Sedang memuat 8 Fakta Mata Hari, Mata-Mata Cantik Yang Pernah Hidup Di Indonesia

8 Fakta Mata Hari, Mata-Mata Cantik Yang Pernah Hidup Di Indonesia

Ada begitu banyak film Hollywood yang menampilkan sosok mata-mata dengan kecerdasan dan keahlian bertarung tinggi. Mereka juga digambarkan memiliki alat-alat canggih yang selalu sukses bikin penonton merasa terpukau. Meski itu hanyalah sebuah cerita fiksi, mata-mata sebenarnya memang ada di dunia nyata.

Bahkan, kegiatan spionase sendiri diketahui telah ada sejak era Sun Tzu pada tahun 554-496 SM. Nah, kali ini kita akan membahas tentang seorang mata-mata cantik yang kematiannya sempat menghebohkan dunia. Wanita itu memiliki nama panggung Mata Hari dan diketahui pernah hidup di Indonesia. Penasaran? Yuk simak fakta-fakta menariknya!

1. Margaretha Geertruida Zelle Adalah Nama Asli Dari Mata Hari

Mata-mata cantik ini memang lebih dikenal dengan sebutan Mata Hari. Usut punya usut, itu ternyata merupakan nama panggungnya sebagai penari. Sementara itu, nama asli Mata Hari sendiri adalah Margaretha Geertruida Zelle. Tapi, keluarganya lebih sering menyapanya dengan panggilan M’Greet.

ab3925d8de433a91693b3381464d63ac
Margaretha Geertruida Zelle Adalah Nama Asli Dari Mata Hari [ Image Source ]

Sebelum menggeluti profesi sebagai penari, Mata Hari awalnya hanya seorang gadis biasa yang sering merasa tak percaya diri dengan tubuhnya. Semasa remaja, tubuhnya yang terbilang bongsor membuat penampilannya tampak tidak menarik.

2. Pernah Tinggal Di Ambarawa Dan Medan

Mata Hari merupakan anak perempuan satu-satunya dalam keluarga. Putri dari pasangan suami-istri, Adam Zelle dan Antje Van der Meulen, ini kemudian memutuskan menikah dengan Rudolph Mcleod, seorang perwira tinggi militer Belanda.

matahari
Pernah Tinggal Di Ambarawa Dan Medan [ Image Source ]

Karena harus mengikuti suami yang ditugaskan ke Indonesia, Mata Hari pun sempat tinggal di Ambarawa, Jawa Tengah, untuk waktu yang cukup lama. Lalu Rudolph kembali dipindahtugaskan ke daerah lain di Indonesia, yang kali ini adalah Medan. Di sana, Rudolph dinaikkan pangkatnya menjadi seorang komandan.

3. Terjebak Dalam Pernikahan Yang Tidak Bahagia

Ketika menikah dengan Rudolph Mcleod, usia Mata Hari kala itu masih 18 tahun. Sementara Rudolph sudah berusia 38 tahun atau lebih tua 20 tahun dari Mata Hari. Awal perkenalan mereka terjadi ketika Mata Hari membalas sebuah iklan surat kabar yang dibuat oleh Rudolph.

Sebagai seorang perwira tinggi militer Belanda, Rudolph rupanya merasa kesulitan mendapatkan istri di usianya yang hampir menginjak kepala empat. Alhasil, dia kemudian membuat sebuah iklan di surat kabar yang menyatakan bahwa dirinya sedang mencari seorang istri.

e964a3349f01ae9c2fe858f0d829a996
Terjebak Dalam Pernikahan Yang Tidak Bahagia [ Image Source ]

Namun sayang, pernikahannya dengan Rudolph berakhir tidak menyenangkan. Karena sebuah insiden menyedihkan yang terjadi pada putranya, Norman John, Rudolph terus menyalahkan Mata Hari atas kematian anak sulung mereka. Tak jarang, suaminya yang terkenal suka mabuk, sering menyiksanya baik itu secara verbal atau pun fisik. Pada akhirnya, Mata Hari pun merasa sangat tidak tahan dengan perlakuan Rudolph, sehingga dia kemudian meminta cerai.

4. Berhasil Menjadi Penari Terkenal Di Eropa

Setelah berpisah dengan Rudolph, Mata Hari hijrah ke Kota Paris. Di sana, dia sempat melamar beberapa pekerjaan, tapi sayangnya selalu ditolak. Berkaca dari pengalaman itu, dia lantas memiliki ide untuk menjadi seorang penari. Namun siapa sangka, ide nyeleneh itu justru membawa Mata Hari ke puncak popularitas. Pada penampilan perdananya di Musee Guimet di Paris, semua mata langsung tertuju padanya, tak terkecuali para pria hidung belang yang terpesona dengan kemolekan tubuhnya yang seksi.

1109-herve-leger-03
Berhasil Menjadi Penari Terkenal Di Eropa [ Image Source ]

Selesai tampil di atas panggung, Margaretha Zelle yang telah mengganti namanya menjadi Mata Hari mengaku berasal dari India. Dia mengatakan bahwa dirinya lahir dari seorang ibu yang berasal dari keluarga Brahmana. Tentu saja, semua orang percaya pada kata-katanya, sebab Mata Hari memiliki rambut berwarna hitam dan kulit kecokelatan yang sangat mirip dengan perawakan orang Asia.

5. Merangkap Sebagai Pelacur

Setelah penampilan perdananya di Paris, tawaran menari untuk Mata Hari terus berdatangan. Namanya langsung melejit di negara-negara Eropa yang lain. Soal bayaran, jangan ditanya karena upahnya untuk sekali menari saat itu bisa mencapai 10.000 Franc atau sekitar Rp 135 juta. Bahkan, dirinya tidak hanya berhasil menaklukkan Paris. Mata Hari juga terkenal di Madrid, Wina, Monte Carlo, dan Berlin. Tariannya yang liar dan berkesan erotis memang sangat digemari oleh para lelaki saat itu.

portfolio-hari-mata002
Merangkap Sebagai Pelacur [ Image Source ]

Ditambah lagi, Mata Hari mempunyai tubuh yang indah, yang berhasil menghipnotis setiap mata yang menyaksikan pertunjukannya. Menariknya, meski karirnya di dunia pertunjukan sudah sangat sukses, Mata Hari ternyata juga melakoni profesi lain yakni sebagai pelacur. Dia juga diketahui sering bergonta-ganti pasangan, mulai dari pengusaha, pejabat, sampai perwira militer.

6. Vladmir Masloff, Seorang Perwira Rusia Yang Sangat Dicintai Mata Hari

Petualangan asmara Mata Hari kemudian berlabuh pada sosok rupawan bernama Vladmir Masloff. Dia adalah seorang perwira tampan asal Rusia yang kala itu masih berusia 21 tahun. Sementara Mata Hari sendiri waktu itu sudah menginjak kepala empat, tapi karena wajah cantiknya, kebanyakan orang masih menganggapnya berusia 20-an.

59711_max
Vladmir Masloff, Seorang Perwira Rusia Yang Sangat Dicintai Mata Hari [ Image Source ]

Jalinan asmaranya dengan Vladmir harus berakhir menyedihkan setelah pria itu mengalami cedera parah akibat terkena senjata Jerman. Vladmir yang divonis bakal buta permanen, harus menjalani operasi sesegera mungkin. Demi cintanya, Mata Hari pun terpaksa turun kembali ke dunia pelacuran untuk mengumpulkan uang.

7. Gagal Memata-Matai Jerman

Di saat Mata Hari memikirkan kondisi kekasihnya yang terbaring tak berdaya. Dia kemudian bertemu dengan Georges Ladoux, seorang kapten tentara yang mengurusi kontraspionase Perancis. Pria itu menawari Mata Hari untuk memata-matai Jerman demi Perancis. Karena merasa terdesak dan tidak memiliki pilihan lain, Mata Hari akhirnya mengiyakan tawaran itu. Dia kemudian pergi ke Madrid untuk melaksanakan tugasnya, dan mulai mendekati petinggi militer Jerman.

german_2928794b
Gagal Memata-Matai Jerman [ Image Source ]

Di Madrid, dia berusaha mendekati Arnold Kelle, seorang petinggi militer kedutaan Jerman. Pada awalnya, Mata Hari menganggap rencananya berhasil, namun Arnold ternyata tidak mudah dibodohi. Sejak awal, dia sudah tahu kalau Mata Hari adalah agen rahasia Perancis, sehingga dia pun tidak terperangkap dalam jebakannya.

8. Dihukum Mati di Perancis Karena Menjadi Mata-Mata Jerman

Arnold Kelle, seorang petinggi militer kedutaan Jerman, kemudian menjebak Mata Hari dengan mengirimkan pesan radio tentang agen H-21. Itu merupakan sandi yang digunakan oleh Mata Hari saat masih bekerja sebagai agen rahasia Jerman. Saat itu, dia menerima tawaran Karl Cramer untuk menjadi agen rahasia Jerman, yang ternyata tidak membawa hasil apa-apa bagi militer Jerman.

4kedtaki
Dihukum Mati di Perancis Karena Menjadi Mata-Mata Jerman [ Image Source ]

Karena informasi itu, Mata Hari kemudian ditangkap oleh pihak berwenang Perancis. Didampingi pengacaranya, Edouard Clunet, yang dahulu juga mantan kekasihnya, Mata Hari lantas dijatuhi hukuman mati. Mendengar itu, Mata Hari shok berat dan berteriak histeris. Dia sempat mengirimkan surat ke Presiden untuk meminta pengampunan. Tapi, permintaan itu ditolak mentah-mentah. Lalu pada tanggal 15 Oktober 1917, Mata Hari pun dieksekusi di hadapan regu tembak. Dua belas moncong senapan menyarah kepadanya, namun Mata Hari menghadapinya dengan gagah.

Sebelum eksekusi dimulai, Mata Hari bahkan sempat memberikan sebuah ciuman jarak jauh ke arah regu tembak yang telah bersiap membidiknya. Esoknya, surat kabar di seluruh Eropa memuat tentang berita kematiannya yang begitu menghebohkan.

Inilah sekilas fakta tentang kehidupan Mata Hari, seorang agen rahasia cantik yang sempat hidup lama di Indonesia.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *