Sedang memuat Anggapan Unik Mengenai Orang Minang Ini Mana Yang Benar Dan Mana Yang Salah Ya?

Anggapan Unik Mengenai Orang Minang Ini Mana Yang Benar Dan Mana Yang Salah Ya?

Nomor 4 Bisa Jadi Benar

Orang minang itu ada di mana mana. Mereka dapat di temui baik di sawah, di pasar, di jalan maupun di kampus kampus. Ya mirip seperti warung padang yang bisa kita temui di mana saja. Sebagai bukti bahwa orang minang itu ada di mana mana, diantara temanmu sendiri pasti salah satunya ada orang minangnya kan?

Anggapan Unik Mengenai Orang Padanu Ini Mana Yang Benar Dan Mana Yang Salah Ya?
Anggapan Unik Mengenai Orang Padanu Ini Mana Yang Benar Dan Mana Yang Salah Ya?. image [source]

Karena ada di mana mana ini banyak orang menganggap orang minang suka merantau. Mereka tak takut pergi ke negeri orang untuk mencari rejeki. Orang minang itu mampu bergaul dengan berbagai orang dari suku bangsa lain. mereka tidak pilih pilih teman. Siapapun itu asal bisa saling memberikan manfaat mereka terbuka untuk menjalin persahabatan. Akibat bergaul luas dengan orang dari suku bangsa lain ini, beredar beberapa anggapan di kalangan orang orang non minang. Beberapa anggapan tersebut benar, namun beberapa lagi salah. Anggapan anggapan tentang orang minang itu unik. Celakanya anggapan tersebut terlanjur beredar luas dan di percayai banyak orang meskipun kebenarannya belum terbukti. Mau tau anggapan unik apa saja yang melekat pada diri orang minang tersebut? berikut ini informasinya.

1. Orang Minang Itu Kasar Dan Judes.

Orang jawa biasanya kalau bicara halus, pelan dan lembut. Ketika terbiasa bergaul dengan sesama orang jawa kemudian ketemu dengan orang minang, biasanya si orang jawa tersebut akan kaget. Penyebabnya adalah, orang minang yang baru ia temui tersebut ternyata banyak bicara dan nada bicaranya keras. Bicara normal saja seperti orang yang marah marah. Si prang jawa pasti langsung memvonis bahwa orang yang baru ia temui tersebut kasar, judes dan banyak omong.

Orang Minang Itu Kasar Dan Judes
Orang Minang Itu Kasar Dan Judes. image [source]

Ternyata anggapan tersebut salah. Yang benar adalah, watak orang minang itu yang keras dan tegas. Mereka sejak muda banyak yang hidup merantau. Ketika hidup di negri orang ini banyak yang modal nya pas pas. Banyak kesulitan hidup yang telah mereka hadapi. Mereka juga sudah berhadapan dengan orang dengan berbagai macam watak. Oleh karena itu orang minang dalam berbicara tegas, tanpa tedeng aling aling. Jika tidak suka maka mereka akan mengatakan tidak suka tanpa ada basa basi. Soal nada bicara yang keras, itu sudah kebiasaan mereka sejak kecil.jika ingin mendapatkan penilaian yang jujur maka bergaul dengan orang minang tak ada ruginya.

2. Orang Minang Itu Pelit Dan Suka Itung Itungan.

Sudah menjad kebiasaan anak muda, setiap kali mau beli sesuatu mereka mengadakan saweran atau patungan. Mau makan, sesuatu yang murah meriah, mereka biasanya akan patungan sejumlah uang tertentu dan di belikan makanan yang bisa dimakan buat banyak orang. nah ketika diajak patungan ini tak jarang teman kita yang berasal dari minang pelit dalam mengeluarkan uang. Begitu juga ketika diajak jalan, sebisa mungkin mereka akan mengeluarkan uang sesedikit mungkin dan itung itungannya njlimet. Kalau main lebih sering kita yang mentraktir dari pada dia. Akibatnya banyak orang yang menganggap orang minang itu pelit dan perhitunga.

Orang Minang Itu Pelit Dan Suka Itung Itungan.
Orang Minang Itu Pelit Dan Suka Itung Itungan. image [source]

Yang benar adalah mereka tidak pelit dan itung itungan. Seperti yang banyak kita ketahui, mereka itu sedang merantau. Kebanyakan dari mereka juga sedang membuka usaha entah itu dagang atau yang lain. karena hidup di rantau dengan modal terbatas, tentu saja mereka perlu berhati hati dan hemat dalam melakukan pengeluaran. Setoap pengeluaran harus diurutkan sesuai prioritasnya. Jadi kalau diajak untuk patungan hura hura, tentu saja mereka akan menolak. Kalau mereka sudah sukses, mereka tak segan segan banyak mengeluarkan duit untuk keperluan sosial kok. Seperti membantu orang yang kekurangan modal dan menyumbang untuk pembangunan tempat ibadah di kampung halaman. Untuk sukses pahit pahit dahulu tidak apalah. Jadi jangan vonis mereka pelit ya.

3. Masih Suka Di Jodoh Jodohkan Kaya Siti Nurbaya.

Hayo, siapa yang pernah pacaran dengan orang minang dan akhirnya harus kandas karena si dio harus menikah dengan pasangan pilihan orang tuanya? Rasanya pasti sakit kan? Yang lebih menyakitkan lagi kok bisa bisanya bekas pacar kita itu lebih memilih mematuhi orang tuanya dari pada memperjuangkan kita. mungkin kejadian seperti ini banyak dialami oleh barisan patah hati dari luar minang. Karena saking banyaknya barisan patah hati yang diakibatkan oleh mantan dari minang ini, banyak yang beranggapan bahwa semua orang minang itu suka di jodoh-jodohkan dan hanya mau menikah dengan sesama orang minang.

Masih Suka Di Jodoh Jodohkan Kaya Siti Nurbaya.
Masih Suka Di Jodoh Jodohkan Kaya Siti Nurbaya. image [source]

Ternyata anggapan tersebut tidak sepenuhnya benar lho. Namun tidak sepnuhnya salah juga. Di kalangan orang minang, banyak kok yang jodohnya di pilih sendiri oleh si anak dan bukan oleh orang tua. Dan tak jarang mereka mereka ini menikah dengan jodoh yang ketemu waktu masih kuliah atau bekerja di negri orang. artinya mereka menikah bukan dengan orang minang. Namun ada juga orang minang yang patuh pada orang tua. Mereka hanya menikah dengan sesama orang minang atas permintaan orang tua. Orang tua mereka tidak ingin anaknya menikah dan tinggal di tempat yang jauh. Dengan menikah dengan orang minang, minimal, setahun sekali mereka akan mudik ke kampung halaman.

4. Wanita Yang Menikah Dengan Lelaki Minang, Dompetnya Bisa Jebol Jebol.

Pada umunya jika pasangan menikah, maka yang laki-lakilah yang harus memberikan uang untuk mahar dan berbagai biaya nikah lainya. Tapi di orang minang pihak perempuan lah yang harus mengeluarkan banyak uang untuk membeli si lelaki tersebut dari keluarganya. Kebiasaan ini ada di Pariaman. Wanita memang harus mengeluarkan uang sejumlah tertentu sesuai musyawarah. Uang tersebut disebut dengan uang jemputan. Besarnya tergantung profesi si pria dan tingkat pendidikan. Semakin tinggi profesi seseorang uang jemputannya pun semakin banyak. dan hal ini masih berlaku sampai sekarang.

 Wanita Yang Menikah Dengan Lelaki Minang, Dompetnya Bisa Jebol Jebol.
Wanita Yang Menikah Dengan Lelaki Minang, Dompetnya Bisa Jebol Jebol. image [source]

Berita gembiranya, tidak semua orang minang seperti itu. Adat lelaki di beli tersebut hanya ada di pariaman saja. Laki laki minang lain tidak harus di beli mahal mahal kok jika mau dinikahi. Bahkan ada juga yang sudah menganut kebiasaan umum bahwa lelakilah yang harus membayar mahar. Jadi kamu kamu yang punya pacar orang minang tak perlu khawatir lagi ya harus keluar duit banyak jika ingin menikah dengan orang minang.

Jika kamu punya teman orang minang, coba amati dan buktikan sendiri ya mana yang salah dan mana yang benar. Tapi ngak usah ngajak debat dan berantem nanya karena sifat sifat mereka ya. terbuka lah dalam berteman karena meskipun beda suku, kita itu tetap satu Indonesia

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *