Jangan Buang Kulit Jeruk! ini Segudang Manfaatnya

Manfaat Tersembunyi Dari Kulit Jeruk

Tidak semua yang pahit-pahit itu buruk dan sebaliknya tidak semua yang rasanya manis itu baik. mungkin ini juga yang berlaku pada jeruk. Jika kita bertanya pada orang, bagaimana caramu memakan buah jeruk, maka rata-rata mereka akan menjawab, membuang kulitnya dan memakan daging buahnya. Belum pernah ada kan yang memakan jeruk hingga sekulit-kulitnya. Kulit jeruk dianggap sampah oleh hampir semua orang. selain berminyak, terasa pahit, cairan yang tersebut dari pori-porinya juga terasa pedih di mata. Oleh karena itulah sebagian besar orang akan langsung membuang kulit jeruk ketika selesai mengupasnya.

Manfat Kulit Jeruk
Manfat Kulit Jeruk image [source]

Namun kebiasaan membuang kulit jeruk tersebut sepertinya akan segera di tinggalkan. Penyebabnya adalah, ternyata kulit jeruk menyimpan manfaat yang banyak. kulit jeruk ternyata bisa di pakai untuk berbagai tujuan. Jika tahu cara penggunaan yang benar, kulit jeruk tersebut akan sangat bermanfaat bagi kulit, gigi serta anggota tubuh yang lain. apa saja ya manfaat dari kulit jeruk tersebut dan bagaimana cara penggunaanya? Silahkan lihat daftarnya di bawah ini.

1. Kulit Jeruk Bisa Untuk Mempercerah Warna Kulit.

Jika kulitmu kusam banyak area gelap serta noda hitam di sana-sini, maka kulit jeruk mungkin bisa kamu gunakan untuk mempercerah warna kulitmu. Seperti kandungan buahnya, kulit jeruk ini juga mengandung vitamin c. Vitamin c inilah yang akan menjaga kelembutan, kesegaran, serta kecerahan dari kulit tubuhmu. Kulit jeruk juga bisa berg=fungsi sebagai sunblock yang mencegah sinar ultraviolet daro matahari merusak sel-sel kulitmu.

Kulit Jeruk Bisa Untuk Mempercerah Warna Kulit.
Kulit Jeruk Bisa Untuk Mempercerah Warna Kulit. image [source]

Wow, lumayan hebat ya fungsi dari kulit jeruk ini, siapapun pasti mau kulitnya jadi cerah, lembut dan bersinar hanya bermodalkan perawatan dengan kulit jeruk. Jika kamu tertarik, cara penggunaan kulit jeruk ini cukup sederhana. Petama, kamu harus membuat kulit jeruk tersebut menjadi bubut terlebih dahulu, setelah jadi bibit campurkan 2 sendok dari bubuk tersebut dengan 2 sendok yogurt dan 1 sendok madu. Aduk ketiga campuran tersebut hingga merata dan membentuk pasta. Setelah menjadi pasta, oleskan pasta tersebut pada kulit wajah dan leher kamu. Cara mengoleskannya adalah dengan gerakan melingkar. Setelah selesai dioleskan merata, diamkan selama 20 menit hingga pasta mengering. Setelah mengering, bilas wajah dan lehermu dengan air hangat. Lakukan cara ini 2 sampai 3 kali setiap minggu ya untuk mendapatkan hasil yang maksimal.

2. Kulit Jeruk Bisa Untuk Melawan Tanda Penuaan.

Ketika kita menua maka, sel-sel tubuh kita mulai melambat kerja dan kemampuan regenerasinya. Di kulit akibat penuan adalah berkurangnya sel-sel kolagen. Sel- kolagen ini merupakan sel yang selalu muda dan selalu tumbuh. Ketika sel kolagen menjadi berkurang, kulit menjadi semakin tipis. Pembuluh darah dan tulang terlihat dengan jelas dan kerusakan yang diakibatkan olah matahari susah di perbaiki. Akibatnya kecepatan rusaknya kulit oleh matahari lebih cepat dari pada laju penyembuhan. Bercak-bercak gelap mulai terlihat. Salah satu penyebab rusaknya sel-sel kulit ini adalah zat-zat radikal bebas yang mengoksidasi kulit.

Kulit Jeruk Bisa Untuk Melawan Tanda Penuaan.
Kulit Jeruk Bisa Untuk Melawan Tanda Penuaan. image [source]

Untuk mencegah kerusakan kulit yang diakibatkan oleh radikal-radikal bebas serta radiasi ultraviolet ini kulit jeruk mengandung banyak senyawa anti oksidan. Anti oksidan dalam kulit jeruk tersebut akan mencegah, kulit kita mengalami pengerutan dan kendor. Selain itu warna kulit kita juga menjadi lebih cerah.Untuk menggunakan kulit jeruk sebagai ramuan pencegah penuan kulit ini, caranya juga cukup mudah. Campurkan bubuk kulit jeruk tersebut dengan bubuk oatmeal serta madu. Aduk ketiga campuran tersebut sehingga menjadi pasta. Setelah menjadi pasta, oleskan pada kulit wajah dan leher. Terutama pada bagian yang menampakkan tanda-tanda penuaan. Setelah pemakaian rutin seminggu tiga kali, tanda-tanda penuaan yang muncul di kulitmu akan hilang.

3. Kulit Jeruk Mampu Memutihkan Gigi.

Semua orang mendambakan gigi yang putih, namun tidak semua orang mendapatkannya. Ada beberapa alasan yang menjadi penyebab gigi seseorang menjadi putih. Alasan pertama, karena proses penuaan. Warna putih pada gigi dimunculkan oleh lapisan enamel. Ketika gigi dipakai setiap hari, maka lapisan enamel ini akan menipis dan tergerus. Berkurangnya lapisan enamel inilah yang menyebabkan gigi berwarna kurang putih. Selain karena penuaan, penyebab gigi berwarna kucing adalah karena kebiasaan merokok dan minum kopi. Penggunaan obat serta serangan penyakit juga kadang membuat gigi kita berwarna kuning.

Kulit Jeruk Mampu Memutihkan Gigi.
Kulit Jeruk Mampu Memutihkan Gigi. image [source]

Untuk memutihkan gigi yang terlanjur kuning ini, kamu bisa memakai kulit jeruk. Ya kulit jeruk mengandung senyawa yang dinamakan D-limonene. Senyawa D-limonene inilah yang akan menghilangkan warna kulit pada gigi. Untuk menggunakan kulit jeruk sebagai pemutih gigi, yang perlu kamu lakukan adalah gosok gigimu dengan bagian dalam kulit jeruk yang berwarna putih selama 3 menitan. Kemudian kumur-kumurlah. Setiap hari usahakan untuk melakukan minimal 2 kali. Jangan berhenti sampai gigimu menjadi seputih mutiara.

4. Kulit Jeruk Bisa Untuk Menurunkan Berat Badan.

Sesuatu yang berasa asam biasanya bagus untuk membantumu menurunkan berat badan. penyebabnya adalah karena dalam buah-buahan yang berasa asam tersebut ada vitamin c nya. Citamin c tersebut akan mengikat lemak dan memecahkannya menjadi zat-zat lain. dengan berkurangnya lemak, maka berat tubuhmu juga akan berkurang,

Kulit Jeruk Bisa Untuk Menurunkan Berat Badan.
Kulit Jeruk Bisa Untuk Menurunkan Berat Badan.image [source]

Jika ingin memanfaatkan kulit jeruk sebagai obat terapi berat badan, yang perlu kamu lakukan sangatlah mudah. Pertama, kamu perlu menyediakan kulit jeruk yang sudah dikeringkan. Kulit jeruk yang sudah dikeringkan tersebut kemudian dimasukkan ke dalam air mendidih dan di tutup. Setelah dibiarkan selama 10 menit, buang kulit jeruknya sehingga tersisa air rendamanya saja. Tambahkan madu murni yang cukup ke dalam air rendaman kulit jeruk tersebut dan minum 2 gelas setiap hari.

Cukup mudah bukan memanfaatkan kulit jeruk untuk berbagai tujuan ini. selain banyak membawa dampak positif bagi kesehatan, kulit jeruk ini juga bisa didapat dengan murah dan mudah. Tinggal beli jeruk 1 kilo, kumpulkan kulitnya, keringkan dan jadikan bubuk. Bubuk kuit jeruk itu pun bisa di manfaatkan di masa depan untuk berbagai keperluan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *