6 Orang Korban Dengan Tangan Terpotong Dan Fakta Kebrutalan Jaringan Kartel Narkoba

Semoga Lekas Diberantas Kartel Narkoba Ini

Jika di Jepang ada Yakuza, geng kejahatan yang sering menebar teror, maka di Meksiko ada kartel yang menjadi otak di balik merajalelanya peredaran narkoba. Tak kalah kejam dengan geng Yakuza yang ada di Jepang, para kartel ini dalam menjalankan bisnis peredaran narkoba juga sering melakukan teror, penculikan, pembunuhan serta mutilasi pada pihak-pihak lain.kasus terbaru, pada 18 Oktober 2016 di kota Guadalajara, ditemukan 6 orang hidup korban mutilasi. Semua tangan mereka di potong. Di dahi mereka ditulisi, “i’m thief”. Ke-enam orang tersebut terdiri atas 5 laki-laki dan 6 orang perempuan. Di samping ke-enam orang tersebut ditemukan juga 1 jasad orang meninggal dan tas besar berisi potongan tangan.

6 Orang korban dengan Tangan Terpotong dan fakta kebrutalan Jaringan Kartel Narkoba
6 Orang korban dengan Tangan Terpotong dan fakta kebrutalan Jaringan Kartel Narkoba. image [source]

Pihak berwenang menduga mereka merupakan korban pembantaian kelompok kriminal yang sering terlibat dalam peredaran narkoba dan perdagangan manusia. Menurut saksi yang melihat, mereka dibawa dengan menggunakan dua mobil. Si penjahat juga menulis pesan yang artinya, semua pencuri akan menerima perlakuan seperti ke 6 orang tersebut. Peristiwa ditemukannya 6 orang korban pembantaian tersebut berada di Negara bagian Jalisco. Negara bagian ini memang dikenal daerah yag penuh dengan kekerasan dan dikuasai oleh kartel pengedar narkoba Jalisco New Generation. Penasaran dengan kartel-kartel Narkoba Meksiko ini? Berikut ini 6 fakta terkait mereka.

1. Dulunya Mereka Adalah Para Tentara.

Kartel narkoba paling di takuti di Meksiko bernama Los Zeta. Pemerintah amerika serikat sendiri mengkategorikan sindikat narkoba yang satu ini sebagai sindikat yang paling canggih persenjataanya, ahli dalam strategi tempur, paling ganas, paling brutal dan paling berbahaya diantara kartel-kartel Narkoba lainnya. Selain bergerak dalam bisnis peredaran narkoba, kartel yang satu ini juga memperluas jaringan operasinya pada penjualan senjata dan manusia.

Dulunya Mereka Adalah Para Tentara
Dulunya Mereka Adalah Para Tentara. image [source]

Kartel paling berbahaya ini terbentuk pada tahun 1990-an. Ketika itu pompinan kartel narkoba Gulf sedang membutuhkan pasukan. Ia kemudian merekrut seorang letnan pecatan pasukan khusus di Meksiko. Setalah bergabung dengan kartel, letnan pecatan pasukan khusus tersebut berhasil membujuk 30 mantan anak buahnya untuk keluar dari militer dan bergabung ke dalam kartel Gulf. Merasakan betapa manisnya bisnis narkoba, si letnan beserta anak buahnya memisahkan diri dari kartel yang mempekerjakan mereka dan membentuk organisasi kriminal sendiri. Beberapa aksi brutal mereka dalam rangka memberikan teror pada rival-rivalnya antara lain: memenggal kepala, menyiksa secara brutal, menculik serta membantai. Pusat komando kartel Los Zeta ini di Nuevo Laredo

2. Merekrut Agen-Agen Berumut Belasan Tahun Dari Penduduk Amerika.

Basis operasional cartel narkoba ini berada di Meksiko, namun sebagian besar pangsa pasar mereka berada di Amerika Serikat. Untuk memperlancar peredaran narkoba di Amerika Serikat tersebut, kartel kartel narkoba merekrut agen agen siap buang. Atau di kenal dengan The Exspendable. Agen agen tersebut diambil dari anak-anak Amerika Serikat yang umurnya belasan tahun. Mereka di rekrut di beri banyak uang dan diminta untuk melakukan tugas-tugas sederhana peredaran narkoba. Siap buang karena begitu agen agen exspendable ini tertangkap polisi, jaringan mereka terputus di agen tersebut dan orang-orang kartel aman, bebas dari jangkauan polisi.

Merekrut  Agen-Agen Berumut Belasan Tahun Dari Penduduk Amerika.
Merekrut Agen-Agen Berumut Belasan Tahun Dari Penduduk Amerika. image [source]

Pernah polisi di Texas menangkap remaja berusia 12 tahun mengemudikan mobil curian untuk mengangkut marijuana seberat 800 pound. Meskipun anak tersebut berhasil di tangkap polisi, jaringan kartel tetap aman karena anak tersebut merupakan agen sekali buang. Polisi di Texas tersebut juga menjelaskan, ratusan anak di bawah umur lain, telah direkrut oleh kartel narkoba dari meksiko tiap tahunnya. Umumnya mereka tidak sadar jika telah terlibat dalam kejahatan yang besar.

3. Membuat Kapal Selam Sendiri.

Sejak petugas Patroli laut menggunakan radar untuk mendeteksi penjahat yang mencoba untuk menyelundupkan narkoba ke perbatasan USA, para kartel ini tidak bisa menggunakan lagi kapal biasa. Mereka kemudian membuat kapal selam sendiri. Kapal selam tersebut dikenal dengan Narco Submarine. Kapal selam ini mampu mengangkut berton-ton ganja. Seluruh tubuh kapal benar-benar terbenam di dalam air ketika beroperasi. Untuk membuat 1 kapal selam Narkoba ini dibutuhkan dana sekitar $2000.000 dolar Amerika Serikat.

Membuat Kapal Selam Sendiri.
Membuat Kapal Selam Sendiri. image [source]

Narco Submarine tersebut di rakit bagian demi bagian di dalam hutan. Setelah jadi, muatan berupa narkoba kemudian dimasukkan sedikit demi sedikit. Setelah masuk semua batu kapal selam beserta muatannya tersebut di masukkan ke perairan. Meskipun harga pembuatannya cukup mahal, para kartel ini tidak segan-segan lo meninggalkan kapal selamnya dan buru buru pergi menyelamatkan diri setelah narkoba sukses dikirim. Kapal selam seharga 2 juta dolar di buang begitu saja? Kaya banget mereka kan? Mereka tak segan-segan membuang kapal selam mahal tersebut karena ketika sukses menyelundupkan narkoba, mereka mendapat pemasukan 400 juta dolar dari sekali transaksi tersebut. Dapat uang 400 juta dolar dan kehilangan kapal seharga 2 juta dolar, masih sisa 398 juta dolar kan pendapatan mereka. Masuk akal.

4. Pimpinan Kartel Narkoba Masuk Dalam Daftar Orang Terkaya Di Dunia Bersi Forbes.

Namanya Joaquin Archibaldo Guzman Loera. Lebih dikenal dengan nama El Chapo Guzman. Ia merupakan pomponan kartel narkoba Sinaloa. Ia memegang bisnis peredaran narkoba di meksiko dan amerika serikat sejak 2003. Bahkan 25 persen dari penyelundupan narkoba ke Amerika didalangi oleh El Chapo Guzman ini. Amerika serikat sendiri menjuluki pria ini sebagai pengedar narkoba paling kuat di dunia.

Pimpinan Kartel Narkoba Masuk Dalam Daftar Orang Terkaya Di Dunia Bersi Forbes.
Pimpinan Kartel Narkoba Masuk Dalam Daftar Orang Terkaya Di Dunia Bersi Forbes..image [source]

Tiap tahun mulai dari tahun 2009 hingga 2011 forbes memasukkan Guzman sebagai salah satu orang paling berkuasa di seluruh dunia. Dalam daftar tersebut ia berada di peringkat 41. Puncaknya pada tahun 2012, majalah Forbes kembali memasukkan Guzman sebagai orang yang masuk dalam daftar orang paling kaya di dunia. Tahun inilah untuk pertama kalinya orang yang bergerak di dalam bisnis kotor masuk dalam datar Forbes. Karena pengaruh besarnya di bidang narkoba tersebut ia pun menjadi buronan DEA dan dihargai 5 juta dolar bagi siapapun yang bisa menangkapnya.

5. Mengubah Polisi Baik Menjdi Jahat.

Pihak yang paling berwenang dalam memburu para kartel ini adalah polisi federal Meksiko yang bernama Agencia Federal de Investigacy atau disingkat AFI. Namun apa daya uang telah menyusup ke dalam tubuh polisi federal Meksiko ini. Tak hanya merekrut tenaga dari pihak tentara, kartel-kartel narkoba tersebut dengan sumberdaya nya yang melimpah telah menyuap polisi polisi Federal di Meksiko. Dari 7000 petugas kepolisian yang aktif, 1500 personil diantaranya terlibat dalam bisnis peredaran narkoba ini. Pantas saja ya jaringan narkoba di Meksiko susah tertangkap.

Mengubah Polisi Baik Menjdi Jahat
Mengubah Polisi Baik Menjdi Jahat.image [source]

Karena banyaknya personil yang terlibat jaringan narkoba tersebut, tahun 2005 AFI di bekukan. Petugas-petugas yang terlibat jaringan narkoba di bersihkan dan di bentuk badan kepolisian baru yang bernama Ministerial Federal Police. Bahkan orang nomer 2 di AFI, Rodolfo De La Guardia Garcia pun ditangkap akibat terduga terlibat dalam kartel sinaloa.

6. Lebih Dari 40.000 Kematian Diakibatkan Oleh Kartel Narkoba.

Setelah presiden Felie Calderon terpilih pada tahun 2006, ia memutuskan untuk memerangi kartel narkoba secara Frontal. Ia megirim tentara ke pusat-pusat kartel narkoba beberapa kali untuk memutus rantai peredaran narkoba. Namun hasil akhirnya justru para kartel tersebut makin brutal. Tiap kali pimpinan penting kartel ditangkap, anggota kartel tersebut secara membabi buta menculik orang orang, membantainya dan meninggalkan mayatnya di jalanan. Total 40.000 orang meninggal dalam perang melawan kartel narkoba di Meksiko tersebut.

Lebih Dari 40.000 Kematian Diakibatkan Oleh Kartel Narkoba
Lebih Dari 40.000 Kematian Diakibatkan Oleh Kartel Narkoba.image [source]

Namun berkat tekat kuat presiden Felipe Calderon tersebut, tokoh-tokoh penting dalam dunia kartel narkoba bisa tertangkap. Beberapa diantaranya: Joaquin Guzman Loera, Hector Beltran Lewa, Miguel Trevino Morales, Heriberto Lazcano Lazcano dan tokoh-tokoh kartel lain. khusus untuk El Chapo Guzman, ia pernah di tangkap dan lolos kembali sebanyak 2 kali.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *