Dijadikan Makanan Sapi Oleh Orang Indonesia, Ini Lho Manfaat Besar Yang Di Dapat Oleh Orang Orang Bule Dari Bunga Pisang.

Makanan Sapi Ternyata Bisa Jadi Obat

Menurut cerita orang tua, pada zaman penjajahan banyak rakyat indonesia yang hidup susah. Penghasilan mereka kecil. Kekayaan alam banyak di keruk oleh para penjajah dan digunakan untuk membiayai perang. Untuk makan sehari hari mereka banyak mengambil bahan bahan yang berasal dari tanaman sekitar. Beberapa bagian yang sering di makan oleh rakyat indonesia di zaman susah itu antara lain: rebung, hati pohon pisang, bonggol pisang, bekatul dan masih banyak bahan makanan di bawah standar lainnya. Selain itu mereka juga lebih sering memakan nasi aking, thiwul, serta bekatul. Nasi dari beras merupakan sesuatu yang mewah.

Dijadikan Makanan Sapi Oleh Orang Indonesia, Ini Lho Manfaat Besar Yang Di Dapat Oleh Orang Orang Bule Dari Bunga Pisang.
Bunga Pisang Yang Banyak Manfaatnya. image [source]

Selain memakan makanan yang di bawah standar pakaian orang orang indonesia pada jaman dahulu juga lumayan sederhana. Konon menurut cerita mereka memakai bakaian dari bahan goni. Itu lo bahan yang seratnya berupa benang besar besar dan biasa di pakai untuk membuat karung. Kain goni ini ketika di pakai akan kerasa gatal di badan dan banyak di singgahi kutu. Namun meskipun terlihat sederhana ternyata makanan makanan yang di konsumsi orang indonesia pada jaman susah tersebut mempunyai khasiat bagi kesehatan. Salah satu bahan makanan yang telah diketahui mempunyai banyak khasiat bagi kesehatan adalah bunga pisang yang dalam bahasa jawa di sebut dengan onthel. Onthel ini biasanya berbentuk kerucut, berwarna merah keungguan dan terseusun dari lapisan kelopak serta putik buah pisang. Saat ini onthel banyak dipakai orang penduduk di pedesaan untuk memberi makan sapi. Siapa sangka ternyata onthel pisang ini mempunyai banyak manfaat kesehatan dan sudah diakui oleh orang bule keampuhanyya. Ingin tahu apa saja khasiat dari bunga pisang ini? berikut ini informasinya.

1.Onthel Pisang Ampuh Untuk Melawan Infeksi

Pada jaman dahulu ilmu pengobatan belum terlalu maju seperti sekarang. Orang orang memakai bahan yang mereka temui sehari hari untuk digunakan sebagai obat. Salah satu bahan yang sudah sejak jaman dahulu digunakan sebagai obat infeksi adalah onthel pisang ini. onthel pisang mampu mengurangi infeksi bakteri penyebab penyakit seperti malaria, kolera dan lain lainnya. Orang jaman dahulu juga memakai onthel pisang untuk mencegah infeksi pada luka.

Onthel Pisang Ampuh Untuk Melawan Infeksi
Onthel Pisang Ampuh Untuk Melawan Infeksi. image [source]

Rahasia mengapa onthel pisang bisa di pakai untuk melawan infeksi ternyata karena kandungan etanol yang ada dalam onthel pisang. Ethanol yang didapat dari ektrack bunga pisang ini dapat memperlambat pertumbuhan bakteri patogen penyebab penyakit. Beberapa bakteri tersebut antara lain: bacilus subtalis, bacilus careus, escerichia coli dan masih banyak lagi. Etanol dari ektrak luka tersebut juga memnyebabkan penyembuhan luka bertambah cepat karena infeksi dapat di cegah. Plasmofium falciparum penyebab malaria pun di laboratorium pertumbuhannya bisa dihambat oleh etanol yang di dunia kedokteran dikenal dengan nama etil asetat ini. barangkali dengan penelitian lebih lanjut, kandungan etanol dalam bunga pisang dapat membunuh lebih banyak lagi bibit penyakit. Sehingga ada obat murah bagi kalangan yang kurang mampu.

2. Onthel Pisang Memperlambat Penuaan.

Tak ada yang bakal menyangka bahwa barang sesepele bunga pisang yang hanya dijadikan makanan sapi mengandung anti oksidan.sepanjang waktu, tubuh kita melakukan banyak reaksi metabolisme. Pemecahan zat zat tertentu serta pembentukan zat zat yang di butuhkan oleh tubuh. Berbagai reaksi metabolisme tubuh tersebut menyisakan zat residu yang perlu dibuang atau dihancurkan dari dalam tubuh.jika tidak dihancurkan zat residu tersebut bisa bereaksi dengan protein atau dna sel dan memicu berbagai jenis penyakit kronis termasuk kanker. Zat zat residu tersebut juga menyebabkan regenerasi sel menjadi kurang baik. akibatnya proses penuaan berlangsung lebih cepat.

Onthel Pisang Memperlambat Penuaan.
Onthel Pisang Memperlambat Penuaan. image [source]

Ektrak bunga pisang mengandung berbagai macam senyawa yang berfungsi sebagai anti oksidan. Senyawa senyawa yang memiliki fungsi sebagai anti oksidan tersebut antara lain.tannins dan flavonoid. Tanin dan flavonoid inilah yang akan mengikat residu berbahaya sisa metabolisme tubuh tersebut. Dengan diikatnya zat residu berbahaya oleh tanin dan flavonoid maka sel sel menjadi lebih rilek dan daya regenerasinya meningkat. Proses penuaan pun bisa di perlambat dengan regenerasi sel yang cepat tersebut.

3.Mempertahankan Kesehatan Jantung.

Penyakit jantung biasanya disebabkan oleh diet yang kurang tepat. Akibat makanan yang kurang sehat masuk ke tubuh, kolesterol serta sodium menumpuk di dalam darah. Akibat menumpuknya kolesterol dan sodium dalam darah ini, darah menjadi kental dan sebagian pembuluh darah tersumbat oleh kolesterol. Pada darah yang kental ditambah lagi dengan pembuluh darah yang sempit, maka jantung harus bekerja ekstra keras dalam memompa darah. Akibatnya orang tersebut mengalami gangguan jantung.

Mempertahankan Kesehatan Jantung
Mempertahankan Kesehatan Jantung. image [source]

Untuk menjaga agar jantung tetap sehat, kita perlu menurunkan kadar sodium dalam darah. Di dalam bunga pisang terdapat zat yang dinamakan potasium. Potasium ini dikenal bagus dalam mengikat sodium dalam darah. Sodium yang telah terikat tersebut kemudian akan disaring didalam ginjal dan dibuang ke luar tubuh. Dengan begitu maka keenceran darah akan kembali normal dan tekanan darah yang semula tinggi menjadi berkurang. Karena darah tinggi merupakan penyebab utama sakit jantung, penurunan tekanan darah oleh potasium ini akan membuat jantungmu terus berada dalam kondisi sehat.

4.Onthel Pisang Menjaga Kesehatan Organ Pencernaan.

Berbagai masalah pencernaan yang sering dialami manusia zaman sekarang sebagian besar disebabkan oleh karena makanan yang salah juga. Mereka banyak menkonsumsi makanan makanan tinggi lemak dan kurang serat. Akibatnya proses pencernaan terganggu, perut merasa mual mulas dan seringkali mengalami konstipasi. Ketika kamu memakan makanan yang rendah serat, maka kandungan air dalam feces, akan terserap semua oleh usus besar. Feces menjadi kering dan terjadilah konstipasi. Kondisi saluran pencernaan yang sering mengalami konstipasi ini akan memicu penyakit ambeien jika berlangsung dalam jangka waktu yang lama.

Onthel Pisang Menjaga Kesehatan Organ Pencernaan.
Onthel Pisang Menjaga Kesehatan Organ Pencernaan. image [source]

Lalu bagimana ya agar saluran pencernaan kita selalu sehat? Apakah kita harus memberi suplemen obat herbal yang mahal mahal itu? Jawabnya ternyata tidak. Untuk menjaga saliran pencernaan tetap sehat yang kita butuhkan hanyalah bunga pisang. Bunga pisang mengandung bahan yang bisa mennyehatkan organ pencernaan. Bahan tersebut adalah serat. Tak tanggung tanggung, bunga pisang mengandung 2 macam serat alami, yaitu serat yang larut dalam air dan serat yang tidak larut dalam air. Serat yang larut air tersebut mampu mempercepat proses pencernaan. Jika pencernaan terhambat, maka makanan akan menumpuk di lambung. Oleh reaksi berbagai enzim pencernaan makanan yang menumpuk di lambung tersebut akan menghasilkan gas yang membuat perut kita terasa kembung. Dengan pencernaan yang dipercepat oleh serat larut air tersebut kita akan aman dari resiko perut kembung. Sementara itu serat yang tidak larut air nya akan membuat ikut dalam feces. Feces yang banyak mengandung serat ini akan menahan air sehingga feces tidak keras. Penyakit konstipasi pun dapat dihindari. Dengan adanya dua tipe serat dalam bunga pisang ini, sebagian besar penyakit pencernaan dapat dihindari.

5.Bunga Pisang Sebagai Antri Stress.

Kehidupan di jaman modern membuat orang mudah stress. Stres bisa disebabkan karena tuntutan pekerjaan, masalah keuangan, masalah percintaan hingga permasalahan keluarga. Ketika stress ini melanda, maka orang tersebut tidak bisa fokus dan produktivitas kerjanya menurun. Jika ingin maksimal dalam bekerja, maka stress ini harus di hilangkan. Bunga pisang lagi lagi merupakan bahan makanan yang baik untuk tujuan ini.

Bunga Pisang Sebagai Antri Stress.
Bunga Pisang Sebagai Antri Stress. image [source]

Di dalam bunga pisang terkandung banyak magnesium. Magnesium ini akan membantu tubuh merasa rilek secara alami. Selain itu magnesium juga membantu kita tidur lebih nyenyak. Dengan senantiasa merasa rileks serta cukup istirahat ini maka stress akan menjauh dari kehidupan kita. pikiran bisa tetap fokus dan produktivitas kerja meningkat.

6.Melancarkan Siklus Menstruasi, Menjaga Kestabilan Gula Darah Dan Mencegah Anemia.

Kaum wanita seringkali disiksa dengan menstruasi yang datang tidak teratur. Penyebabnya karena hormon progesteron dalam tubuh wanita tersebut rendah. Untuk menaikkan hormon progesteron ini, wanita dapat mengkonsumsi bunga pisang. Dengan naiknya hormon progesteron, maka siklus menstruasi pun akan kembali lancar. Masalah yang sama juga menimpa orang yang mengalami anemia. Bedanya, penderita anemia ini kekurangan kadar zat besi dalam darah. Bunga pisang mengandung banyak zat besi juga. Dengan banyak banyak mengkonsumsi bunga pisang ini kebutuhan akan zat besi dapat terpenuhi dan kita terhindar dari penyakit anemia.

Melancarkan Siklus Menstruasi, Menjaga Kstabilan Gula Darah Dan Mencegah Anemia.
Melancarkan Siklus Menstruasi, Menjaga Kstabilan Gula Darah Dan Mencegah Anemia. image [source]

Bunga pisang juga dapat membantu para penderita diabetes dalam mengendalikan gula darah. Seperti kita tahu, para penderita diabetes ini memiliki kandungan gula darah yang berlebih. Akibat banyak gula dalam darah ini, darah menjadi kental dan sukar membeku ketika terkena luka. Para penderita diabetes terkadang juga diakibatkan oleh kerusakan fungsi hati. Ketika fungsi hati terganggu kemampuan hati dalam mengendalikan kadar gula darah pun menjadi kurang baik. pada penderita diabetes kadang kadar gula darah naik dan turun secara drastis. Sehabis makan kadar gula darah mereka langsung naik. Namun begitu berhenti makan kadar gula darah langsung turun. Untuk mengendalikan kadar gula darah ini penderita diabetes dapat memanfaatkan bunga pisang. Serat yang ada dalam bunga pisang akan mencegah makanan dicerna terlalu cepat. Makanan akan di cerna sedikit demi sedikit sehingga gula darah pun di produksi sedikit demi sedikit. Dengan begitu kadar gula dapat stabil meskipun habis makan.

Sebagai negara dengan jenis pisang terbanyak, seharusya kita malu dong tidak mengetahui banyak manfaaat dari bunga pisang ini. yuk coba bernostalgia ke jaman kehidupan masih susah dan mulai menkonsumsi Onthel pisang yang banyak manfaatnya ini. harapannya di kemudian hari banyak generasi muda indonesia yang melakukan penelitian pada kandungan yang ada alam bunga pisang ini sehingga bisa menjadi obat alternatif bagi obat-obatan kimia.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *