7 Makanan Khas Timur Tengah Untuk Berbuka Puasa

Hidangan Timur Tengah terus menjadi primadona. Hidangan dari Timur Tengah diidentikkan dengan kawasan yang sebagian penduduknya menganut agama Islam. Tidak heran jika apapun yang berbau Ramadhan pasti yang menjadi primadonanya adalah makanan khas Timur Tengah.

Hidangan khas Timur Tengah ini menyediakan aneka makanan yang rasanya legit dengan menggunakan beraneka ragam bumbu. Berikut merupakan kumpulan menu masakan Timur Tengah yang paling popular dan juga bisa menjadi inspirasi untuk menu berbuka atau sahur anda.

1. Qatayef

Hidangan satu ini sangat umum di Mesir dan negara-negara yang terletak di Syam atau Mediterania timur seperti Cyprus, Yordania, Lebanon, Suriah, Palestina dan Turki. Qatayef merupakan hidangan manis yang wajib disantap di bulan Ramadhan.

Qatayef [ Image Source ]
Qatayef [ Image Source ]

2. Moutabal

Moutabal ini mungkin yang juga akan membuat kamu menyodorkan piring untuk menambah lagi dan lagi. Biasanya moutabal disajikan dengan potongan terong yang siap dicelupkan ke dalamnya. Membuat potongan terong atau sayuran terasa jauh lebih istimewa.

Moutabel [ Image Source ]
Moutabel [ Image Source ]

3. Shanklish

Keju yang terbuat dari susu sapi atau kambing ini biasa disajikan dalam bentuk bulatan kecil yang siap lahap. Dibalut dengan bumbu zaatar atau serbuk cabai dan juga disajikan dengan potongan tomat, bawang serta minyak zaitun.

Shanklish [ Image Source ]
Shanklish [ Image Source ]

4. Kebab

Kalau yang satu ini pastinya kamu sangat tahu dan juga doyan kan? Irisan-irisan daging kebab ini biasa disajikan dengan saus yang rasanya asam sehingga menyeimbangkan rasa dan membuatnya lebih sedap.

Kebab [ Image Source ]
Kebab [ Image Source ]

5. Brik dan Chorba

Di Tunisia, masyarakat lokal biasa berbuka puasa dengan hidangan bernama brik dan chorba. Brik sendiri merupakan pastry yang diisi dengan keju, telur dan tuna, kemudian digoreng hingga berwarna cokelat keemasan. Brik lantas disantap bersama chorba atau shoraba, sup tradisional asal Tunisia.

Brik dan chorba [ Image Source ]
Brik dan chorba [ Image Source ]

6. Harira

Tak hanya Indonesia, Maroko juga punya menu takjil favorit yaitu harira yang merupakan hidangan sup ringan yang biasa disantap sebelum menikmati hidangan berat. Sup dibuat dengan tomat yang dihaluskan dan dicampur dengan berbagai bumbu rempah.

Harira [ Image Source ]
Harira [ Image Source ]

7. Madgooga

Hidangan penutup mulut tradisional asal Irak ini sering dijuluki sebagai menu dari surga karena kelezatannya yang tiada dua. Terdiri dari kurma dan adonan yang dicampur cokelat, madgooga memiliki bentuk bundar layaknya bola.

Madgooga [ Image Source ]
Madgooga [ Image Source ]

Walaupun makanan khas dari Timur Tengah, bukan berarti di Indonesia tidak ada ya. Bahkan tidak sedikit yang menjual makanan-makanan khas Timur Tengah ini. Orang-orang Indonesia pun bisa sangat mahir dalam memasak masakan khas Timur Tengah ini.

Oke itulah tadi beberapa makanan khas Timur Tengah yang wajib banget jadi menu untuk buka puasa. Selamat datang bulan Ramadhan, sebaiknya kamu mulai menyiapkan list-list apa saja yang akan kamu jadikan menu buka puasamu. Semoga bermanfaat yaa.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *