Wow, Kota-Kota Ini Punya Peduduk Kembar Terbanyak di Dunia!

Ada yang mengatakan jika manusia lahir dengan memiliki 7 kembaran di dunia. Ada segelintir orang yang berhasil membuktikan dengan bertemu kembarannya melalui cara yang tidak disengaja. Sisanya tentu saja tidak pernah bertemu dengan orang yang punya wajah serupa.

Ngomong-ngomong masalah kembar, kota-kota dalam daftar ini siap membuat Anda terkejut lantaran banyaknya orang kembar yang lahir di dalamnya. Saat berkunjung ke kota-kota ini Anda pasti akan terpana melihat banyak manusia yang kembar identik dan sulit membedakannya. Inilah 5 kota dengan jumlah penduduk kembar terbanyak di dunia.

1. Velikaya Kopanya, Ukraina

Sejak lama Velikaya Kopanya dikenal sebagai desa dengan jumlah angka kembar yang sangat besar dunia. Desa ini terletak di negara Ukraina dengan jumlah penduduk sekitar 4 ribu jiwa. Tapi dari keseluruhan jumlah penduduk tersebut ada sekitar 122 jiwa yang lahir kembar identik.

1 Village-of-Twins-Ukraine
Velikaya Kopanya, Ukraina [ Image Source ]

Banyaknya jumlah orang kembar di desa Velikaya Kopanya membuat desa tersebut mendapatkan julukan sebagai Negerinya Orang Kembar. Julukan tersebut semakin dipertegas dengan dicatatnya desa Velikaya Kopanya dalam Guiness Book of Record sebagai desa dengan penduduk kembar terbanyak di dunia.

2. Buzim, Bosnia Herzegovina

Kota selanjutnya yang juga dikenal mempunyai jumlah orang kembar yang sangat banyak adalah Buzim. Buzim adalah kota kecil di Bosnia Herzegovina dimana warganya suka membentuk keluarga besar dengan cara memiliki banyak keturunan.

2 -buzim-twins-23
Buzim, Bosnia Herzegovina [ Image Source ]

Kota yang terletak di barat laut Bosnia ini memiliki jumlah penduduk sekitar 20 ribu jiwa dengan 200 pasang diantaranya tercatat sebagai kembar identik. Menariknya pemerintah kota Buzim bahkan berencana untuk terus meningkatkan jumlah kelahiran kembar demi mendongkrak sektor wisata di kota tersebut.

3. Igbo-Ora, Nigeria

Jika desa Velikaya Kopanya di Ukraina mendapatkan julukan Negeri Orang Kembar maka kota Igbo-Ora di Nigeria adalah ibu kotanya. Yap, kota kecil di tenggara Nigeria yang juga menjadi tempat tinggal dari masyarakat Yoruba ini dijuluki sebagai Ibu Kota Kembar Dunia.

3 igbo-ora2
Igbo-Ora, Nigeria [ Image Source ]

Pemberian julukan ini tidak sembarangan melainkan merujuk pada data dan fakta di mana hampir 10% populasi kota tersebut diisi oleh orang kembar identik. Artinya ada sekitar 45 hingga 50 pasang bayi lahir kembar identik per 1000 kelahiran hidup. Konon penyebab tingginya kelahiran kembar di kota ini disebabkan oleh ubi tertentu yang dikonsumsi warga dan mengandung senyawa tertentu yang memperngaruhi kandungan.

4. Candido Godoi, Brasil

Berbatasan dengan Argentina, Candido Godoi merupakan kotamadya di negara bagian Rio Grande do Sul, Brasil. Kota ini tidak terlalu besar, jumlah penduduknya saja kurang dari 10 ribu jiwa. Tapi yang menarik adalah dari keseluruhan penduduknya 10% diantaranya merupakan orang kembar identik.

4 candido-godoi-twins-12
Candido Godoi, Brasil [ Image Source ]

Jumlah ini tentu sangat mengejutkan mengingat di negara bagian Rio Grande do Sul hanya memiliki prosentase orang kembar sebesar 1,8% saja. Dari data yang ada diketahui bahwa mayoritas bayi kembar lahir dari pasangan keturunan Polandia dan Jerman.

5. Desa Kodinhi, India

Daerah terakhir yang juga dikenal memiliki banyak orang kembar adalah Desa Kodinhi di India. Desa ini terletak di negara bagian Karela dimana dalam satu desa terdapat lebih dari 250 pasang orang kembar.

5 kodinhi-twins-12
Desa Kodinhi, India [ Image Source ]

Nampaknya desa ini cukup memenuhi syarat untuk menggeser Velikaya Kopanya di Ukraina sebagai desa dengan penduduk kembar terbanyak di dunia. Pasalnya rasio orang kembar di desa ini tercatat sekitar 40% dari keseluruhan penduduk yang tinggal di dalamnya. Artinya kalau kita datang ke desa ini kita akan mudah sekalimenemukan wajah-wajah yang sama lalu lalang di jalan-jalan desa.

Itulah kota-kota di dunia yang mempunyai jumlah orang kembar terbanyak di dunia. Bagaimana dengan daerahmu, ada orang kembar dalam jumlah yang banyak juga?

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *