Sedang memuat Kemacetan Mudik Lebaran 2017, Ini Beberapa Hal Yang Perlu Kamu Ketahui.

Kemacetan Mudik Lebaran 2017, Ini Beberapa Hal Yang Perlu Kamu Ketahui.

Kamu Mudik Kemana?

Lebaran semakin dekat. Terkait dengan lebaran ini ada tradisi unik yang di lakukan orang indonesia, yaitu tradisi mudik lebaran. Hari libur lebaran yang bsa dibilang cukup panjang dimanfaatkan mereka mereka yang merantau untuk pulang mengunjungi keluarga mereka di kampung halaman.

foto ilustrasi kemaacetan mudik lebaran 2017
Kemacetan Mudik Lebaran 2017, Ini Beberapa Hal Yang Perlu Kamu Ketahui.image [source]

Adanya fenomena mudik lebaran ini memunculkan satu masalah yang tak kunjung usai dari tahu ketahun. Masalah itu adalah kemacetan yang terjadi di tengah tengah mudik lebaran. Beberapa titik di ruas jalan yang di pakai untuk jalur mudik menjadi terlalu padat. Karena orang mudik dalam waktu yang hampir bersamaan, kemacean pun tak bisa di hindarkan. Pintu pintu tol, serta persimpangan jalur mudik penuh sesak oleh kendaraan pemudik. Tak jarang para pemudik ini terjebak macet hingga berjam jam. jalur yang macet pun mencapai berkilo kilo meter. mudik lebaran tahun 2017 ini juga di prediksi akan macet. Terkait dengan macet mudik lebaran 2017, ini beberapa hal yang perlu kamu ketahui.

1. Potensi Kemacetan Mudik Lebaran 2017 Masih Ada Dan Perlu Diwaspadai.

Potensi Kemacetan Mudik Lebaran
Potensi Kemacetan Mudik Lebaran 2017 Masih Ada Dan Perlu Di Waspadai. image [source]

Tahun lalu titik macet paling parah di wilayah jawa tengah ada di tol brexit. Kemacetan panjang serta berlangsung berjam jam terjadi di wilayah brebes exit tol pejagan. Penyebabnya orang orang berpikiran bahwa lewat tol adalah jalur mudik paling ideal. Karena semua pemudik berpikiran sama, kendaraan pun akhirnya menumpuk di jalur keluar tol yang terkenal denga sebutan brexit tersebut. tahun ini titik exit tol pejagan di brebes ini juga masih perpotensi macet. Kalau bisa hindari titik ini.

2. Tak Kurang Dari 22 Ribu Personol Polri Disiapkan Utuk Mengantisipasi Kemacetan Mudik Lebaran 2017.

Tak Kurang Dari 22 Ribu Personol Polri Disiapkan Utuk Mengantisipasi Kemacetan Mudik Lebaran 2013.
Tak Kurang Dari 22 Ribu Personol Polri Disiapkan Utuk Mengantisipasi Kemacetan Mudik Lebaran 2013. image [source]

Beberapa waktu sempat viral video yang berisi para preman memanfaatkan kemacetan yang terjadi di berbagai ruas jalan saat mudik. ada yang memaksa pemudik untuk membeli barang dengan paksaan, ada juga yang mencuri barang barang bawaan di mobil pemudik yang terjebak macet. Saat macet, mobil pemudik memang tak bisa kemana mana. sehingga preman dengan leluasa melakukan aksinya. Dengan setiap titik exit tol dan jalan arteri akan di jaga oleh personil polisi. Selain menjaga keamanan pemudik para personil polisi ini juga siap menolong para pemudik yang kehabisan bensin saat terjebak macet mudik lebaran.

3. Waspadai 52 Titik Kemacetan Di Jawa Barat.

Waspadai 52 Titik Kemacetan Di Jawa Barat.
Waspadai 52 Titik Kemacetan Di Jawa Barat. image [source]

Jabar ternyata juga rawan macet. Dishub jawa barat sudah memetalan 52 titik kemacetan beberapa titik kemacetan itu antara lain 17 titik di jalur utara, 18 titik kemacetan di jalur tengah dan 18 titik kemacetan juga di jalur selatan. Titik titik macet mudik lebaran di jalur utara jabar antara lain ada di kawasan Simpang Jomin, Cikalong Purwakarta, Sukamandi, hingga Tegal Gubug. Titik macet di jalur tengah ada di kawasan puncak. Jadi siap siap ya kalau sama pak polisi jalur mudik kamu dialihkan ke halan halan alternatif.

4. Jadwal Mudik Lebaran Bebas Macet.

Jadwal Mudik Lebaran Bebas Macet.
Jadwal Mudik Lebaran Bebas Macet. image [source]

Meskipun kemacetan akibat mudik lebaran selalu terjadi setiap tahun, tapi selalu ada cara kok agar lolos dari antrean panjang kendaraan. Caranya adalah mengambil waktu mudik yang berbeda dari orang lain. lalu kapan waktu mudik yang tepat agar tidak terjebak macet itu? Lebaran kan ada di tanggal 25 juni 2017. Menurut kapolri jendral Tito Karnavian, puncak mudik lebaran itu akan terjadi pada tanggal 23 dan 24 juni 2017. Jika ingin bebas dari macet mudik lebaran sebaiknya kamu mudik duluan. Misal mudik di H-5 atau H-4 lebaran. Arus balik di prediksi akan mencapai puncak pada H+4 dan H+5, agar jalanan lega, kamu bisa balik dari kampung halaman lebih awal atau lebih lama dari puncak arus balik tersebut.

Itu 4 hal yang perlu kamu ketahui tentang terkait kemacetan mudik lebaran yang di prediksi akan terjadi juga di tahun 2017 ini. saat mudik, jangan lupa bawa bekal makanan yang cukup buat jaga jaga. Selain itu pastikan juga bensin kendaraan yang kamu tumpangi dalam keadan full. Tak kalah penting petakan juga ya titik titik rest area yang bisa kamu gunakan untuk istirahat sejenak saat lelah menyetir. Dengan persiapan yang matang, bisa jadi kamu akan lolos dari kemacetan dan selamat sampai tujuan. Jangan lupa berdoa.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *