawat pesawat ruang angkasa yang dikirim oleh NASA pada tahun tahun akhir mengkonfirmasi temuan tersebut.

2. Mars punya cadangan air dalam bentuk es di masa kini.

Dimana ada air maka disitulah peluang ditemukannya kehidupan makin besar. Oleh karena itulah berbagai pesawat luar angkasa yang dikirim ke Mars fokus untuk menemukan air di berbagai lingkungan Mars. Proyek penelitian terakhir yang dilakukan oleh NASA adalah mengirim robot Penjelajah bertenaga matahari yang disebut curiousity. Robot Penjelajah ini dikirim ke Mars pada Agustus 2012 dan sampai kini masih berfungsi dengan baik.

Mars punya cadangan air dalam bentuk es di masa kini
Mars punya cadangan air dalam bentuk es di masa kini. image [source]

Curiousity dikirim ke Mars untuk menemukan bentuk bentuk kehidupan di Mars baik di masa lalu ataupun di masa kini. Beberapa sampel tanah, sampel batuan serta foto foto permukaan planet Mars diambil oleh curiosity. Diketahui bahwa atmosphere di planet Mars terlalu tipis sehingga tidak memungkinkan keberadaan air dalam wujud cair. Namun di kutup kutup planet Mars terdapat banyak cadangan air berupa es yang membeku. Meskipun di permukaan Mars tidak diketemukan air pada saat ini diyakini bahwa atmosfer Mars dulu pernah setebal atmosfer bumi sehingga memungkinkan keberadaan air di Mars dimasa lalu. Tugas curiousity lah untuk menemukan keberadaan air di Mars ini baik dimasa lalu maupun masa kini. Tak ditemukan nya air di permukaan Mars bukan berarti di lapisan dalamnya tidak terdapat air juga. Kemungkinan besar Mars menyimpan air di bagian dalam planet nya.

3. Mars mempunyai gunung yang paling tinggi diantara planet planet lain di Tata Surya.

Gaya gravitasi yang ada di Mars hanyalah sepertiga dari gaya gravitasi bumi. Kecilnya gaya gravitasi Mars ini menyebabkan gunung gunung bisa berkembang lebih tinggi tanpa ada resiko ambruk. Itulah mengapa di Mars ada salah satu gunung paling tinggi di tata surya. Gunung paling tinggi di tata surya tersebut adalah gunung Olimpus. Ketinggian gunung Olimpus ini mencapai, 25 kilometer. Luas dari gunung Olimpus ini pun sangat luas. Hampir sama luas dengan negara bagian Arizona di Amerika Serikat.

Mars mempunyai gunung yang paling tinggi diantara planet planet lain di Tata Surya.  image [source]

Selain mempunyai gunung paling tinggi di tata surya, di Mars juga ada lembah paling dalam. Lembah tersebut bernama marineris sesuai nama pesawat penemu nya. Luas dari kawah ini sama dengan luas dari Amerika Serikat dengan kedalaman mencapai 7 kilometer. Kawah marineris ini mencapai 20 persen dari luas keseluruhan Mars.

4. Atmosphere Mars sangat berbahaya bagi manusia.

Suhu di atmosfer Mars sendiri mencapai minus 45 derajat Celsius. Jika seseorang pergi ke Mars tanpa perlindungan tentu saja ia akan langsung membeku. Penyebab lainnya kenapa atmosfer Mars sangat berbahaya adalah komposisi udara ya yang sangat berbeda dengan bumi. Di Mars, udara nya tersusun atas karbon dioksida yang banyaknya mencapai 90 persen lebih disusul sejumlah kecil nitrogen dan argon.

Atmosphere Mars sangat berbahaya bagi manusia.  image [source]

Manusia yang membutuhkan oksigen untuk bernafas akan langsung tercekik dan meninggal di Mars begitu melepas pelindung. Atmosfer Mars yang tipis juga menyebabkan banyak radiasi ultraviolet dari matahari yang masuk. Kita tahu bahwa radiasi ultraviolet ini sangat berbahaya bagi tubuh manusia. Lapisan atmosfer yang tipis tersebut juga menyebabkan Mars rentan dihujani meteor sampai ke permukaan planetnya.

Itulah beberapa fakta tentang Mars yang berhasil di ketahui dari berbagai penelitian yang telah dilakukan oleh NASA dan misi misi ke Mars lainnya. Saat ini para ahli sedang mewujudkan mimpi untuk pergi ke Mars dan menetap disana. Semoga saja mimpi tersebut segera terwujud ya. Sehingga. Manusia punya alternatif planet cadangan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *