Eh Ternyata Menangis Itu Ada Manfaatnya Juga, Sudah Tahu Apa Belum?

Jangan Malu Untuk Menangis

Kapan terakhir kali kamu menangis? Menangis untuk beberapa orang dianggap sebagai bentuk kelemahan. Cewek biasanya adalah pihak yang sering menangis ini. sementara cowok, kadang juga menangis secara sembunyi sembunyi ketika tidak dilihat orang lain. penyebab seseorang menangis ini ada beberapa macam. Antara lain karena sedih di tinggal orang yang dicintai, putus cinta, atau karena menghadapi masalah berat yang tak bisa ia tangani.

Eh Ternyata Menangis Itu Ada Manfaatnya Juga, Sudah Tahu Apa Belum?
Eh Ternyata Menangis Itu Ada Manfaatnya Juga, Sudah Tahu Apa Belum. image [source]

Meskipun banyak yang menganggapnya sebagai bentuk kelemahan, ternyata, menangis itu ada manfaatnya lho. Pernah kan kamu merasa punya masalah berat, kemudian setelah menangis kamu menjadi lega? Cewek cewek biasanya sering meminjam bahu temannya untuk bersandar dan menangis agar beban masalahnya tersalurkan. Selain bisa membuat seseorang merasa lega, ternyata menangis juga punya banyak manfaat lain lho. Mau tahu apa saja manfaat dari menangis tersebut? berikut ini informasinya.

1. Menunjukkan Tangis Bisa Mempererat Hubungan Persahabatan.

Sebagian besar dari kita merupakan makhluk tertutup. Artinya kita merasa tidak nyaman bisa seseorang yang tidak terlalu dekat mengetahui masalah yang kita hadapi. oleh karena itu ketika kita punya masalah, kita cenderung menutup-nutupinya pada orang yang belum terlalu dekat. Meskipun di wajah kita terlihat kesedihan, namun jika orang yang belum terlalu dekat tersebut bertanya ada masalah apa? kita akan menjawab bahwa kita baik baik saja.

Menunjukkan Tangis Bisa Mempererat Hubungan Persahabatan.
Menunjukkan Tangis Bisa Mempererat Hubungan Persahabatan. image [source]

Kebiasaan untuk menutupi-nutupi masalah serta kesedihan yang kita punya kepada sahabat tersebut ternyata kurang baik. kebiasaan itu ternyata justru mencegah hubungan persahabatan bertambah dekat. Jika kamu ingn menemukan sahabat sejati, sebaiknya kamu mulai menunjukkan perasaanmu sebenarnya. Jika kamu merasa sedih, katakan bahwa kamu sedih, jika kamu sedang punya masalah, katakan bahwa kamu sedang punya masalah. Jika kamu ingin menangis, cobalah menangis di depan sahabatmu itu. Teman yang tidak keberatan dengan tangisanmu adalah sahabat sejatimu. Sedangkan yang berkeberatan dengan tangisanmu, berarti ia Cuma ingin jadi teman di kala senang. Menangis akan membuat persahabatanmu makin dekat. Tapi dengan catatan kamu cewek lho, kalau kamu cowok dan tiba tiba menangis di depan teman cowokmu yang ngak terlalu dekat, bisa bisa teman cowokmu itu malah kabur karena mengira kamu ada sedikit unsur LGBT nya.

2. Menangis Membantumu Cepet Move On.

Ada orang yang punya masalah berat, namun ia masih tidak mengakui nya. Ia terus menerus berbohong kepada orang lain dan kepada diri sendiri bahwa ia tidak punya masalah serius. Misalnya saja, orang yang baru kehilangan dompet dengan isi uang 10 juta. Ia tahu persis bahwa dirinya memang kehilangan uang lumayan besar jumlahnya tersebut. namun ia terus menerus meyakinkan pada dirinya bahwa mungkin uang tersebut hanya keselip. ia terus menerus meyakinkan dirinya bahwa seseorang pasti akan mengembalikan uang tersebut kepadanya. Ia terus menerus mencoba menenangkan diri dan berpikir jika rejeki pasti kembali. Faktanya, ditunggu seminggu dua minggu uang tersebut tak juga kembali. Psikologisnya sudah selama 2 minggu menahan tangis. Memikul beban berat masalah dengan harapan palsu. Ia terus menerus berharap bahwa suatu saat uangnya tersebut akan kembali.

Menangis Membantumu Cepet Move On.
Menangis Membantumu Cepet Move On. image [source]

Pengingkaran terhadap masalah yang dihadapi terkadang memang efeknya justru buruk. Akan lebih baik jika orang tersebut mengakui pada diri sendiri bahwa ia telah kehilangan uang dalam jumlah besar, dan kemungkinannya kecil untuk kembali. Kalau perlu menangis segera saja menangis saat itu juga. Dengan begitu di hari hari berikutnya kita tak perlu menghibur diri dengan harapan palsu bahwa uang akan kembali. Kita tak perlu terus menerus berharap bahwa seseorang akan mengembalikan uang yang hilang tersebut. kita bisa langsung bangkit dan fokus menemukan cara mencari lahi uang sejumlah tersebut dan kembali bersemangat. Dengan begitu kita bisa move on dari musibah yang terjadi di masa lalu.

3. Menangis Membuat Kreatifitas Seseorang Meningkat.

Coba kamu baca buku buku serta novel yang laris di gemari banyak orang. atau bisa juga film film yang menancap dalam di ingatan seseorang. Biasanya novel atau film tersebut banyak mengungkapkan emosi pengarang atau penulis ceritanya. Novel tersebut ditulis campur aduk dengan emosi pengarangnyaoleh karena di penuhi emosi pengarangnya, emosi pembacanya pun ikut teraduk aduk. Itu lah mengapa kadang kita merasa sedih, gembira, terharu bahkan menangis kanya karena membaca novel atau melihat film.

Menangis Membuat Kreativitas Seseorang Meningkat.
Menangis Membuat Kreativitas Seseorang Meningkat. image [source]

Kesimpulannya, orang yang tidak takut takut mengungkapkan emosi, mampu menelurkan karya karya yang kreatif. Karya yang mereka buat jadi penuh dengan emosi yang bisa di rasakan oleh kebanyakan orang. tak mungkin seseorang bisa menghasilkan karya karya yang penuh emosi tersebut jika mereka tidak mau terbuka mengekspresikan semua emosi yang mereka rasakan. Maka itu jika punya masalah berat, menangislah dan biarkan emosimu tersebut mewarnai setiap karya karyamu.

4. Menangis Dapat Mengeluarkan Racun Tubuh.

Kita semua tentu menyadari betapa bahayanya memendam masalah. Menurut penelitian yang dilakukan oleh Dr. Wlliam Frey air mata yang disebabkan oleh iritasi fisik itu berbeda dengan air mata yang di picu oleh tekanan psikologis. Air mata yang disebabkan oleh tekanan psikologis mampu merangsang otak untuk mengeluarkan hormon kortisol. Hormon kortisol ini fugsinya mengurangi stress yang dirasakan oleh tubuh.

Menangis Dapat Meneluarkan Racun Tubuh.
Menangis Dapat Meneluarkan Racun Tubuh. image [source]

Jadi ketika kita punya banyak masalah, salah satu cara untuk meringankannya adalah dengan menangis. Dengan menangis, maka air mata yang keluar tersebut akan memicu otak untuk mengeluarkan hormon kortisol ke dalam peredaran darah. Hormon kortisol ini kemudian akan membuat tubh kita lebih rilek. Terbebas dari tekanan stress. Beban psikologis kita pun jadi terasa ringan

5. Menangis Membuat Seseorang Menjadi Kuat.

Seperti kita tahu, orang kuat adalah mereka yang berani menghadapi semua masalah dan tiak berlari darinya. Dengan menangis berarti kamu sudah mengakui bahwa masalah itu ada dan kamu siap menghadapinya. Dengan menangis kamu juga tidak takut lagi orang lain akan mengetahui masalahmu. Itu artinya kamu tak perlu lagi buang buang tenaga buat menutupi semua masalah yang kamu miliki. Tenaga bisa kamu fokuskan untuk mengatasi masalah.

Menangis Membuat Seseorang Menjadi Kuat.
Menangis Membuat Seseorang Menjadi Kuat. image [source]

Sebuah studi yang di lakukan di universitas florida menunjukkan bahwa setelah menangis 88 persen orang mengaku bahwa mood mereka menjadi lebih baik. mereka menjadi bersemangat lagi untuk kerja dan melanjutkan aktivitas sehari hari. Mereka menjadi tidak lagi fokus pada masalah yang dipunyai. Dengan membaiknya mood tersebut tentu orang yang habis menangis siap menghadapi tantangan baru dan punya tenaga untuk menghadapi masalah berikutnya yang akan datang. Ingat masalah akan datang silih berganti, jangan habiskan waktumu untuk fokus pada satu masalah yang telah terjadi ya. Lebih baik menangis sekali dan bangkit lagi dari pada tidak menangis tapi terus memendam masalah.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *