Matahari Bikin Buta Memang Benar Adanya, ini Penjelasannya!

Kita semua tahu jika menatap langsung ke arah matahari memang tidak baik, terlebih jika menggunakan teleskop. Namun Mark Thompson, seorang presenter TV dan astronom asal Inggris telah membuat video yang membuktikan dengan jelas betapa bahayanya menatap matahari secara langsung.

Dalam video tersebut, Mark Thompson menunjukkan apa yang akan terjadi jika bola mata menatap ke arah matahari. Sebagai percobaan, Thampson memanfaatkan bola mata babi yang ia peroleh dari tukang daging babi lokal. Presenter di BBC Stargazing Live itu menemukan banyak kesamaan antara mata manusia dengan mata babi, meski tidak sama persis, hal itu merupakan proxy yang baik.

[image source]
[image source]
[image source]
[image source]
Thampson menggunakan teleskop 80mm dengan 50x perbesaran. Tak memakan banyak waktu, hanya dengan 20 detik, bola mata babi tersebut sudah terbakar, seperti terkena puntung rokok yang masih menyala. Titik terbakar tersebut adalah bagian yang terfokus pada sinar matahari.

Kerusakan yang dihasilkan berupa lubang akibat luka bakar yang berasal dari kornea dan lensa mata. Meninggalkan jejak lubang halus pada bola mata. Setelah menyaksikan kerusakan tersebut, Thampson pun berinisiatif untuk membedah bola mata untuk mengetahui kerusakan di dalam bola mata.

[image source]
[image source]
“Jika ini adalah mata manusia, sudah jelas pasti akan ada kerusakan parah, itulah sebab jika melihat matahari dengan teleskop adalah ide yang sangat buruk,” ungkap Thampson.

Dari percobaan tersebut, dijelaskan bahwa kerusakan yang disebabkan matahari sangat terfokus pada mata. Hal tersebut dikarenakan sinar inframerah yang memanaskan jaringan mata, seperti halnya cahaya matahari yang melewati kaca pembesar dan dapat membakar koran. Terlalu sering terkena paparan sinar matahari juga meningkatkan risiko terkena katarak, pertumbuhan mata, bahkan kanker mata.

[image source]
[image source]
British Astronomical Association memperingatkan bahwa matahari adalah objek berbahaya untuk diamati. Bahkan sebuah artikel menyatakan jika melihat matahari dengan menggunakan teropong atau finderscope dapat menyebabkan kebutaan permanen dan seketika.

Oleh sebab itu, para peneliti menyarankan pada masyarakat untuk tidak melihat ke arah matahari jika tanpa menggunakan pelindung bersertifikat.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *