Sedang memuat Jadi Manusia Paling Mini Di Dunia Tidak Membuat Orang-Orang Ini Minder

Jadi Manusia Paling Mini Di Dunia Tidak Membuat Orang-Orang Ini Minder

Dalam dunia medis dikenal adanya banyak istilah kelainan pada pertumbuhan manusia. Salah satunya dalah dwarfism yang merujuk pada kelainan yang terjadi pada pertumbuhan individu yang menyebabkannya menjadi kerdil dalam bahasa awamnya disebut cebol. Dwarfism sendiri ada banyak jenisnya, satu yang paling langka adalah primordial dwarfism.

Jika umumnya orang kerdil atau cebol memiliki organ tubuh yang tidak proporsional maka lain halnya dengan manusia yang menderita primordial dwarfism. Semua organ tubuhnya tumbuh proporsional hanya ukurannya saja yang jauh lebih kecil. Baru-baru ini di Liverpool, Inggris sedang diselenggarakan pertemuan orang-orang paling mini di dunia.

Pertemuan Orang-Orang Mini Sedunia di Liverpool

Dilansir dari Daily Mail, beberapa waktu lalu di Liverpool, Inggris sedang diadakan acara pertemuan orang-orang dengan kelainan primordial dwarfism dari seluruh penjuru dunia. Acara ini digagas oleh organisasi Walking With Giants Foundation (WWGF). Organisasi ini sangat concern dalam memberi dukungan pada keluarga dan penderita primordial dwarfism di seluruh dunia.

2 pendiri WWGF berfoto dengan peserta

Dalam acara terbesar pertemuan antar orang mini ini setidaknya dihadiri oleh 35 “kurcaci” dari berbagai negara seperti Australia, Columbia, Kanada, Belanda hingga Rusia. Beberapa peserta mengalami perasaan yang sangat emosional karena untuk pertama kalinya mereka bertemu dan berkumpul dengan orang-orang yang seukuran mereka yang mana sangat sulit ditemukan di lingkungan tempat tinggalnya.

WWGF Didisikan Atas Dasar Kemanusiaan

Organisasi Walking With Giants Foundation (WWGF) didirikan oleh pasangan keluarga Sue dan John Connerty dari Liverpool. Ia mendirikannya atas dasar kemanusiaan dimana mereka mulai tergerak karena menjadi salah satu orang tua yang memiliki anak dengan primordial dwarfism.

1 Emma van der Linden penderita primordial dwarfism dari belanda

Saat sang anak yang bernama Alex (10) didiagnosa menderita kelainan ini mereka melihatnya sangat murung dan kesepian. Kondisi seperti in sudah pasti dialami orang-orang yang menderita kelainan yang sama. Dari sana mulailah ia menggalang dana dan mendirikan organisasi tersebut yang kegiatan utamanya adalah memberikan support dan meningkatkan kesadaran kondisi yang super langka ini.

WWGF Mengembalikan Kepercayaan Diri Penderita Primordial Dwarfism

Selain menyerang fisik kelainan pertumbuhan yang disebabkan oleh primordial dwarfism ini juga memberikan efek pada mental si penderita. Umumnya mereka akan merasa minder danmenjadi tertutup dengan lingkungan sekitar. Hal ini diperparah dengan lingkungan yang juga menganggap aneh dan lebih memilih menjauhi orang-orang ini.

4 primordual dwarfism

Lewat pertemuan yang digalang oleh Walking With Giants Foundation orang-orang mini ini mulai menemukan kepercayaan dirinya kembali. Mereka menyadari bahwa mereka tidak sendiri dan ada orang-orang lain di dunia yang punya nasib serupa. Dengan dukungan yang tepat diharapkan mereka penderita primordial dwarfism bisa mencapai potensi penuh mereka.

Mengenal Primordial Dwarfism

Primordial Dwarfism berbeda dengan dwarfism atau kekerdilan biasa. Pada kasus ini si penderita tetap memiliki organ tubuh yang proporsional dengan ukuran badan mereka hanya saja ukurannya jauh lebih kecil. Dalam bahasa awam bisa dijelaskan bahwa primordial dwarfism adalah kondisi dimana individu sangat kecil untuk usia mereka, bahkan sebagai janin.

2

Kelainan ini sulit didiagnosis karena mirip gejala awalnya mirip dengan gizi buruk. Barulah setelah bayi berumur 3 tahun bisa diketahu bahwa ia menderita primordial dwarfism. Kelainan ini terjadi bukan karena kekurangan hormon pertumbuhan melainkan disebabkan oleh mutasi gen yang memegang peran pembelahan sel dan segregasi kromosom.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *