Ini Lho Kronologi Lengkap Peristiwa Ledakan Bom Panci Di Taman Pandawa Kelurahan Arjuna, Cicendo Bandung

Terjadi Lagi Aksi Teror Peledakan Bom panci

Beberapa hari ini publik di indonesia sedang ramai membicarakan agenda kedatangan raja Salman Bin Abdul aziz dari Saudi Arabia. Ada yang pro dan ada pula yang kontra. Yang pro mengatakan bahwa raja Salman ini akan membawa investasi dalam yang jumlahnya sangat banyak. sementara itu yang kontra mencibir bahwa kedatangan raja Salman tersebut sama seperti investor investor dari negara lain, termasuk cina. Entah pendapat mana yang lebih tepat, yang jelas, pemerintah indonesia menganggap bahwa kedatangan raja Salman ini penting. Untuk pertama kalinya sejak 40 tahun lebih, raja dari arab saudi mau datang ke negara kita. keseriusan pemerintah indonesia dalam menyambut raja Salman itu tampak dengan dibuatkanya jalur eskalator khusus untuk sang tamu di bandara Soekarno Hatta. Selain melakukan persiapan penyambutan, tentu masalah keamanan menjadi prioritas utama dalam menyambut raja arab saudi ini.

Ini Lho Kronologi Lengkap Peristiwa Ledakan Bom Panci Di Taman Pandawa Kelurahan Arjuna, Cicendo Bandung
Ini Lho Kronologi Lengkap Peristiwa Ledakan Bom Panci Di Taman Pandawa Kelurahan Arjuna, Cicendo Bandung image [source]

Terkait dengan masalah keamanan tersebut, mendekati kedatangan raja Salman, rakyat indonesia kembali dikagetkan dengan peristiwa teror. Lagi lagi bom panci meledak di area publik dimana banyak masyarakat umum beraktivitas di situ. Kejadian meledaknya bom panci ini tentu saja membuat banyak orang geram, gerah sekaligus khawatir. Masalahnya sudah beberapa bulan keadaan negara kita memanas akibat adanya kasus penistaan agama terkait surat Al-Maidah 51 yang dituduhkan pada gubernur Dki Jakarta ahok. Masalah penistaan agama belum selesai, ditambah lagi dengan ribut ribut kedatangan raja Salman di media sosial dan kini terjadi lagi ledakan bom panci. Terkait dengan peristiwa tersebut, berikut ini beberapa fakta terkait ledakan bom panci yang terjadi di taman pandawa jawa barat tersebut.

1. Ledakan Terjadi Di Taman Pandawa Jawa Barat.

Tepat pukul 09.00 Wib, tanggal 27 Februari 2017, sebuah Bom panci meledak di Taman Pandawa. Taman Pandawa ini terletak di Kelurahan Arjuna, Kawasan Cicendo, Kota bandung Jawa barat. Saat itu puluhan anak anak sma sedang berlari larian melakukan kegiatan olah raga. Beberapa pedagang kaki lima juga sedang sibuk bersiap siap menjajakan dagangannya. Masyarakat yang beraktivitas di kawasan tersebut pun sontak terkejut dengan ledakan yang terdengar cukup keras tersebut.

Ledakan Terjadi Di Taman Pandawa Jawa Barat.
Ledakan Terjadi Di Taman Pandawa Jawa Barat. image [source]

Usut punya usut, ternyata ledakan tersebut berasal dari bom panci. Ukuran bom panci tersebut tidaklah terlalu besar. Hanya seukuran helm orang biasa. Dari hasil penyelidikan polisi di ketahui bahwa bahan yang digunakan dalam bom panci tersebut berdaya ledak rendah. Ledakan bom panci tersebut menyisakan panci yang sudah hancur terkoyak dengan beberapa helaian kabel terlihat dari dalamnya.

2. Aksi Heroik Anak Anak Sma Mengejar Dan Menyudutkan Pelaku Peledakan Bom Panci.

Aksi teroris berulang kali terjadi di negara kita. berbagai macam jenis bom mulai dari bom molotov, bom buku hingga bom panci ini. karena terlalu sering terjadi teror bom, tak jarang rakyat indonesia langsung parno begitu terdengar suara ledakan keras. Khusus untuk bom panci yang diledakkan di taman Arjuna ini, warga sekitar pun langsung tahu bahwa ledakan tersebut berasal dari aksi terorisme.

Aksi Heroik Anak Anak Sma Mengejar Dan Menyudutkan Pelaku Peledakan Bom Panci.
Aksi Heroik Anak Anak Sma Mengejar Dan Menyudutkan Pelaku Peledakan Bom Panci. image [source]

Mengetahui bahwa ledakan tersebut disebabkan oleh salah satu tukang bubur yang ada di sana, anak anak sma yang sedari tadi melakukan aktivitas olahraga pun kemudian berinisiatif untuk ramai ramai mengejar pelaku. Seperti kita tahu, anak anak sma itu mudah tersulut emosinya. Namun untuk aksi spontan mereka kali ini yang segera mengejar pelaku teror bom panci, sepertinya kita perlu memberikan apresiasi. Tahu dirinya dikejar oleh sekelompok anak sma, pelaku peledakan bom panci pun kemudian mengeluarkan sangkur. Sambil tertawa tawa, ternyata pelaku justru menantang anak anak sma yang mengepungnya tersebut dengan berkata, “ayo sini, ayo sini”.

3. Pelaku Peledakan Bom Panci Ternyata Seorang Tukang Bubur.

Dari hasil identifikasi polisi, ternyata pelaku peledakan bom di tama Pandawa, Cicendo Bandung tersebut adalah tukang bubur. Lelaki tersebut berinisial YC alias AS. Ia diketahui lahir di Purwakarta. Dari KTP yang berhasil ditemukan laki laki ini tinggal di Sukanggenteng, pasir jambu, Kabupaten bandung, jawa barat. Lelaki tersebut diketahui berusia 47 tuju tahun.

Pelaku Peledakan Bom Panci Ternyata Seorang Tukang Bubur.
Pelaku Peledakan Bom Panci Ternyata Seorang Tukang Bubur. image [source]

Empat puluh tujuh tahun merupakan usia yang cukup matang secara emosi. Banyak orang heran dengan aksi peledakan bom panci yang dilakukan oleh orang yang cukup berumur ini. bagaimana mungkin orang yang sehari hari profesinya sebagai pedagang bisa tersulut emosinya sehingga nekat meledakkan bom panci di ruangan terbuka tersebut. Kenapa juga lokasi yang dipilih adalah taman pandawa, lokasi yang biasa digunakan anak ana sma untuk berolah raga. Kenapa bukan properti milik militer, perusahaan asing atau pos polisi seperti yang sudah sudah.

4. Lari Menerobos Masuk Kantor Kelurahan Dan Membakar Sesuatu Di Lantai Dua.

Setelah tahu dirinya dikejar sekelompok anak sma, pelaku peledakan bom panci tersebut pun lari dan menerobos masuk kantor kelurahan Arjuna. Lokasi taman Arjuna, tempat terjadinya ledakan bom panci memang hanya beberapa puluh meter dari kantor kelurahan. Saat itu kantor kelurahan sedang beraktivitas seperti biasanya. 8 petugas kelurahan sedang melakukan aktivitas tugas rutin harian. Beberapa warga juga sedang berada di kantor kelurahan Arjuna untuk kepentingan mengurus perijinan.

Lari Menerobos Masuk Kantor Kelurahan Dan Membakar Sesuatu Di Lanai Dua.
Lari Menerobos Masuk Kantor Kelurahan Dan Membakar Sesuatu Di Lanai Dua. image [source]

Tiba tiba saja pelaku masuk ke gedung kantor dan mengancam orang orang yang ada di situ. Pelaku peledakan bom panci menerobos masuk dengan mengacung-acungkan sangkur. 8 orang pegawai serta warga kelurahan Arjuna yang sedang mengurus surat surat pun berhamburan untuk menyelamatkan diri. mereka merasa beruntung akhirnya selamat dan tidak menjadi sasaran kekerasan yang dilakukan oleh pelaku peledakan bom panci tersebut.

5. Pelaku Peledakan Bom Panci Dilumpuhkan Dengan Tembakan Di Bagian Depan.

Mendapat informasi bahwa pelaku peledakan bom panci bersembunyi di kantor kelurahan Arjuna, polisi yang di pimpin oleh kapolda Jabar Anton Charliyan pun segera mengepung lokasi. Ketika polisi sampai di gedung kelurahan tersebut, suasana sangat mencekam. Terdengar ledakan dari dalam kantor kelurahan tersebut. Pelaku peledakan bom diketahui bersembunyi di lantai dua. Dari lantai dua tersebut, terlihat asap hitam mengepul.

Pelaku Peledakan Bom Panci Dilumpuhkan Dengan Tembakan Di Bagian Depan.
Pelaku Peledakan Bom Panci Dilumpuhkan Dengan Tembakan Di Bagian Depan. image [source]

Rupanya pelaku melakukan pembakaran di lantai 2 gedung kelurahan Arjuna tersebut. Polisi pun waspada karena pelaku diketahui membawa sangkur dan senjata api. Pada proses penggrebekan tersebut hadir Kapoltabes Bandung Kombes Hendro Pandowo dan Kapolda Jabar Irjen Anton Charliyan. Polisi sudah mencoba untuk memberikan peringatan lewat suara. Namun sampai 10.45 pelaku tidak kunjung mau menyerah.karena tidak mau menyerah tersebut, polisi pun akhirnya melakukan penyergapan. Sebuah tembakan peluru diperlukan untuk melumpuhkan pelaku teror ledakan bom panci tersebut. Pelaku pun akhirnya dapat diringkus dan meninggal dalam perjalanan menuju rumah sakit.

Diduga motif peledakan bom tersebut adalah untuk membebaskan temannya yang di tahan oleh Densus 88. Namun belum diketahui secara pasti siapakah orang yang ingin dibebaskan oleh pelaku tersebut. Semoga saja polisi cepat dalam mengusut kasus ini. sehingga pelaku teror peledakan bom panci dapat di tangkap hingga ke akar akar nya. Dengan begitu rakyat indonesia pun bisa kembali tenang dan menikmati hiruk pikuk persiapan kedatangan raja arab Saudi Salman bin Abdul  Azis.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *