Sedang memuat Di Masa Depan Pantat, Bau Badan Hingga Cara Jalan, Bisa Dipakai Sebagai Identitas.

Di Masa Depan Pantat, Bau Badan Hingga Cara Jalan, Bisa Dipakai Sebagai Identitas.

Makin Canggih Saja Ya Teknologi Identifikasi sekarang Ini

Seiring dengan kemajuan teknologi, aksi aksi kejahatan pun semakin banyak dengan berbagai variasi modus. para penjahat tersebut melakukan aksinya lewat berbagai cara. Pernah dengar kan kasus dompet seseorang hilang, kemudian uang dalam ATM mereka ludes semua. Ada juga ibu ibu yang terpaksa mengirim pulsa ratusan ribu ke nomor asing sambil nangis-nangis karena ada orang yang memberikan informasi palsu bahwa anaknya mengalami kecelakaan dan butuh penanganan cepat. Jika ingin anaknya tersebut segera diobati maka si ibu di minta mengirim sejumlah pulsa. Kasus Kartu ATM yang di cloning dan dikuras isinya pun sering terjadi di dalam masyarakat saat ini.

Di Masa Depan Pantat, Bau Badan Hingga Cara Jalan, Bisa Dipakai Sebagai Identitas.
Di Masa Depan Pantat, Bau Badan Hingga Cara Jalan, Bisa Dipakai Sebagai Identitas. image [source]

Untuk mengatasi berbagai kejahatan tersebut maka aktivitas untuk memverifikasi identitas seseorang itu semakin penting dimasa depan. Verifikasi identitas ini diperlukan untuk mengenali keberadaan para penjahat yang berbaur di kerumunan orang. verifikasi identitas juga diperlukan untuk memastikan bahwa barang barang tertentu seperti ATM, Handphone, Mobil hanya dipegang oleh mereka yang berhak. Selama ini yang paling populer untuk digunakan sebagai verifikasi identitas seseorang adalah sidik jari. Penyebabnya, sidik jari yang dimiliki seseorang itu unik, tidak dimiliki oleh orang lain dan tidak bisa di palsukan. Ternyata selain sidik jari ada juga hal lain dari manusia yang unik dan bisa di pakai untuk mengidentifikasi seseorang. Apa saja hal lain dari seseorang yang unik tersebut? Berikut ini informasinya.

1. Mengidentifikasi Seseorang Dari Daun Telinga

Bagi banyak orang bentuk telinga itu sama saja antara satu orang dengan orang lain. mungkin perbedaannya hanyalah pada besar kecil dan tumpul atau lancipnya ujung daun telinga. Namun di masa depan, daun telinga kemungkinan besar bisa digunakan untuk mengidentifikasi seseorang. Penyebabnya ternyata, saun telinga yang kita miliki itu unik seperti sidik jari. Alur-alur yang dibentuk oleh tulang lunak yang ada di telinga kita berbeda dengan yang ada daun telinga orang lain. tonjolan tonjolan serta cekungan cekungan yang ada bisa di pakai untuk membedakan satu orang dengan orang lain.

Mengidentifikasi Seseorang Dari Daun Telinga
Mengidentifikasi Seseorang Dari Daun Telinga. image [source]

Sejak tahun 1950 para peneliti di bidang forensik telah berusaha untuk mengembangkan teknologi identifikasi orang dengan daun telinga ini. teknik pengenalan orang dengan daun telinga ini mulai memperoleh kemajuan ketika pada tahun 1998 para peneliti mampu membuat software yang mampu membedakan beberapa gambar telinga. Kemudian dibuatlah teknik scanning 3d pada daun telinga. Dengan teknik scanning 3 dimensi dari daun telinga ini, bentuk detail dari daun telinga seseorang dapat direkam dan digunakan untuk mengidentifikasi seseorang. Dengan teknik scanning 3 dimensi dari daun telinga ini di masa depan identitas penjahat di kerumunan dapat terdeteksi hanya dari foto telinganya saja. Keakuratan deteksi identitas seseorang ini dari daun telinga ini mencapai 99 persen dan hanya perlu waktu 0.02 detik. Jika teknologi pengenalan orang dengan daun telinga ini benar benar terwujud, para penjahat sepertinya harus jauh jauh dari kamera CCTV jika tidak ingin tertangkap.

2. Mengidentifikasi Seseorang Dari Bau Tubuhnya.

Percaya atau tidak, entah diakui atau tidak tubuh kita itu bau. Mskipun kita telah mandi, meskipun kita selalu memakai parfum sebelum pergi, tubuh kita setiap waktu melepaskan 44 macam partikel zat kimia melalui pori pori kulit. Komposisi zat kimia yang dikeluarkan lewat pori-pori kulit tubuh berbeda antara satu orang dengan orang yang lain. secara sederhana bisa dikatakan bahwa bau badan kita itu unik. Tidak ada orang yang memiliki bau badan yang sama meskipun ia kembar.

Mengidentifikasi Seseorang Dari Bau Tubuhnya.
Mengidentifikasi Seseorang Dari Bau Tubuhnya. image [source]

Fakta inilah yang memungkinkan anjing milik polisi bisa melacak keberadaan seseorang dari bau badannya. Tak puas hanya sekedar memanfaatkan anjing pelacak untuk mengetahui keberadaan seseorang dari bau badan, para ahli kini telah mengembangkan hidung anjing elektronik. Alat elektronik tesebut dapat mengenali seseorang dari bau badan dengan keakuratan mencapai 100 persen. Alat yang mampu mengenali seseorang dari bau ini dikembangkan oleh pihak militer. Rencananya di masa depan keringat yang tertinggal di tkp dari pelaku kejahatan juga bisa digunakan untuk mengenali pelaku kejahatan tersebut. Perusahaan Ilia Sistemas asal spanyol telah berhasil mengembangkan alat pendeteksi bau seseorang dengan keakuratan 85 %. Sedangkan peneliti asal universitas St Paul mampu membuat alat yang memiliki keakuratan hingga 100 persen.

3. Mengidentifikasi Seseorang Dari Cara Jalan.

Cara kita berjalan ternyata merupakan sesuatu yang unik dan berbeda dari orang lain. mata manusia mungkin tidak membedakan cara berjalan satu orang dengan orang yang lain. namun ternyata cara kita menapakkan kaki ke permukaan tanah, cara kita mengayunkan langkah dan cara kita mengangkat kembali kaki dari permukaan tanah merupakan hal yang unik. Cara kita melangkah sangat dipengaruhi oleh struktur tulang, otot dan sensor keseimbangan tubuh kita. meskipun susah dibedakan oleh mata manusia gaya berjalan setiap orang membentuk pola unik yang bisa dikenali oleh mesin.

Mengidentifikasi Seseorang Dari Cara Jalan.
Mengidentifikasi Seseorang Dari Cara Jalan. image [source]

Sudah sejak lama para ahli melakukan penelitian untuk mengembangkan alat yang bisa mengidentifikasi manusia dari gaya berjalannya ini. caranya, cara jalan seseorang direkam, kemudian komputer akan memecah pola jalan seseorang tersebut menjadi model 3 dimensi. Pola 3 dimensi dari cara jalan seseorang ini kemudian di tekam ke dalam sebuah database. Data ini kemudian bisa di pakai untuk mengenali seseorang saat berjalan di kerumunan orang dari kamera CCTV. Di masa depan teknologi ini juga bisa di manfaatkan untuk sistem pengamanan handphone seseorang. Kita tahu handphone handphone saat ini sudah ada GPSnya. Pergerakan orang dari satu titik ke titik yang lain bisa di rekam lewat sensor GPS ini. dengan aplikasi khusus handphone dapat mengenali apakah ia sedang dipegang oleh si pemilik atau dipegang oleh pencuri.

4. Mengenali Seseotang Dari Pantatnya.

Pencurian mobil sering terjadi. Seorang peneliti dari jepang yang bernama Shigeomi Koshimizu berhasil membuat detektor anti maling untuk mobil. Teknologi anti maling buatan Shigeomi ini berbasis kontur pantat seseorang. Dasar dari teknologi antimaling untuk mobil ini adalah, setiap orang mempunyai kontur pantat yang berbeda dari orang lain. peneliti asal jepang ini membuat kursi yang ada 360 sensor tekanan di permukaanya. Ketika seseorang duduk maka pantat orang tersebut akan menekan permukaan kursi di titik titik yang berbeda. Dari pola titik titik yang diakibatkan ketika orang duduk ini, alat anti maling tersebut bisa menyimpan profil duduk si pemilik.

Mengenali Seseotang Dari Pantatnya.
Mengenali Seseotang Dari Pantatnya. image [source]

Ketika mobil tersebut diduduki oleh orang lain, maka pantat orang lain tersebut akan menekan sensor di titik yang berbeda. Jika kursi supir di duduki oleh orang yang memiliki pola duduk yang berbeda, maka mesin mobil bisa dicegah untuk hidup. Jadi dengan teknologi anti maling ini, perlu pantat yang tepat untuk bisa menghidupkan mobil. Jika teknologi ini berhasil maka pantat kita di masa depan bisa berfungsi seperti pasword untuk menghidupkan mesin mobil.

5. Mengenali Seseorang Dari Suara Yang Dipantulkan Tengkoraknya.

Tulang merupakan penghantar suara yang baik. sebagai contoh, ketika kita menutup telinga dengan kedua jari, kemudian siku kita bertumpu pada meja, kita akan mendengar suara dengungan pelan. Itu adalah suara getaran udara yang dihantarkan oleh tulang tengkorakmu langsung ke telinga bagian dalam. Para peneliti juga sudah melakukan berbagai macam percobaan terkait konduktivitas suara dari tulang tengkorak ini. para peneliti memutar berbagai macam jenis suara dan kemudian mendengarkan bunyi suara pantulan setelah melewati tengkorak seseorang. Hasilnya bunyi pantulan antara tengkorak satu orang berbeda dengan bunyi pantulan dari tengkorak orang lain.

Mengenali Seseorang Dari Suara Yang Dipantulkan Tengkoraknya.
Mengenali Seseorang Dari Suara Yang Dipantulkan Tengkoraknya. image [source]

Teknologi ini di masa depan bisa di manfaatkan untuk mengenali seseorang hanya dengan melewatkan suara melewati tengkorak kepalanya saja. Keakuratan teknik pengenalan dengan daya hantar suara dari tengkorak ini cukup tinggi, yaitu mencapai 97 persen. Aplikasinya bisa untuk merancang sistem keamanan di gatged seperti Google Glass, yang diperkirakan akan populer di masa depan.

Mungkin pernyataan bahwa setiap orang itu unik adalah pernyataan yang benar. buktinya ada beberapa hal lain selain sidik jari yang tidak sama antara orang yang satu dengan orang lainnya. Kita berharap saja, semoga semua teknologi identifikasi di atas dapat di kembangkan secepat mungkin. Dengan begitu kita akan dapat menjaga keamanan barang barang pribadi kita dari orang orang yang ingin menyalah gunakan. Dengan begitu aksi kejahatan dan penipuan akan semakin diminimalkan. Misal teknologi di atas berhasil di ciptakan semua, kamu memilih teknologi identifikasi yang mana? Silahkan mulai memilih milih.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *