7 Bukti Bahwa Ilmuwan Bekerja Untuk Membuat Manusia Makin Malas

Manusia dulunya harus menjalani hidup yang sulit untuk bertahan hidup. Selama ribuan tahun, manusia berusaha melakukan sesuatu untuk mempermudah hidup dan agar tidak bekerja terlalu berat.

Bangsa Eropa memulai revolusi industri demi mempermudah segala kegiatan manusia, tapi tetap saja kita masih harus bekerja dan bergerak serta mengatur macam-macam tombol. Hingga kini, para ilmuwan terus melakukan penelitian dan menghasilkan inovasi baru agar manusia tidak perlu lagi mengangkat jarinya. Dan sepertinya kita sudah semakin dekat dengan momen tersebut.

1. Obat yang Meniru Efek Olahraga

Semua orang ingin tubuh yang sehat dan bentuk badan yang bagus. Tapi olahraga yang bisa menunjang dua hal tersebut malah jadi satu hal yang paling sering dihindari karena alasan capek, atau malas. Karena itulah, kemudian muncul pil-pil diet atau bahkan pil yang mengganti keperluan untuk berolahraga.

143
Capek Nge-gym [ Image Source ]

Saat ini, ilmuwan sedang mengembangkan pil yang bisa menggantikan olahraga dan prosesnya berjalan dengan baik. Dengan menganalisa tubuh saat melakukan olahraga, mereka bisa mengetahui bagaimana tubuh bereaksi. Selanjutnya dibuatlah obat yang mampu menghasilkan reaksi yang sama. Pil tersebut memanipulasi otak sehingga berpikir mereka kelelahan sehingga memaksa aktifitas metabolisme yang membuat berat badan berkurang.

Para peneliti mengaku bahwa penelitian ini adalah obat untuk penderita obesitas dan diabetes. Tapi bukan tidak mungkin pada akhirnya pil semacam ini bisa dijual bebas di pasaran.

2. Manusia Tidak Perlu Bekerja

Robot kini sudah diimplementasikan ke pabrik-pabrik besar. Hal inilah yang kemudian mengurangi keperluan menggunakan tenaga kerja manusia. Menurut beberapa tokoh di dunia teknologi, trend ini sedang berkembang dan akan terus berkembang. Faktanya, banyak pekerjaan umum yang ada saat ini kemungkinan besar akan hilang dalam 20 tahun mendatang.

18to93c6sw0s7jpg
Robot di pabrik [ Image Source ]

Hal ini bukan cuma skenario yang mungkin terjadi di masa depan, tapi bahkan sudah terjadi. Amazon saat ini sedang dalam proses mengganti armada pengemudinya dengan drone. Tiongkok juga sudah membangun pabrik yang dijalankan dengan robot dan bahkan bisa berjalan lebih efisien daripada menggunakan manusia. Manusia tidak akan perlu bekerja lagi dan pemerintah akan diminta untuk memberikan pendapatan dasar bagi setiap orang sehingga mereka tidak perlu bersusah payah untuk bekerja. Ontario dan Jerman sudah menguji ide ini dengan memberikan pendapatan dasar bagi warga. Jika ini berhasil, maka di masa depan manusia tidak perlu capek bekerja.

3. Robot yang Memasak Sendiri

Robot kini juga tidak akan cuma dipekerjakan di pabrik saja. Kenyataannya, sekarang malah sedang dikembangkan robot yang bisa memasak sendiri. Hebatnya lagi, robot tersebut mampu menyediakan hampir setiap masakan yang bisa dibayangkan manusia.

moley-robotic-chef
Robot koki [ Image Source ]
Para insinyur sedang melatih lengan robot agar mereka bisa menirukan pergerakan tangan koki profesional. Namun, bagian terbaiknya adalah kita tidak perlu bergerak sama sekali karena lengan ini bisa dikontrol dari smartphone. Jadi hanya dengan memasukkan kode tertentu, robot tersebut akan menyajikan menu lezat layaknya buatan koki restoran bintang lima.

4. Enzim yang Mencegah Pembentukan Lemak

Berkat terobosan ilmiah, tidak lama lagi kita manusia tidak perlu pusing soal berat badan dan tetap bisa menikmati segala jenis makanan yang diinginkan. Baru-baru ini, para ilmuwan menemukan sebuah enzim yang mencegah gula disimpan dalam bentuk lemak.

fattyburger
Orang gemuk [ Image Source ]

Biasanya, saat manusia memakan es krim, kelebihan gula dalam tubuh akan masuk ke dalam hati dan diubah menjadi sel lemak. Dengan menggunakan enzim ini, gula akan diubah menjadi glycerol yang bisa dikeluarkan tubuh dengan mudah. Artinya, suatu saat nanti manusia tidak perlu khawatir dengan penyakit karena kebanyakan mengonsumsi makanan manis.

5. Mesin yang Bermain dengan Binatang Peliharaan

Biasanya seseorang memlihara binatang peliharaan karena mereka memang penyayang binatang dan suka bermain dengan mereka. Namun kadang si pemilik juga terlalu capek untuk menemani mereka bermain. Karena itulah kemudian muncul alat yang cerdas sekaligus malas ini.

article-2590872-1C9EC4F400000578-626_634x429
Mesin pelempar bola [ Image Source ]

Seorang penemu membuat sebuah alat yang bisa melemparkan bola untuk binatang peliharaanmu. Bermain lempar tangkap dengan anjing memang bisa melelahkan. Tapi mesin ini bisa melemparkan bola-bola seharian sehingga anjing kesayangan tetap bisa bermain. Anehnya, mesin ini sangat populer dan banyak perusahaan yang kini memproduksinya.

6. Lampu yang Meniru Efek Matahari

Manusia membutuhkan matahari agar bisa tetap sehat. Namun kadang ada beberapa orang yang tidak mau keluar rumah sama sekali. inilah mengapa beberapa ilmuwan memutuskan untuk menciptakan lampu yang bisa menghasilkan cahaya seperti matahari.

breast_cancer_sunlight
Sinar matahari [ Image Source ]

Menurut para penciptanya, cahaya ini dibuat dengan menjaga mata penggunanya dengan memberikan sinar yang lebih natural. Lampu ini juga melepaskan radiasi UV sama seperti matahari. Cahaya spektrum penuh ini bertujuan untuk memberikan keuntungan psikologis sehingga membuat manusia merasa lebih baik dan lebih bahagia. Artinya, dengan alat ini manusia juga tidak perlu lagi keluar rumah hanya untuk terkena sinar matahari.

7. Furniture yang Bergerak Sendiri

Kadang saat sudah duduk tenang di hadapan komputer, rasanya malas sekali untuk berdiri sebentar untuk mengambil sesuatu yang tertinggal. Untuk mengatasi ini, Nissan memasang teknologi self-driving mereka dalam kursi kantor. Lengkap dengan sensor dan teknologi self-parking, kursi ini bisa bergerak di sekeliling rumah atau kantor sehingga manusia tidak perlu berjalan kesana kemari saat membutuhkan sesuatu.

Tidak hanya itu saja, Universitas Standford juga telah menciptakan satu set furniture yang bisa mematuhi setiap peraturan. Ada sofa yang bisa bergerak, meja yang bisa menata sendiri, atau tempat sampah yang bergerak mencari sampah. Artinya manusia tidak perlu menggerakkan satu jaripun karena kehidupannya akan sangat terbantu dengan teknologi ini.

Perkembangan teknologi dan segala inovasinya adalah hal yang bagus. Tapi bukan berarti manusia lantas harus menggantungkan seluruh aspek kehidupannya pada alat-alat tersebut. Pada akhirnya manusia juga harus bergerak agar anggota tubuhnya bisa berfungsi dengan baik.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *