Biar Liburan Rame-rame Tetap Seru, Ikuti Dulu Tipsnya Berikut Ini

Liburan rame-rame itu bisa jadi kegiatan yang seru dan menyenangkan, tapi nggak jarang juga bisa nyebelin. Apa yang awalnya merupakan ide bagus untuk seru-seruan bareng teman, jadi batal menyenangkan begitu kita tahu bahwa beberapa teman kita kadang punya sikap yang nggak asik.

Liburan rame-rame bisa dan seharusnya memang menyenangkan. Jadi, biar nggak ada masalah selama liburanmu, ikuti dulu tipsnya berikut ini.

1. Atur Keuangan

Tidak mengatur keuangan sejak awal bisa menjadi satu cara untuk memulai perdebatan di tempat liburan. Jadi, lebih baik diskusikan dulu dengan teman-temanmu berapa banyak budget kalian. Dengan begitu satu-sama lain nanti bisa saling menyesuaikan.

Liburan rame-rame
Liburan rame-rame

Pengaturan keuangan ini bisa jadi langkah yang bagus agar nantinya kamu dan teman-temanmu nggak meributkan mau pergi ke tempat yang mahal atau murah begitu tiba di tempat tujuan. Karena yang seperti ini bakal bikin suasana liburan nggak lagi seru.

2. Pintar-pintar Berkompromi

Nggak semua orang punya selera yang sama saat liburan. Beberapa temanmu mungkin memang ingin mampir ke waterpark dulu sebelum ke pasar seni, tapi kamu sama sekali nggak tertarik main air dan ingin langsung belanja di pasar seni. Meski begitu, bukan berarti kamu harus ngomel dan ngotot menolak pergi ke sana.

Libur bersama
Libur bersama

Ngomel seperti itu nggak akan menyelesaikan masalah, yang ada kalian malah saling sebel satu sama lain. Jadi, nggak ada salahnya berkompromi dan ikut rombongan temanmu untuk pergi ke waterpark dulu. Baru nanti setelahnya teman-temanmu bisa gantian berkompromi dan pergi ke pasar seni bersamamu.

3. Kenali Batasanmu Sendiri

Saat sedang berlibur dengan banyak orang, kadang kita jad gampang banget terpengaruh. Tapi, kamu harus ingat untuk selalu mengenali batasanmu sendiri. Hanya karena teman-temanmu pengen naik roller-coaster, buka berarti kamu juga harus melakukannya.

Bungee
Bungee

Kamu nggak harus mengikuti apa yang dilakukan teman-temanmu. Apalagi jika kamu memang takut atau nggak nyaman dengan hal tersebut. Kalau memang nggak mau dan nggak ingin melakukannya, ya jangan dilakukan atau kamu sendiri nantinya yang akan menyesal.

4. Hindari Topik Pembicaraan Tertentu

Liburan itu waktunya bersenang-senang dan relaksasi. Jadi jangan jadikan momen tersebut makin tegang dengan membicarakan topik-topik yang nggak menyenangkan. Hindari pembicaraan berat seperti politik, masalah yang sedang kamu alami, atau kesalahan yang mungkin pernah kamu lakukan padanya.

Ngobrol
Ngobrol

Membicarakan hal-hal berat dengan teman saat liburan memang menggoda. Tapi kadang juga bisa membuat mood jadi suram dan lesu. Suasana bisa berubah dengan cepat jika apa yang dibicarakan itu nggak menyenangkan. Jadi meski awalnya kalian terlihat tertawa-tawa bahagia, bisa saja jadi kaku gara-gara pembicaraan tersebut.

5. Sisakan Waktu Untuk Bersantai Sendirian

Terus-terusan berkeliling dengan bersosialisasi selama 24 jam sehari kadang bisa melelahkan. Jadi nggak masalah kalau kamu pengen istirahat sejenak dan bersantai sendirian sementara yang lain sibuk bermain-main.

Bersantai
Bersantai

Nggak masalah kamu memilih tidur sejenak sementara yang lain makan siang, atau memilih untuk berjemur sementara temanmu main banana boat. Dengan bersantai sendirian sejenak, kamu akan kembali tenang dan rileks serta siap seru-seruan bareng temanmu lagi.

Saat liburan bareng teman-teman, intinya adalah pengertian. Setiap orang pasti punya sisi lain yang membuatmu nggak tahan, tapi kamu juga punya sisi itu. Jadi, yang penting adalah tetap sopan dan sabar kepada satu sama lain serta berusaha memahami sudut pandang mereka. Dengan begitu, liburanmu bisa berjalan lancar dan menyenangkan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *