Sedang memuat 5 Makanan Ini Hanya Bisa Dijumpai Saat Ramadan

5 Makanan Ini Hanya Bisa Dijumpai Saat Ramadan

Kalau ditanya tentang hal-hal yang paling identik dengan Ramadan, setiap orang pasti punya jawaban mereka sendiri. Entah itu ngabuburit, bukber alias buka bersama, sampai tadarusan. Memang sih banyak banget hal-hal yang sangat mencirikan Ramadan. Termasuk salah satunya adalah berbagai jenis makanan.

Soal makanan, memang bener banget kalau ramadan itu punya makanan khasnya sendiri. Bahkan antara satu daerah dengan daerah lain kadang berbeda. Meskipun begitu, cukup banyak pula jenis makanan yang identik dengan ramadan tapi bisa ditemukan kapan pun. Tapi, tetep aja timing keluarnya yang pas tetaplah di bulan suci.

Perut lapar ngobrolin makanan memang sangat pas. Tapi, jangan sampai ngiler ya apalagi nggak tahan. Nah, berikut adalah jenis-jenis makanan khas ramadan yang bakal jarang kita temukan di bulan lain.

1. Kolak, Paling Enak Disantap Cuma Pas Ramadan

Dari semua jenis makanan yang ada, cuma kolak yang bisa dibilang sebagai makanan khasnya ramadan. Entah apa alasannya, tapi menikmati kolak di luar bulan puasa rasanya itu seperti nggak ada yang spesial. Bisa juga karena sudah terbiasa, maksudnya orang-orang seringnya makan kolak hanya pada bulan ramadan. Makanya, kolak kemudian diasosiasikan sebagai makanan khas bulan puasa.

Kolak  [image source]
Kolak [image source]
Kolak sendiri sebenarnya makanan yang cukup sederhana. Cuma santan dicampur dengan pisang, ubi, labu, kacang hijau dan sebagainya. Meskipun begitu, rasanya enak luar biasa. Apalagi ditambah buah-buahan macam nangka. Sensasi manisnya itu lho, berpadu pas dengan santan dan bahan-bahan lainnya.

2. Kurma, Makanan Afdol Buka Puasa

Selain kolak, makanan yang paling identik dengan bulan puasa adalah kurma. Bahkan saking identiknya, buah satu ini sampai jadi icon. Jadi, ketika pedagang kurma sudah mulai bermunculan, maka itu tanda ramadan tiba.

Kurma   [image source]
Kurma [image source]
Nggak salah memang kalau kurma ini jadi makanan khas ramadan. Kurma adalah sunnah Nabi karena dalam hadis diriwayatkan beliau berbuka dengan buah ini. Di samping itu, dipandang dari nilai gizi, kurma sendiri memang pas banget untuk hidangan buka. Menurut para ahli, makanan ini ternyata bermanfaat untuk meregenerasi energi karena kandungan zat gulanya.

3. Es Cincau dan Cendol Juga Jadi Khasnya Ramadan

Apanya yang khas? Nggak ramadan juga bisa kok nikmatin es cincau atau cendol. Ya, memang, tapi harus diakui kalau momen paling enak menyantap dua makanan ini cuma di bulan ramadan. Setelah seharian menahan haus, satu teguk es cincau dan cendol pasti bisa langsung menendang dahaga.

Es cendol   [image source]
Es cendol [image source]
Entah sejak kapan minuman segar ini jadi khasnya ramadan. Mungkin karena faktor kebiasaan juga ketika orang-orang rumah selalu menyajikan makanan ini ketika berbuka. Es cincau dan cendol sendiri kini sudah berevolusi. Kalau dulu ya begitu-begitu aja, kini sudah dikemas dengan format baru. Entah dikombinasi pakai buah, susu, atau apa pun.

4. Kolang-Kaling Juga Jadi Santapan Khas di Bulan Ramadan

Selain cincau dan cendol, kolang-kaling juga jadi minuman yang identik banget dengan ramadan. Entah kenapa kalau di bulan puasa seperti sekarang ini stok kolang-kaling seakan melimpah, sedangkan di hari-hari biasa jumlahnya tak begitu banyak.

Kolang kaling   [image source]
Kolang kaling [image source]
Kolang-kaling sendiri nggak harus dimakan dengan air es dan gula, tapi bisa juga dikemas dengan banyak hal. Mulai dari sirup sampai buah-buahan. Yang bikin kolang-kaling itu enak adalah teksturnya yang kenyal. Ketika berpadu dengan kuah yang mantap, sensasi menggigit kolang-kaling bakal bikin ketagihan. Kalau kamu belum pernah, maka wajib tuh cobain.

5. Timun Suri, Buah Misterius Ramadan

Nggak, ini bukan klenik kok, cuma fenomenanya pasti seperti itu. Coba perhatiin, timun suri pasti booming banget pas ramadan, tapi kalau nggak pas bulan puasa pasti cukup susah untuk ditemukan. Alhasil, banyak tuh yang akhirnya mengidentikkan timun suri dengan ramadan.

Timun suri  [image source]
Timun suri [image source]
Emang nggak bisa dipungkiri kalau timun suri itu enak luar biasa. Manis-manis gimana gitu? Makanya, ia juga pas sebagai santapan takjil berbuka. Buah ini sendiri juga bisa diolah macam-macam. Biasanya sih yang paling nikmat adalah dijadikan campuran es atau salad buah. Rasanya yang manis-manis bakal membuatmu sejenak merasakan kenikmatan duniawi yang luar biasa.

Inilah makanan-makanan yang khas banget dengan bulan ramadan. Mungkin masih ada beberapa makanan khas lain dari daerah-daerah tertentu, tapi yang paling universal ya deretan makanan di atas. Ngomong-ngomong, es buah pakai kolang-kaling dan timun suri kayaknya enak nih!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *